32 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia

Posted on

32 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia

Memiliki binatang peliharaan merupakan suatu hobi yang sangat menarik dan unik, karena dengan melihatnya dapat menghilangkan rasa lelah dan menurut riset, dengan memelihara hewan peliharaan akan membantu kita untuk mengobati stress.

Dan memelihara Ikan adalah salah satu binatang peliharaan yang dapat meredam stres. Siapa sih yang tidak menyukai warna warni yang ditawarkan oleh berbagai macam ikan hias. Memelihara ikan hias memang dapat membuat pemilik merasakan kesenang tersendiri. Selain karena ikan hias memiliki unsur keindahan, juga karena biaya perawatan yang mudah dan murah membuat banyak orang banyak memelihara ikan hias untuk dijadikan binatang peliharaan atau sebagai pengindah ruangan.

Namun tahukah sahabat FaunadanFlora, bahwa 75% pasokan ikan hias air tawar di Dunia berasal dari negara kita, Indonesia. Setidaknya terdpaat sekitar 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah di ekspor ke berbagai negara di Dunia. Dan jenis ikan hias tersebut adalah jenis ikan hias yang hidup di air tawar.

Untuk pemeliharaan atau pembudidayaanya ikan hias air tawar ini biasanya dimasukkan dalam kolam atau akuarium, tergantung tujuan pemeliharaannya.

Jika ikan hias dipelihara hanya untuk tujuan kesenangan atau sebagai hanya untuk memperindah ruangan biasanya ditempatkan di akuarium. Sedangakan jika dipelihara untuk tujuan memperoleh keuntungan atau hasil, maka dapat dipelihara di kolam.

Lantas, jenis ikan hias air tawar apakah yang paling populer untuk dijadikan hewan peliharaan? Yuk.. ikuti uraian dibawah ini..

Ada sangat banyak jenis ikan hias air tawar. Ada ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium dan ada juga ikan hias yang lebih terlihat bagus bila diletakkan di dalam kolam.

Ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya (satu akuarium satu ikan) dan ada juga ikan hias yang bisa dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam.

Mari kita lihat 8 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia sebagai berikut.

1. Ikan Cupang

ikan cupang

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan terkuat yang mampu bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara ikan cupang masih dapar bertahan hidup.

Ikan cupanng dalam bahasa ilmiah “Betta sp.” merupakan jenis ikan air tawar yang habitat asalnya terdpat dibeberapa negara di Asia Tenggara, antara lain, Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Ikan yang memiliki bentuk dan karakter yang unik ini cenderung agresif dalam mempetahankan wilayahnya. Alasan tersebutlah, penggemarnya membagi beberapa jenis ikan cupang yaitu ikan cupang hias, cupang aduan dan cupang liar.

Ternyata terdapat jenis ikan cupang asli Indonesia, salah satunya yaitu Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

2. Ikan Guppy

ikan guppy

Ikan guppy adalah jenis ikan hias yang termasuk dalam keluarga Poeciliidae. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang awal kemunculannya berasla dari jenis ikan liar. Selanjutnay ikan tersbut dikembangbiakkan dengan disilangkan dengan jenis ikan lainnya. Karena pada dasarnya ikan guppy memiliki karakteristik yang indah, sehingga perkembangbiakkannya menghasilkan jenis ikan guppy baru yang semakin cantik. Dan sampai saat ini terdapat banyak sekali sekali jenis ikan hias ini.

Ikan guppy memiliki ukuran tubuh yang mungil dan cantik sehingga mampu memikat banyak penggemar ikan, khususnya penggemar ikan hias air tawar.

Ikan hias guppy yang memiliki badan mungil dan berwarna-warni. Sirip-siripnya melambai-lambai kesana kemari saat ia bergerak.

Ikan guppy ini memiliki gaya yang sangat unik dan menggemaskan waktu menarik pasangannya. ikan ini memang menjadi salah satu primadonannya ikan hias. Wajar saja banyak pecinta ikan hias yang sering mencari ikan ini sebagai peliharaan favoritnya.

3. Ikan Arwana

ikan arwana

Ikan yang memiliki nama latin Scleopages sp. Sering disebut juga dengan ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese atau arowana Merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat populer bagi para pecinta ikan hias di Indonesia. Ikan ini memiliki daya tarik yang sangat mempersona yang terdapat pada sisiknya yang sangat cantik.

Ikan arwana biasa hidup di rawa-rawa yang tersebar di asia tenggara. Di indonesia ikan ini tersebar di sekitar Irian dan Kalimantan. Ikan arwana memiliki bentuk tubuh yang unik dan indah.

Bentuknya yang memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, ikan cantik ini juga mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang berada di bibir bawahnya.

Sungut tersebut berguna sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Gerakan renang ikan ini juga sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau semakin menambah indah.

4. Ikan KOI

ikan koi

Jenis ikan hias ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1820-an di negara Jepang. Ikan koi menjadi salah satu jenis ikan hias paling populer dari masa ke masa.

Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan.

Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

5. Ikan Koki

ikan koki

Ikan koki diyakini berasal dari negara China namun berkembang di negara Jepang ini merupakan jenis ikan hias yang masih satu famili dengan ikan mas.

Ikan koki memiliki banyak sekali jenis dan bentuk yang unik dari masing-masing jenisnya. Harga dari jenisnya juga berbeda-beda, kisaran ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Jenis koki yang srring kita jumpai adalah jenis ikan koki mas buble eye. Jenis ini memiliki mata gelembung dikarenakan posisi matanya tertutup oleh gelembung. Ikan mas koki ini sangat unik, namun jika tidak merawatnya dengan baik, gelembung yang menutupi matanya akan pecah.

6. Ikan Lou Han

ikan louhan

Dalam bahada Inggris ikan ini dikenal dengan nama Flowerhorn, yang masuk dalam keluarga Cichild ini memiliki keunikan akan sisiknya yang indah dan menyala. Juga terlihat lucu karena ada benjolan di kepala mereka yang terlihat khas.

Jenis ikan ini sempat menjadi ikan hias hias primadona di negara kita sekitar tahun milenium.

Ikan ini tidak dapat ditemukan di alam bebas. Pasalnya, ikan ini hasil persilangan dari berbagai jenis ikan Cichlid. Ikan ini juga dapat menjadi pemangsa yang agresif jika dilepas ke perairan terbuka.

7. Ikan Discus

ikan discus

Ikan ini pertama kali ditemukan di Sungai Amazon. kan ini menjadi sangat populer karena bentuknya yang unik. Tubuhnya yang ramping menyerupai piringan dvd dengan warna-warni yang menarik dan cerah.

Selain itu, keunikan yang menarik pada ikan discus ini yaitu garis-garis tubuh yang melintang dari ujung ekor sampai kepalanya. Itu sebabnya para pecinta ikan hias memilih ikan discus untuk dipelihara di aquariumnya.

8. Ikan Oskar

ikan oscar

Ikan oskar adalah ikan air tawar yang berasal dari sungai-sungai di Amerika Selatan. Jenis ikan ini beragam dengan segala kelebihannya.

Warna dasar dari ikan ini adalah coklat, dikombinasikan dengan warna-warni sisiknya menjadikan ikan ini super cantik.

Ikan ini tipenya adalah pemangsa dimana makanannya adalah dari ikan-ikan kecil lainnya. Hidupnya juga berkelompok, dan uniknya memiliki sifat yang setia dengan pasangannya.

9. Ikan Neon Tetra

ikan neon tetra

Neon memiliki beberapa jenis diantarnya neon tetra, neon tetra albino, neon api, black neon, neon blue eyes, dan lain-lain.

Dari semua jenis yang ada, yang paling populer dan paling tinggi nilainya adalah neon tetra. Bahkan jenis yang satu ini sedang mengalami kenaikan popularitas. Para pembudidaya ikan ini mengaku merasa kewalahan karena permintaan ekspor yang tinggi.

Ikan dengan warna biru terang di bagian punggung serta putih perak di bagian abdomen membuat semakin menarik.

10. Ikan Komet

ikan komet

Ikan hias air tawar yang punya nama latin ( Carassius auratus ) ini, memang sungguh indah penampilanya dengan tubuh ramping ditambah dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala.

Ekornya yang panjang dan terus melambai – lambai saat berenang menambah pesona anggun pada ikan komet.

Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini sebenarnya berasal dari jepang, masuk di Indonesia pada tahun sekitar 70 an.

Ikan komet merupakan salah satu jenis dari Cypridae yang banyak dikenal dikalangan masyarakat karena memiliki warna yang indah dan eksotis serta bentuk yang menarik. Ikan ini punya gerakan yang lincah.

11. Ikan Manfish

ikan manfish

Ikan ini tergolong dalam famili Chiclidae. Ikan ini sering disebut sebagai angel fish, dinamakan angel fish karena warnanya yang elegan dan bentuknya yang menarik.

Berbeda dengan ikan cupang yang memakan burayaknya, ikan manfish adalah ikan yang melindungi serta membuat perlindungan terhadap keturunanya.

Gerakan ikan ini juga sangat kalem dan tenang, seperti melayang-layang di air. Bentuknya seperti anak panah dan memiliki warna yang berbeda-beda.

Habitat asli ikan berada di perairan Amazon, Brazil, Columbia dan Peru di wilayah Amerika Selatan.

12. Ikan Sumatera

ikan sumatera

 13. Ikan Rainbow Fish

ikan rainbow fish

14. Ikan Hias Lemon 

ikan hias lemon

15. Ikan Swordtail

 Ikan Hias Air Tawar Swordtail

16. Ikan sepat hias

Ikan Hias Air Tawar Sepat Hias

17. Ikan hias sapu sapu

 Ikan Hias Air Tawar Sapu Sapu

18. Ikan Hias Redfin

Ikan Hias Air Tawar Redfin

19.Ikan Hias Air Tawar Red Zebra

 Ikan Hias Air Tawar Red Zebra

20. Ikan Hias Air Tawar Parrot

Ikan Hias Air Tawar Parrot

21. Ikan Hias Air Tawar Niasa

Ikan Hias Air Tawar Niasa

22.Ikan Hias Air Tawar Molly

 Ikan Hias Air Tawar Molly

23. Ikan Hias Air Tawar Mickey Mouse 

Ikan Hias Air Tawar Mickey Mouse

24. Ikan Hias Air Tawar Glassfin

 Ikan Hias Air Tawar Glassfin

25. Ikan Hias Air Tawar Flying Fox

Ikan Hias Air Tawar Flying Fox

26. Ikan Hias Air Tawar Corydoras

 Ikan Hias Air Tawar Corydoras

27. Ikan Hias Air Tawar Catfish

Ikan Hias Air Tawar Catfish

28. Ikan Hias Air Tawar Botia

 Ikan Hias Air Tawar Botia

29. Ikan Hias Air Tawar Black Tetra

 Ikan Hias Air Tawar Black Tetra

30. Ikan Hias Air Tawar Belida

 Ikan Hias Air Tawar Belida

31. Ikan black ghost

Ikan black ghost

32. Ikan  Bala Shark

 ikan  Bala Shark

Demikian artikel pembahasan tentang” 32 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa