megalodon shark

Inilah… Jenis dan Klasifikasi Hiu Yang Tersebar Di Dunia

Posted on

Jenis dan Klasifikasi Hiu Yang Tersebar Di Dunia

Hiu adalah ikan yang masuk dalam kelompok superordo selachimorpha. hiu memiliki tubuh ramping,mereka bernafas menggunakan lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bagian samping. Hiu memiliki susunan kerangka tulang rawan yang lengkap, hiu dilapisi kulit dermal denticles pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi kulit mereka agar tidak rusak, terhindar dari parasit dan untuk menambah dinamika air.
Hiu memiliki tulang yang sangat ringan dan lentur karena terbuat dari tulang rawan muda walaupun terkadang tulang rawan pada ikan yang lebih tua akan mengalami pengapuraa tulang sebagian. Hiu memiliki beraneka ragam bentuk rahang yang diduka terjadi karena berevolusi dai rongga yang pertama.

Klasifikasi  Hiu
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Subfilum: Vertebrata
Kelas: Chondrichthyes
Subkelas: Elasmobranchii
Superordo: Selachimorpha
Ordo: Carcharhiniformes
Famili: Sphyrnidae
Genus:Sphyrna
Spesies:Sphyrna sp

Berikut adalah beberapa jenis ikan hiu:

1. Hiu Bigeye Threser (Alopias superciliosus)

Hiu Bigeye Threser

Hiu Bigeye Threser (Alopias superciliosus) adalah jenis hiu yang dapat ditemukan di daerah laut khatulistiwa dan ditemukan di kedalaman 1.650 kaki di dalam laut. hiu ini memiliki warna abu keungu-unguan dan hiu jenis ini menempati urutan ke 11 hiu terbesar di dunia karena besarnya dapat mencapai sekitar 360.60 kg.

2. Hiu Bluntnose Sixgill ( Hihexanchus griseus )

Hiu bluntnose sixgill

Hiu Bluntnose Sixgill ( Hihexanchus griseus ) adalah jenis ikan hiu yang berasal dari famili hexanchidae. Hiu ini juga disebut juga Hiu Sapi. Hiu sapi memiliki beragam warna mulai dari warna coklat hingga warna mendekati hitam.

3. Thresher Shark

hiu Thresher

Thresher Shark adalah jenis ikan hiu yang hidup diperairan khatulistiwa didunia. Hiu ini memang terlihat ramping tapi pada kenyataan hiu ini dapat mencapai bobot 498.95 kg serta panjangnya dapat mencapai 19 kaki yang menyebabkan hiu ini menjadi salah satu hiu terbesar urutan ke 9 di dunia.

4. Great Hammerhead (Sphyma mokarran)

hiu Great hammerheat

Great Hammerhead (Sphyma mokarran) atau yang dikenal dengan Hiu Martil adalah jenis hiu yang dapat ditemukan di perairan laut khatulistiwa dan ikan ini bisa mencapai panjang 20 kaki. Hiu ini berbeda dengan ikan hiu pada biasanya ikan hiu ini menganggap bahwa manusia adalah sebuah bahaya karena hiu ini bersifat pemalu di bandingkan hiu lainnya sering terlihat hiu ini menghindar jika ada manusia mendekatinya.

5. Greenland shark

Greenland shark

Greenland shark atau dikenal gurry shark, sleeper shark,ground shark,grey shark atau juga inuit eqalussuaq yang bernaman latin Somniosus microsephalus ini adalah jenis hiu yang dapat ditemukan di daerah perairan Atlatic Utara yaitu di daerah Greenland dan Iceland.  Hiu ini dapat hidup mencapai umur 200 tahun dan hiu ini dapat ditemukan pada kedalaman 6600 kaki Di dasar laut.

6. Pasific Sleeper Shark ( Somniosus pasificus)

hiu Pasifik sleeper shark Pasific Sleeper Shark ( Somniosus pasificus) adalah jenis hiu yang dapat ditemukan di daerah dengan temperatur rendah atau daerah yang menghadap kutub dan hidup di laut dalam yang kedalamannya hingga 6500 kaki di dasar laut.

7. Tiger Shark

Tiger shark

Tiger Shark adalah jenis hiu yang sangat terkenal kekejamannya selain memakan semua biota laut ikan hiu jenis ini juga sering menyerang para penyelam. Hiu bercorak harimau ini memiliki berat hingga 907,18 kg dan biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa tetapi cenderung pada perairan pasifik.

8. Great White Shark

great white shark

Great White Shark adalah jenis hiu dengan nama latin carcharodon carcharias dan merupakan hiu terakhir dari spesies carcharodon. jenis ini dapat tumbuh mencapai 26,2 kaki untuk panjangnya dan dapat mencapai 2267.96 kg untuk beratnya. great white shark ini dapat ditemukan di semua pantai di dekat lautan dan usahakan jangan berenang bersama hiu jenis ini karena sangat berbahaya..

9. Basking Shark (Cetorhius maximus)

basking shark

Basking Shark (Cetorhius maximus) adalah jenis hiu yang dapat hidup dengan berat 19 ton(terberat yang pernah ditemukan) meskipun ukurannya sangat besar hiu ini bukanlah seekor predator.

10. Whale Shark (Rhincodon thypus)

whale shark

Whale Shark (Rhincodon thypus) atau di kenal dengan nama Hiu Paus ini adalah jenis hiu yang memiliki berat yang bisa mencapai 15 ton dan banyak ditemukan di daerah laut khatulistiwa dan perairan hangat, hiu ini dapat hidup selama 70 tahun. Dengan ukuran yang sangat besar bukan berarti hiu ini predator ganas dan memiliki pergerakan yang cepat melainkan hiu ini adalah hiu yang hanya memangsa phytoplankton dan hewan kecil lainnya serta pergerakannya lambat.

11. Megalodon Shark

megalodon shark

Megalodon Shark  adalah jenis hiu raksasa ini memiliki panjang tubuh sekitar 14-18 m dan gigi runcing dengan dia meter 120 mm. Hiu jenis ini diperkirakan sudah punah namun ada yang memperkirakan hiu ini masih ada di palung terdalam di dunia yaitu palung mariana karena terekam oleh robot kamera.
Makanan hiu ini adalah ikan paus, ikan lumba-lumba, penyu,serta biota laut lainnya. Hiu ini adalah predator laut yang terbaik yang pernah ada karena di dukung dengan kecepatan, serta kekuatan giginya.

12. Rare Shark

rare shark

Rare Shark adalah jenis hiu prasejarah yang pernah ditemukan di jepang.

13. Hiu Goblin

hiu goblin

Hiu Goblin adalah jenis hiu purba yang dipertemukan telah punah namun masih ditemukan di perairan laut dalam di Jepang. Hewan ini bisa mencapai panjang 1.3 m dengan bentuk tubuh unik dengan warna abu dan memiliki moncong pipih serta panjang.

14. Hiu Gergaji

hiu gergaji

Hiu Gergaji adalah jenis hiu yang unik karena moncong yang dimilikinya berbentuk seperti gergaji dengan posisi insang di bagian bawah tubuh. Gaya hidup hiu ini layaknya seperti ikan pari.

15. Walking Shark

walking shark

Walking Shark adalah jenis hiu yang di temukan di daerah teluk cendrawasih, Indonesia. Walapun bisa berenang namun sama dengan namanya walking shark maka ia sering menggunakan siripnya untuk berjalan didasar laut. Para peneliti mengemukakan bahwa mungkin model hiu ini adalah binatang yang membuat transisi dari laut ke darat.

Demikian penjelasan kami tentang”Jenis dan Klasifikasi Hiu Yang Tersebar Di Dunia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa