18 Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Kandungan Cengkeh Serta Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Cengkeh Atau Cengkih (Syzygium aromaticum) merupakan tanaman asli indonesia yang biasa digunakan untuk bumbu masakan dan dapat pula sebagai tanaman obat. Pohon cengkih dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 45 meter.

Kandungan Gizi yang terdapat pada 100 gram Cengkih antara lain kalori 273 kcal, lemak 13 g, natrium 277 mg, kalium 1.020 mg, karbohidrat 66 g, serat pangan 34 g, gula 2,4 g, protein 6 g, vitamin A 160 IU, vitamin C 0,2 mg, kalsium 632 mg, zat besi 11,8 mg, vitamin B6 0,4 mg dan magnesium 259 mg. Selain itu, Cengkeh juga memiliki kandungan minyak atsiri sekitar 16%-20%, eugebol seitar 80%-82%, asetil eugenol, vanillin, tannin, serat, air, kariofilen, furfural, metal amilketon, gom, kalsium oksalat, dan asam galatanat serta banyak lagi yang lainnya.

Dengan kandungan tersebut cengkeh memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya:

1. Dapat mencegah peradangan
Kandungan zat aktif seperti flavonoid dalam minyak cengkeh yang bersifat anti inflamasi, dapat mengurangi peradangan pada penyakit misalnya rematik. Rasa hangat pada minyak cengkeh juga dapat menjadi ekspetoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan pada saluran pernapasan.
2. Dapat membantu mengobati sakit gigi
Minyak cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi selama berabad-abad. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi.
3. Dapat meningkatkan sistem pencernaan
Cengkeh dapat membantu mengendurkan lapisan saluran pencernaan sehingga cengkeh dapat pula membantu meringankan diare, muntah, sakit perut dan gas usus. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya karena cengkeh memiliki zat yang cukup kuat yang dapat mengiritasi lambung.
4. Dapat mengatasi mual dan muntah
Cengkeh dan minyak cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat apuh untuk mengatasi mual dan muntah.
5. Dapat menjaga tubuh agar tetap hangat
Cengkeh dapat dijadikan herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik itu dengan cara mengunyah cengkeh secara langsung atau mengoleskan minyak cengkeh ke tubuh.
6. Dapat membantu mengatasi pilek
Pilek dapat diatasi dengan cengkeh yaitu dengan meminum minyak cengkeh yang dicampur madu sebanyak 1-2 kali sehari atau bisa juga dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada hidung.
7. Dapat menyehatkan jantung
Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan darah yang berarti dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.
8. Dapat mengatasi sinusitis
Pemanfaatan cengkeh untuk mengatasi sinusitis dapat dilakukan dengan meletakkan bubuk cengkeh di dalam hidung.
9. Dapat meringankan infeksi saluran pernapasan
Kandungan berbagai antioksidan dalam cengkeh dan juga kandungan berbagai zat yang dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman penyebab infeksi saluran pernapasan.
10. Dapat membantu meredakan batuk
Dengan mengunyah cengkeh dapat membantu meredakan batuk yang disebabkan oleh gatal pada tenggorokan, memang rasanya agak getir dan pahit namun kandungan kimia didalamnya mampu menjadi ekspetoran alami yang dapat mengencerkan dahak.
11. Dapat menghilangkan noda dan guratan pada kulit
Minyak cengkeh dapat membantu menghilangkan noda dan guratan pada kulit akibat luka ataupun yang lainnya.
12. Dapat mengatasi jerawat
Untuk mengatasi jerawat dengan cengkeh yaitu dengan cara mengoleskan minyak cengkeh pada daerah yang berjerawat.
13. Dapat mencegah rambut rontok
Caranya: Oleskanlah minyak cengkeh pada kulit kepala secara merata lalu diamkan selama 5 hingga 15 menit baru setelah itu dibilas.
14. Dapat dijadikan kondisioner
Minyak cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai kondisioner yang dapat membantu memperbaiki masalah rambut seperti rambut kering dan lain sebagainya.
15. Antibakteri dan Anti Jamur
Cengkeh secara alami efektif melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh mengandung eugenol yang memiliki sifat anti jamur yang efektif dapat mengatasi penyakit kulit.
16. Dapat sebagai pengusir nyamuk
17. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Cengkeh diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.
18. Dapat sebagai perangsang seksual
Secara tradisional cengkeh dianggap memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan syahwat dan juga dalam sebuah eksperimen mengatakan cengkeh mampu untuk mengatasi ejakulasi dini.

Demikian artikel pembahasan tentang”18 Khasiat Dan Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa