Vitis labrusca

Klasifikasi Anggur dan Penjelasan- Varietas, Macam, dan Manfaatnya

Posted on

Klasifikasi Anggur dan Penjelasan- Varietas, Macam, dan Manfaatnya

 

Hai sahabat…….Kali ini kita akan membahas tentang Anggur. Mari ikuti penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

Anggur adalah buah yang berasal dari tanaman perdu merambat yang masuk kedalam famili vitaceae yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tumbuhan buah ini berasal dari Armenia dan dibudidayakan di timur tengah sejak 4000 SM. Buah ini memiliki banyak variant warna seperti merah, ungu, kuning, hijau, dll. Buah ini banyak mengandung senyawa yang berperan aktif proses metabolisme tubuh dan mampu mencegah sel kanker dan penyakit lain terbentuk. Di buah ini juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang dberperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain dimakan langsung biasanya anggur dapat diolah menjadi jus, kismis, jelly, minuman anggur dan minyak biji anggur.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Vitales
Famili: Vitaceae
Genus: Vitis L.

Berikut beberapa varietas anggur:

1. Vitis vinifera adalah varietas anggur yang mampu tumbuh di daerah beriklim kering dan di daerah dataran rendah hingga 300 m diatas permukaan laut. Ciri-ciri dari anggur varietas ini adalah memiliki kulit yang tipis, rasanya manis dan segar. Di Eropa anggur jenis ini banyak di gunakan untuk bahan minuman anggur. Yang termasuk kedalam varietas ini adalah Gros Colman, Probolinggo Biru dan Putih, Situbondo Kuning, Alphonso Lavalle dan Golden Champion.

vitis vinifera
2. Vitis labrusca adalah varietas anggur yang mampu tumbuh di daerah dataran rendah hingga 900 m diatas permukaan laut. Ciri-ciri dari anggur dari varietas ini adalah memiliki kulit yang tebal, rasanya masam dan kurang segar. buah anggur pada varietas ini biasanya digunakan untuk membuat jus dan minuman anggur. Jenis anggur yang termasuk dalam varietas ini antara lain Brilliant, Delaware, Carman, Beacon dan Isabella.

Vitis labrusca
3. Vitis riparia adalah varietas anggur liar yang banyak di temukan di amerika utara. biasanya varietas anggur ini banyak digunakan untuk pembuatan minuman anggur.

Vitis riparia
4. Vitis rotundifolia(muscadine) adalah varietas anggur yang mmeiliki warna ungu gelap hingga hitam jika sudah matang. Varietas ini biasanya tidak hanya dimakan segar tetapi juga digunakan untuk membuat jelly, jus dan minuman anggur.

Vitis rotundifolia, muscadine
5. Vitis aestivalis adalah varietas anggur ini sering digunakan untuk membuat minuman anggur.

Vitis aestivalis
6. Vitis berlandieri (juga disebut Vitis cinerea var. helleri), Vitis cinerea, Vitis rupestris adalah varietas anggur yang banyak digunakan untuk membuat minuman anggur hibrida dan “rootstock” tahan-hama.

Vitis berlandieri      Vitis cinerea  Vitis rupestris

1.1 Vitis berlandieri                                             1.2 Vitis cinerea                                  1.3 Vitis rupestris

 

Berikut beberapa macam buah anggur:

1.Kaiji Grape

 

Kaiji Grape

Anggur jenis ini tergolong dalam anggur  hibrida dengan memiliki ukuran diameter 22-24 cm, memiliki bentuk lonjong dan memiliki rasa manis serta dagingnya kenyal dan warna buahnya merah agak putih bening.

2.Auxerrois Crape

Auxerrois Crape

Anggur jenis ini memiliki warna kuning terang tapi lebih menjurus keputih dan berbentuk bulat kecil. Anggur ini biasanya di gunakan untuk pembuatan white wine.

3. Carbernet Franc Grape

Carbernet Franc Grape

Anggur yang mempunyai ciri berwarna biru gelap ini banyak di jumpai di negara Perancis. Anggur ini biasanya di gunakan sebagai bahan baku pembuatan wine dan jus, selain itu anggur ini juga di pakai sebagai bahan campuran pembuatan saus anggur.

4. Rosario Bianco Grape

Rosario Bianco Grape

Anggur jenis ini berwarna hijau muda. Di indonesia sering di sebut anggur hijau yang bentuknya lonjong. Rasa segar, manis dan renyah membuat anggur jenis ini lebih pas di santap setelah selesai makan.

5. Barbarossa Grape

 

Barbarossa grape

Anggur yg berwarna merah ini mempunyai rasa yang cukup kuat dan tekstur buah yang tidak mudah rusak membuat anggur jenis ini cocok di olah sebagai salad.

6. Sekirei Grape

Sekirei Grape

Anggur jenis ini mempunyai bentuk fisik sama dengan anggur jenis rosario bianco grape, tapi warnanya cenderung merah pekat.

7. Chenin Blanc Grape

Chenin Blanc Grape

Anggur jenis ini berwarna hijau pekat, tekstur nya yang halus dan rasanya yang manis membuat anggur ini cocok sebagai olahan wine. Anggur ini juga mampu beradaptasi di iklim tropis dan bisa di konsumsi langsung.

8. Takazuma Crepe

Takazuma Crepe

Anggur ini sangat manis berwarna merah pekat. Anggur ini cocok di konsumsi sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.

*Kandungan zat gizi dan fitonutrien pada buah anggur antara lain :

  • Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1 dan B2
  • Pektin, Cafeic Acid, Plofinol
  • Kalsium, Kalium, Fosfor, Mineral Besi, Serat dan Air.

*Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Juga Banyak Sekali Diantaranya:

  • Pembentukan sel darah
  • Sebagai antivirus dan antikanker
  • Membantu fungsi ginjal
  • Membersihkan hati
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu pencernaan
  • Mengobati asma
  • Menghilangkan kerut pada wajah
  • Mencegah kerusakan gigi dan memutihkan gigi
  • Mencegah penyakit katarak
  • Mengatasi susah tidur dan kelelahan
  • Mempercantik kuku dan mengatasi migran (sakit kepala)

Demikian penjelasan tentang”Klasifikasi Anggur dan Penjelasan- Varietas, Macam, dan Manfaatnya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa