Ikan Cupang – Jenis- Jenis Ikan Cupang Hias Dan Aduan

Posted on

7 Jenis Ikan Cupang Hias Dan Aduan Beserta Penjelasan Lengkap

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahasa tentang salah satu ikan hias yaitu Ikan Cupang. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Ikan Cupang (Betta) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Ikan cupang cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya dan memiliki bentuk serta karakter yang unik. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat dalam bertahan hidup apabila ikan ini ditempatkan pada wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya aerator (alat sirkulasi udara), ikan cupang masih dapat bertahan hidup.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Osphronemidae
Upafamili: Macropodusinae
Genus: Betta

Berikut adalah Jenis Ikan Cupang:

  • Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat atau Cupang ekor pendek adalah jenis cupang yang memiliki bentuk yang cenderung pendek dengan gempal. Ikan cupang ini adalah jenis ikan cupang adu yang banyak digemari. Para breeder sengaja mengembangbiakan cupang jenis ini agar menjadi agresif,galak dan kuat dengan memberikan ikan cupang ini obat-obatan sejak baru menetas.

ikan-cupang-jenis-plakat

ikan-cupang-jenis-plakat

ikan-cupang-jenis-plakat

  • Ikan Cupang Halfmoon

Jenis cupang yang satu ini disebut dengan halfmoon atau bulan paruh karena jenis cupang yang satu ini memiliki ekor dan sirip yang seolah membentuk sebuah setengah lingkaran.

ikan-cupang-jenis-halfmoon

ikan-cupang-jenis-halfmoon

ikan-cupang-jenis-halfmoon

  • Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang jenis ini memiliki ekor dan sirip yang menyatu membentuk setengah lingkaran yang hampir sama dengan ikan cupang jenis halfmoon. Akan teapi yang membedakan adalah ekornya terbagi menjadi 2 bagian.

ikan-cupang-jenis-double-tail

  • Ikan Cupang Veiltail

Jenis ikan cupang adu ini memiliki ekor memanjang seperti langsir (veil).

ikan-cupang-jenis-veiltail

  • Ikan Cupang Alam

Ikan cupang jenis ini banyak ditemukan di daerah sawah, sungai ataupun rawa.

ikan-cupang-jenis-alam

  • Ikan Cupang Giant Betta

Jenis ikan cupang ini memiliki ukuran tubuh yang besar, tubuhnya dapat berukuran sekitar 12 hingga 15 cm. Karena ukurannya yang raksasa dibanding jenis lain ikan ini kurang agresif dalam berenang.

ikan-cupang-jenis-giant-betta

  • Ikan Cupang Crowntail atau Serit

Ikan cupang jenis ini memiliki bentuk ekor jika dibalik ke atas seperti mahkota. Ikan cupang ini adalah ikan yang dikembangbiakan oleh breeder asal Indonesia. Tapi, karena keindahan ekor yang dimiliki oleh ikan cupang ini, jenis ini bisa mendunia.

ikan-cupang-crowntail-atau-serit

ikan-cupang-crowntail-atau-serit

ikan-cupang-crowntail-atau-serit

Demikian artikel pembahasan tentang”Ikan Cupang – Jenis- Jenis Ikan Cupang Hias Dan Aduan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa