jenis jenis kucing

40 Jenis Jenis Kucing Paling Digemari Para Cat Lovers di Indonesia

Posted on

Jenis Jenis , Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kucing Yang Paling Digemari Para Cat Lovers di Indonesia

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopler di dunia. Dalam bahasa ilmiah disebut dengan Felis silvestris catus atau Felis catus adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae yang hanya memakan daging. Namun karena sering berbaur dengan manusia lambat laun kucing juga dapat memakan makanan seperti nasi ataupun gandum.

Banyak masyarakat sering menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan tak terkecuali di Indonesia. masyarakat menganggap kucing sebagai hewan yang menggemaskan dengan keindahan bulu yang dimiliki serta karakteristik yang unik dan menarik. Para Cat lovers dimanapun kalian berada berikut ini adlah karakteristik dari kucing kucing yang harus kaliah pahami.

Karakteristik Kucing 

Secara umum berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh semua jenis kucing.

1. Mendengkur

Kucing merupakan satu-satunya hewan yang dapat mengeluarkan suara dengkuran. Kucing mendengkur ketika dia merasa senang atau bahagia, namun ada penyebab lain kucing mengdengkur, misalnya saat mereka sakit atau stres. selain itu kucing akan mengeluarkan dengkurannya saat sedang hamil atau sedang menyusui.

2. Memijat

Sering kita lihat pada kucing yang sedang menyusu pada induknya mereka menekan nekan perut induknya.Hal tersebut dilakukan untuk melancarkan air susu dari puting induknya, Nah itu merupakan salah satu contoh memijat yang dilakukan kucing. Contoh lain kucing dapat memijat sendiri bagian tubuhnya dengan menekan nekan tangannya secara bergantian. Kucing juga akan memijat manusia yang dianggapkan memberikan kenyamanan untuk mereka. Biasanya kucing sering melakukan hal tersebut terhadap majikannya.

3. Menjilat

Kucing sangat suka menjilati tubuhnya. Hal tersebut dilakukan karena kucing meiliki kelenjar yan terangsang ketika mereka menyentuh bulunya. Namun kucing juga sering menjilati bulu anaknya, itu menandakan bentuk rasa kasih sayang yang ditunjukan kepada anaknya. Tidak hanya indukan ke anaknya,namun anaknya pun sering saling banyu menjilati bulu bulu saudaranya yang menunjukkan rasa perhatian mereka.

4. Scratching (mencakar-cakar pohon)

Kucing sering melakukan hal tersebut untuk menajamkan kuku kuku yang mereka agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat.

5. Menggerak gerakkna ekornya

Kucing suka sekali menggerak gerakkna ekornya itu pertanda merasa bahagia dan senang. Jika kita usap usap bagian bawah leher, dijamin dia bakal senang dan biasanya akan ketagihan.

Itulah beberapa karakteristik kucing yang sering kita lihat pada kucing peliharaan kita. Dan berikut ini adalah jenis jenis ras kucing yang biasa menjadi peliharaan para cat lovers.

Jenis Jenis Kucing Dan Ciri Cirinya 

40. Kucing Manx

manx-faunadanflora

Kucing manx atau biasa disebut dengan rumpy adalah jenis kucing yang tidak memiliki ekor, kalaupun ada ekornya berukuran pendek. Kucing ini berasal dari pulau kecil di Britania Raya yang bernama Isle of Man. Berbeda dengan kucing lainnya, Manx menyukai air dan suka memasukan tangannya kedalam air atau tempat minumnya. Ukuran manx lebih pendek dari jenis kucing lainnya dengan dada lebar dan tulang punggungnya melengkung sampai panggul. ciri lain yang dimiliki manx adalah mempunyai pipi yang menonjol dan kepala bulat dengan ukuran telinga sedang. Sama seperti jenis ras lainnya manx memiliki sifat aktif dan suka bermain. manx juga dikenal sebagai kucing yang setia hanya pada satu majikan atau satu keluarga dan biasanya akan sulit beradaptasi dengan keluarga baru atau majikan baru. Sehingga manx mendpat julukan one person cat atau one family cat.

39. Maine Coon

Maine Coon-faunadanflora

Maine Coon atau disebut juga sebagai American Longhair adalah salah satu ras kucing tertua dan alami yang berasal dari maine , America Serikat. Maine coon merupakan jenis kucing berbadan besar dan tinggi, dengan berat jantan sekitar 6-9 kg dan betina sekitar 4-6 kg, dan tinggi sekitar 1 meter serta tubuhnya yang kuat dan berotot. Maine coon memiliki bulu lebat , halus,lembut serta tahan terhadap air. Bulunya memiliki panjang sekitar 7 cm,papa area sekitar leher menjuntai seperti bulu singa. Dengan ukuran kepala sedang dan lebar, dahi sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol.

38. Burmese

Burmese-faunadanflora

Burmese merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Burma. jenis ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu British Burmese dan American Burmese. Kucing jenis ini termasuk kucing yang tidak terlalu agresif, baik, ramah dan mudah beradaptasi. Burmese memiliki ukuran badan yang sedang, berat dan berotot, dengan berat sekitar 4-6kg. Dengan kepala yang bulat dan melengkung serta ukuran telinga yang lebar, sedang dan lancip.

37. British Shorthair

British Shorthair-faunadanflora

British Shorthair adalah salah satu kucing tertua dan dipercayai memiliki hubungan dengan bangsa romawi. Kucing jenis ini memiliki badan sedang dengan bulu pendek berat sekitar 40-8 kg, memiliki postur tubuh yang kuat berotot di dada, pendek, dengan pinggul dan bahu yang lebar. Kepala berbentuk bulat disertai pipi penuh dengan hidung pesek namun lebar lurus.

36. Kucing Persia

Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dengan karakter wajah bulat dan mocong pendek. Jenis kucing ini sangat populer di Indonesia dan menjadi peliharaan idamana bagi para cat lovers.Kucing persia umumnya memiliki bentuk tubuh gemuk, besar dengan bulu yang panjang. Selain itu, ciri khas dari kucing ini adalah hidungnya yang pesek dan muka yang datar. Kucing ini memiliki sifat yang manja sehingga jenis kucing ini sangat cocok untuk dijadikan peliharaan dirumah anda. Saat ini terdapat beberapa jenis kucing persia hasil persilangan yang sudah sangat populer di Indonesia. Untuk lebih jelaskan beriku ini sedikit ulasan tentang beberapa jenis kucing persia hasil persilangan

35. Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose-faunadanflora

Dari namanya saja sudah bisa kita tebak kalau jenis kucing ini memiliki hidung pesek dan cenderung flat. Dengan ukuran tubuh yang cukup gemuk dan wajah bulat serta pipi tembem.

34. Kucing Persia Medium

Persia Medium-faunadanflora

Kucing jenis ini hampir memiliki ciri ciri kucing pada umumnya, dengan tubuh yang standart dan bulu yang tidak terlalu panjang. Namun kucing jenis ini banyak disukai para penggemarnya karena wajah kucing ini orental dan cepat beradaptasi dengan jenis kucing lainnya.

33. Kucing persia peaknose

persia peaknose-faunadanflora

Kucing persia peaknose merupakan jenis kucing persia yang sangat digemari di Indonesia karena kucing ini memiliki hidung sangat pesek bisa dikatakan jenis ini memiliki hidung paling pesek di antara kucing persia lainnya. Selain itu kucing ini memiliki ukuran badan paling gemuk diantara yang lain dan sering di ikutkan pada kontes kontes yang diadakan pata cat lovers.

32. Kucing Persia Himalayan

Persia Himalayan-faunadanflora

Kucing persia himalayan merupakan kucing hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siamse. Himalayan merupakan jenis kucing yan mempinyai tubuh gemuk, kaki pendek dan wajah yang bulat seperti halnya kucing persia lainnya.

31. Russian Blue

Russian Blue-fauandanflora

Rusian blue merupakan jenis kucing berambut pendek dengan warna bulu abu-abu dan amta yang kebiruan. kucing jenis ini merupakan jenis kucing cerdas yang dijejajarkan denagn kucing cerdas lainnya di Dunia. Karakterisktik kucing ini cukup menarik, merka sedikit pemalu dengan orang asing yangbelum dikenalnya

30. Kucing Kampung/ Domestik

Kucing Kampung-faunadanflora

kucing domestik adalah salah satu kucing terpopuler di dunia, siapapun pasti sudah tau jenis kucing ini,kucing ini sering kita jumapai disekitar rumah dan berkeliaran di luar.Jenis ini bersifat aktif, pemburu yang hebat dan energik.

29.Turkish Anggora

Turkish Anggora-faundanflora

Saat ini anggora sangat populer dan terkenal di Indonesia, jenis ini merupakn jenis kucing berbadan sedang dengan bulu yang cukup panjang. Jenis ini berbeda dengan kucing persia, anggora memiliki bentuk kepala segitiga dan bentuk hidung mancung dah bulu leher seperti singa.Anggora termasuk kucing yang anggun, lincah dan aktif.

28. American Shorthair

American Shorthair-fauandanflora

karakter jenis kucing ini kuat, cerdas, pintar berburu, senang bermain dan mudah beradaptasi. Kucing ini memiliki ukuran badan sedang, dengan otot kaki yang bagus dan cakar yang kuat. Memiliki bulu lembut dan tebal yang menyelimuti tubuhnya.

27. Sphynx

Sphynk-faunadanflora

Jenis kucing ini merupakan jenis kucing yang memiliki bulu pendek, jika dilihat hanya sepintas tampak seperti tidak memiliki bulu sama sekali.Siafat dari jenis kucing ini aktif, setia, cerdas dan penyayang. ciri umum pada kucing ini memiliki badan tegak dengan berukuran sedang dan bulat pada bagian perut.Bentuk kepalanya berbentuk segitiga dan cukup panjang dengan leher yang panjang berotot dan bulat.

26. Scotish Fold

Scotish Fold-faunadaflora

Ciri khas dari kucing ini adalah telingan yang melipat, sehingga kucing ini diberi julukan kucing berwajah burung hantu. Sifat dari kucing ini adalah ramah, tenang dan senang. Selain itu kucing jenis ini juga bersahabat senang bermain, cerdas, mudah beradaptasi dan memiliki suara yang lembut.

Itulah beberapa jenis kucing yang digemari para cat lovers , semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian para cat lovers.