Jenis Jenis Buah Berry yang ada di Dunia serta Kandungan yang Terdapat di Dalamnya

Posted on

Jenis Jenis Buah Berry yang ada di Dunia serta Kandungan yang Terdapat di Dalamnya

Banyak sekali macam-macam buah yang terdapat di dunia. Kali ini faunadanflora.com akan membahas tuntas tentang jenis-jenis dari buah berry. Terdapat beberapa jenis buah berry antara lain, Bilberry, Blackberry, Blueberry, Cranberry, Drewberry, Huckleberry, Lingonberry (Cowberry; Foxberry; Redberry), Mulberry, Raspberry, Strawberry.

1. Bilberry 

bilberry

Bilberry yang merupakan jenis buah berry yang memiliki nama ilmiah Vaccinium sp. buah yang memiliki rasa sedikit asam ini tumbuh liar pada tanah lembab di daerah subtropis yang terletak antara 23,5° – 66,6° LU utamanya seperti di Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Skandinavia, Polandia, Austria, Swiss, dan Russia.

Billbery memiliki warna buah biru kehitaman dengan daging buah merah atau ungu yang berwarna manis. Buah ini memiliki ukuran kecil sekitar 5 – 8 mm.

Bilberry merupakan tumbuhan liar, maka banyak orang mengkomsumsi bilberry untuk dimakan langsung atau dapat dibuat selai dan jus.

Billberry kaya akan kandungan pigmen anthocyanin yang sudah diteliti untuk tujuan pengobatan seperti pengobatan mata, jantung dan bahkan kanker.

2. Blackberry 

blackberry

Blackberry memiliki nama latin Rubus.sp. merupakan tanaman buah yang mampu tumbuhu baik di belahan bumi utara meskipun ditanah yang kurang subur seperti di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa.

Blackberry memiliki buah etaerio atau buah yang muncul bergerombol yang menempel atau bergerombol dan berwarna hitam atau ungu tua. Buah ini memiliki rasa manis dengan ukuran buah sekitar 130 mm.

Budidaya blackberry yang terkenal ada di Oregon, Amerika Serikat yang digunakan untuk berbagai macam keperluan komsumsi maupun industri sperti pembuatan selai, anggur atau bahan pembuatan kue.

Blackberry kaya akan antioxidant berjenis polyphenol maupun omega 3 yang baik menangkal radikal bebas dalam tubuh untuk pencegahan kanker, jantung koroner maupun stroke.

3. Blueberry

blueberry

Blueberry merupakan salah satu tanaman yang masih termasuk dalam keluarga Vaccinium dan memiliki nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus,berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis.

Meskipun sama-sama memili rasa buah yang manis, untuk membedakan antara blackberry dan Billberry atau Huckleberry hanya dengan tekstur daging buahnya saja, buah Blueberry masak berdaging putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry daging buahnya berwarna ungu. Perbedaan lainnya yaitu buah blueberrry muncul dalam kelompok (cluster) sedangkan billberry hanya memiliki satu buah pada setiap tangkainya.

Buah blueberry memiliki ukuran sekitar 5-16 mm dan bentuk buah yang bulat memiliki mahkota diujung buahnya.

Meskipun tanaman blueberry berasla dari dari Amerika Utara, saat ini tanaman ini sudah banyak dibudidayakan seperti di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia.

Berdasarkan penelitian terakhir pada Bluebery, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya mampu mencegah perkembangan kanker, jantung koroner dan stroke.

4. Cranberry

cranberry

Cranberry termasuk tumbuhan semak yang juga termasuk keluarga Vaccinium yang menggunakan nama latin Oxycoccos sebagai nama sub keluarganya.

Tanaman ini dinamakan dengan Cranberry karena kelopak bunga cranberry mirip dengan bentuk leher dan kepala dari burung crane. Buah yang dihasilkan memiliki ukuran berkisar 6-18 mm dengan warna buah merah dengan rasa sedikit asam.

Tanaman buah ini tumbuh didaerah lembab yang sedikit mengandung asam yang banyak terdapat dibagian bumi belahan utara.

Amerika Serikat merupakan produsen Cranberry terbesar di dunia dengan pasokan terbesar datang dari negara bagian Wisconsin. Budidaya Cranberry juga dilakukan di Chile, negara-negara Balkan dan Eropa Timur. Cranberry banyak digunakan sebagai saus makanan, jus dan manisan meski ada juga yang dipakai sebagai pencuci mulut.

Cranberre memiliki kandungan antioxidant polyphenol, Cranberry juga mengandung alkaloids semisal anthocyanidin, cyanidin, peonidin dan quercetin yang berguna mencegah kanker. Jus Cranberry juga dipercaya dapat mencegah formasi batu ginjal.

5. Dewberry

dewberry

Huckleberry adalah nama yang populer di Amerika Serikat khususnya di negara bagian Idaho untuk tumbuhan yang juga termasuk keluarga Vaccinium atau keluarga Gaylussacia.

Tanaman dapat tumbuh baik didaerah yang memiliki kadar keasaman dan lembab. Buah yang dihasilkan berukuran 5mm dan bergerombol pada satu tangkai dengan 10 buah Dewberry. Memiliki warna buah berbeda-beda, ada yang berwarna merah cerah, ungu tua hingga biru.

6. Lingonberry

Lingonberry

Lingonberry atau sering dikenal juga dengan sebutan Cowberry, Foxberry dan Redberry merupakan tanaman berry dari jenis Vaccinium vitis-idaea.

Tanaman ini mampu tumbuh baik pada tanah yang lembab dan memiliki kadar keasaman di daerah belahan bumi utara seperti Eropa terutama di Swedia dan Amerika Utara yang beriklim subartik. Tanaman ini belum banyak dibudidayakan karena masih dianggap sebagai tanaman liar.

Buah ini memiliki rasa yang sedikit asam dan ketika sudah sangat masak akan memiliki rasa yang manis. Buah Lingoberry mengandung banyak asam organik serta beberapa vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B (B1, B2 , dan B3).

7. Mullberry

mullberry

Berbeda dengan jenis berry lainnya yang merupakan tumbuhan semak, Mullbery merupakan tanaman pohon yang memiliki tinggi pohon hingga mencapai sekitar 10-15 meter dan hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika.

Mullbery juga disebut juga dengan buah murbei yang merupakan tanaman dari jenis keluarga Moraceae berjenis Morus. Beberapa jenis Mulberry adalah Morus alba di daerah Asia Timur, Morus mesozygia di Afrika Selatan dan Tengah, Morus rubra di Amerika Utara, serta Morus insignis di Amerika Selatan.

Buah Mullberry merupakan buah jamak yang muncul bergerombol dengan ukuran bua sekitar 2-3cm berwarna ungu tua hingga hitam dan rasa buah yang manis.

Mullberry banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya yang dpat diolah menjadi selai, minuman dan bahan membuat kue. Sedangkan daunnya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Mullbery memiliki kandungan anthocyanin yang banyak manfaatnya bagi kesehatan sebagai antioxidant.

8. Raspberry

Raspberry

Raspberry merupakan tanaman semak dari keluarga RUBUS yang termasuk dalam tanaman semak. Jenis raspberry yangbanyak dibudidayakan adalah yang memiliki buah berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis). Buah Raspberry yang matang memiliki rasa manis dengan warna merah, hitam ungu atau kuning keemasan tergantung dengan jenis yang ditanamnya.

Berbeda dengan jenis berry lainnya, buah raspberry memiliki rongga pada bagian tengah setelah diambil tangkainya. Berak satu buah raspberry sekitar 4gram. Buah raspberry mengandung vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Untuk menghasilkan rasa yang baru dan berbeda, kita dapat menyilangkan tanaman Rasberry disilangkan dengan tanaman Blacberry dan diberinama Tayberry.

9. Huckleberry

huckleberry

Huckleberry merupakan jenis berry yang termasuk dalam keluarga vaccinium atau keluarga Gaylussacia. Tanaman ini tumbuh baik di tanah keasaman dan lembab. Buah tanaman Huckleberry umumnya dapat dimakan, berdiameter sekitar 5 mm dan bergerombol rata-rata 10 buah pada satu tangkai.

Rasa buah Huckleberry beragam mulai dari asam hingga manis dengan flavor seperti Blueberry terutama varietas yang buahnya berwarna biru atau ungu.

10. Strawberry

strawberry

Strawberry merupakan buah dari tanaman herba yang memiliki rata-rata 200 biji kecil persatu buah. Terdapat lebih dari 700 jenis strawberry, dan salah satu jenis spesies bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Sedangkan jenis lainnya yaitu F. vesca L merupakan salah satu jenis yang menyebar hingga ke Indonesia.

Strawberry yang matang akan berwarna merah, warna merah tersebut disebabkan karena buah ini kay aakan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi. Stroberi menyimpan nutrisi yang luar biasa. Selain antioksidan tersebut, ia juga kaya serat, rendah kalori, dan mengandung vitamin C, folat, kalium, dan asam ellagic.

Demikian artikel pembahasan kami tentang Jenis Jenis Buah Berry yang ada di Dunia , semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa di artikel lainnya..