Kandungan Gizi Belimbing Dan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

Posted on

Kandungan Gizi Buah Belimbing Dan Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Belimbing (Averrhoa carambola atau dalam bahasa inggris disebut Star fruit) adalah salah satu tumbuhan buah yang memiliki bentuk khas. Tanaman ini berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Buah belimbing mengandung banyak air, memiliki warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya seperti bentuk bintang. Rasa buahnya manis dengan sedikit asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat. Namun taukah anda kandungan gizi, manfaat dari buah yang bernama latin Averrhoa carambola ini? berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Belimbing memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, dalam 100 gram belimbing mengandung 31 Kcal kalori; 6.73 g karbohidrat; 1.04 g protein; 0.33 g lemak; 2.80 g serat; 12 µg folat; 0.367 mg niacin; 0.017 mg pyridoxine; 0.016 mg riboflavin; 0.014 mg thiamin; 61 IU vitamin A; 34.4 mg vitamin C; 0.15 mg vitamin E; 2 mg sodium; 133 mg kalium; 3 mg kalsium; 0.08 mg zat besi; 10 mg magnesium; 12 mg fosfor; 0.12 mg seng dan berbagai senyawa lainnya. Dengan kandungan gizi tersebut belimbing memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya:

  • Dapat mencegah kanker
    Kandungan vitamuin C yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam buah belimbing memberi pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Selain itu vitamin c juga berfungsi sebagai antiinflamasi, pencegah radikal bebas dan juga pencegah infeksi.
  • Dapat menyehatkan pencernaan
    Karena kaya akan serat buah belimbing dapat membantu mencecah penyerapan LDL makanan dalam usus, selain itu juga dapat melindungi selaput lendir usus dari racun penyebab kanker usus besar. Oleh kerrena itu belimbing baik dikonsumsi karena dapat menyehatkan pencernaan dan mencegah terserang penyakit kanker usus besar.
  • Dapat membantu meningkatkan kerja enzim
    Buah belimbing meningkatkan kerja enzim karena buah belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks yang terdiri dari riboflavin,folat, serta piridoksin yang bekerja sama sebagai co-faktor enzim dalam proses metabolisme tubuh dan membantu mendukung fungsi sintetis enzim.
  • Dapat membantu mengatasi Gangguan pada Ginjal
    Karena kandungan asam oksalat pada buah belimbing sangat tinggi dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan mengkonsumsi buah belimbing.
  • Dapat mengatasi Hipertensi atau tekanan darah tinggi
    Kandungan mineral dan elektrolit dalam buah belimbing seperti kalium, seng, zat besi dan fosfor dapat membentu mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi apabila dikonsumsi secara rutin.
  • Sumber Antioksidan
    Buah belimbing kaya akan antioksidan flavonoid polifenol seperti asam galat, quercetin, dan epicatachin yang dapat membentu tubuh untuk melindungi tubuh dari kerisakan akibat radikal bebas.
  • Dapat membantu mengurangi kadar lemak jahat dalam darah
    Zat pektin dalam buah belimbing dapat membntu mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam darah dengan cara mengikat kolesterol tersebut dan mengeluarkan asam empedu saat sekresi sehingga buah belimbing baik dikonsumsi untuk penderita gejala diabetes.
  • Dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok
    Kandungan vitamin c dalam belimbing baik untk mencegah rambt rontok, selain itu uga kandungan vitamin c tersebut dapat membantu mencegah penuaan dini.
  • Dapat menyehatkan rambut
    Kandungan vitamin B kompleks dalam belimbing dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga menjaga rambut tetap kuat dan sehat.
  • Dapat membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak
    Belimbing dapat membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak dengan cara membuatnya menjadi masker wajah ataupun dimakan secara langsung.
  • Dapat mengurangi jerawat
    Kandungan seng dalam belimbing dapat membantu mengurangi jerawat, karena adanya efek anti mikroba.

Demikian artikel pembahasan tentang”Kandungan Gizi Belimbing Dan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa