Jenis-Jenis Buah Sawo Yang Ada Serta Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Posted on

Mengenal Jenis-Jenis Buah Sawo Yang Ada Serta Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Hai sahabat….Kali ini kita akan membahas jenis jenis dari Buah Sawo. Nah berikut adalah penjelasan lengkap tentang Jenis-Jenis Sawo.

Jenis-Jenis Buah Sawo:

1. Sawo Mentega

sawo mentega
Sawo mentega, sawo ubi, sawo belanda, alkesah atau kanistel (Pouteria campechiana) adalah sejenis buah sawo yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan. Nama spesiesnya merujuk pada nama kota Campeche di Meksiko, tempat asli tumbuhan ini tumbuh.
Pohon sawo mentega memiliki ukuran yang sedang dengan ketinggian sekitar 30 meter. Daun pada pohon sawo mentega memiliki warna hijau mengkilap mengumpul di bagian ujung ranting. Buah Sawo mentega memiliki bentuk gelendong, bulat telur, bulat telur sungsang, hingga bulat dengan bagian ujung berparuh dengan kulit tipis kaku dan berwarna kuning ketika sudah masak. Selain bagian kulit buah yang berwarna kuning, daging buah ini juga berwarna kuning dengan biji berwarna coklat besar.

Klasifikasi ilmiah Sawo Mentega
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Pouteria
Spesies: P. campechiana

2. Sawo Manila

sawo manila
Sawo Manila (Manilkara zapota) adalah jenis pohon buah yang berasal dari famili Sapotaceae yang memiliki umur panjang. Sawo memiliki banyak nama di Indonesia disebut dengan sawo, di Malaysia disebut ciku dan lain sebagainya.
Pohon buah sawo memiliki pohon yang besar dan berdaun rindang, pohon buah ini dapat mencapai tinggi sekitar 30 meter hingga 40 meter dengan cabang rendah. Pohon ini memiliki kandungan lateks atau cairan getah putih susu uang kental pada seluruh bagian tubuh pohon. Buah Sawo seperti buah buni dengan tangkai pendek berbentuk bulat, bulat telur atau jorong. Buah sawo memiliki kulit tipis berwarna coklat kemerahan sampai kekuningan dengan sisik-sisik kasar berwarna coklat dengan dibagian ujung biasanya ada tangkai putik yang mengering. Daging buah sawo lembut memasir berwarna coklat kemerahan hingga kekuningan, memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air dengan bagian dalam terdapat biji lonjong serta pipih berwarna hitam atau pun kecoklatan mengkilap. Daun pohon buah ini tunggal dengan letak berseling atau mengumpul di ujung ranting, warna daunnya hijau tua mengkilat berbentuk bulat telur jorong hingga agak lanset.

Klasifikasi ilmiah Buah Sawo Manila
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Manilkara
Spesies: M. zapota

3. Sawo Kecik

sawo kecik sawo kecik
Sawo kecik (Manilkara kauki) adalah sejenis tanaman buah dari suku Sapotaceae (sawo-sawoan). Sawo ini sering disebut juga sawo jawa. Pohon Sawo kecik memiliki ukuran sedang dengan tinggi dapat mencapai 25 meter dengan diameter dapat mencapai 100 cm. Buah sawo kecik berbentuk bulat telut atau bulat telur sungsang dengan ukuran kecil dengan rasa manis dan ada  juga yang agak sepat.

Klasifikasi ilmiah Sawo Kecik
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Manilkara
Spesies: M. kauki

4. Sawo Duren

sawo duren
Sawo Duren (Chrysophyllum cainito) adalah salah satu jenis buah yang berasal dari suku Sapotaceae. Pohon pada buah sawo duren dapat mencapai ketinggian hingga 30 cm, daunnya berwarna coklat keemasan, buahnya memiliki bentuk bulat atau bulat telur sungsang yang memiliki warna putih, hijau kekuningan hingga ungu dengan kulit agak tebal dan daging buah berwarna putih atau ungu, bila buah di potong melintang maka akan ada bentuk seperti bintang di bagian tengah.

Klasifikasi ilmiah Sawo Duren
Kerajaan: Plantae
Upakerajaan: Tracheobionta
Divisi: Magnoliophyta
Upadivisi: Spermatophyta
Kelas: Magnoliopsida
Upakelas: Dilleniidae
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Chrysophyllum
Spesies: C. cainito

Manfaat Buah Sawo
  • Dapat dijadikan Obat Diare
  • Dapat membantu proses pembentukan sel darah merah karena kandungan asam folat didalamnya
  • Dapat mengatasi radang mulut
  • Dapat membantu pembentukan dan menjaga kesehatan tulang
  • Dapat menjaga kesehatan mata
  • Dapat mencegah kanker usus
  • Dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
  • Dapat sebagai pencegah infeksi
  • Dapat mengobati disentri
  • Dapat melancarkan pencernaan
  • Dapat memelihara kesehatan gigi

Demikian Pembahasan tentang”Jenis-Jenis Buah Sawo Yang Ada Serta Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa