Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit

Posted on

Penjelasan, Klasifikasi , Kandungan Serta Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit Dan Penyakit Lainnya

Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas tentang Tanaman Ketepeng mulai dari Penjelasan, Kandungan, Klasifikasi Ilmiah Serta ¬†Manfaatnya bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Tanaman Ketepeng atau Ketepeng Cina (Cassia alata) adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan Amerika tropik.Ketepeng termasuk jenis tanaman perdu, Memiliki daun berbentuk bulat telur saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di bagian bawah, serta memiliki bentuk polong bersayap pipih berwarna hitam.

Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia dan Tanaman Keteprng memiliki banyak manfaat bahkah sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi beragam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. Ketepeng Cina memiliki banyak sebutan diantaranya Seven golden candlestick (Inggris), Kupang-kupang (Ternate), Ketepeng Kebo (Jawa), Acon-aconan (Madura), Tabankun (Tidore), Ketepeng Badak (Sunda), dan Sajamara (Halmahera). Pada tanaman ketepeng bagian daunlah yang memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak senyawa kimia seperti Rein aloe emodina, rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Daun ketepeng memiliki rasa pedas dan hangat sehingga dapat difungsikan untuk insektisidal, dapat mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, sampai obat kelaianan kulit yang diakibatkan oleh parasit kulit.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Ketepeng
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Genus : Cassia
Spesies : Cassia alata

Berikut adalah Cara menggunakan Daun ketepeng untuk obat :

  • Untuk mengobati Panu, Kurap, dan Eksema

1. Caranya : Ambil sekitar 1 genggam daun ketepeng cina segar dan sedikit tawas atau 1 sdm kapur sirih, lalu lumatkan, setelah itu gosokan dengan kuat pada kulit yang terkena panu, kurap, dan eksema. Lakukan hal ini sebanyak 2 x sehari.
2. Caranya : Tumbuk hingga halus daun ketepeng Cina dab bawang putih lalu baluskan pada bagian yang terkena panu atau penyakit kulit lainnya.

  • Untuk mengobati Sembelit

Caranya: Rebuslah daun ketepeng muda sebanyak 7 lembar dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah itu minumlah ramuan tersebut.

  • Untuk mengobati Sariawan

Caranya: Kunyahlah sekitar 4 lembar daun ketepeng yang sudah dicuci dengan garam secukupnya seperti mengunyah sirih selama beberapa menit, kemudian telan airnya dan buanglah ampasnya.

  • Untuk mengobati cacingan

1. Caranya : Rebuslah sekitar 7 lembar daun ketepeng, asam secukupnya, dan 2 sdt bubuk akar kelembak (rheumofficinale baill) dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja, kemudian saring dan minumlah selagi hangat.
2. Caranya: Ambillah 3 pucuk daun ketepeng cina, tambahkan sedikit asam jawa, sepotong kelembak, serta sedikit saja gula merah. Rebuslah semua bahan tadi dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih hingga tersisa satu gelas saja. Saringlah dan minum ramuan tadi.

  • Untuk mengobati Eksim

Caranya : Haluskan segenggam daun ketepeng cina, sedikit adas pulowaras, dan sedikit kapur sirih. Kemudian balurkan pada bagian yang terkena eksim.

Demikian artikel pembahasan tentang”Khasiat Dan Manfaat Daun Ketepeng Untuk Mengatasi Gangguan Pada Kulit“, semioga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa