Klasifikasi, Ciri – Ciri Kingdom Monera Dan Cara Perkembangbiakannya

Posted on

Kingdom Monera – Berdasarkan penjelasan pada postingan sebelumnya seputar klasifikasi makhluk hidup , Kingdom monera mengacu pada jenis mikroorganisme, yang dianggap sebagai makhluk hidup peling primitif. Monera tidak memiliki membran inti, meskipun tidak memiliki membran inti, organisme ini memiliki bahan inti berupa asam inti atau DNA. Kerajaan ini terdiri dari bakteri dan ganggang. Ahli mikrobiologi membedakan bakteri menjadi 2 yaitu eubacteria dan archabacteria. Eubacteria adalah kelompok bakteri yang menghasilkan gas metan dari sumber karbon yang sederhana dan hidup dilingkungan biasa. Sedangkan archabacteria merupakan kelompok bakteri yang dapat hidup dilingkungan ekstrim,misalnya pada suhu panas, didalam laut dengan kadar garam yang tinggi, maupun ditempat yang asam. Organisme yang tergolong kedalam kingdom monera itu adalah bakteri dan alga biru. Berikut ini akan dijelaskan uraian tentang bakteri dan alga secara terperinci.

1. Bakteri

Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidka memiliki membran sel inti. Organisme ini termasuk kedalam domain prokariota dan berukutan sangat kecil (mikroskopik), dan memiliki peran yang penting dalam kehidupan di bumi.

bentuk bakteri

Ciri Bakteri

Bakteri memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sekitar 4-8 mikron dan hanya terdiri daru satu sel. Bentuk sel bakteri ada yang bulat, spiral dan batang. Bakteri dapat dilihat oleh kasat mata jika berkelompok (berkoloni), contohnya pada makanan basi, koloni bakteri tampak seperti lendir, percikan mentega atau menyerupai percikan susu. Dalam koloni tersebut warna dari bakteri ada yang berwarna kekuningan, tampak kemerahan dan ada juga yang berwarna putih.

Cara hidup bakteri

Cara hidup pada bakteri berbeda-beda, ada yang hidup dengan cara mengambil bahan organik dari lingkungan (heterotrof) dan ada juga yang berfotosintesis (autotrof). Pada heterotrof ada yang bersifat saprofit dan parasit. Bakteri saprofit yaitu bakteri yang hidup dialam dengan mengurai sampau, bangkai serta kotoran. Sedangkan bakteri parasit hidup berparasit pada makhluk hidup lainnya dan merugikan inangnya.

Perkembangbiakkan bakteri

Bakteri dapat berkembang biak secara kawin dan tak kawin. Perkembang biakan tak kawn delakukan dengan membelah diri. Membelah diri dengan arti datu sel bakteri membelah menjadi dua, kemudian menajdi empat, delapan dan seterusnya. Sedangkan dengan cara kawin, bakteri dapat berkembangbiak dengan konjungsi. Yaitu dua sel yang saling berdekatan membentuk saluran konjungsi, dan melalui saluran ini plasma dari sel yang satu mengalir ke sel yang lain.

2. Alga Biru (Cyanobacteria)

Alga biru tidak dimasukkan kedalam kelas protista seperti alga lainnya. Karena alga biru merupakan organisme prokariot sama seperti bakteri. Sehingga digolongkan kedalam kingdom monera. Berikut adalah penjelasan tentang ciri-ciri dan perkembangbiakan Alga.

alga biru

Ciri-ciri Alga Biru

Warna alga ini hijau kebiruan, oleh karena itulah alga ini disebut dengan alga biru. Alga ini hidup diberbagai tempat dan keadaan. Tubuhnya ada yang bersel satu , adapula yang berupa untaian benang yang berbentuk dari beberapa sel. Sel alga biru tergolong kedalam sel prokariot yang berklorofil. Karena sebab itulah alga ini dpat berfotosintetis dan menghasilkan makanan sendiri (autotrof).

Perkembangbiakan Alga Biru

Alga biru berkembang biak dengan cara membelah diri dan fragmentasi. Cara membelah diri sama dengan cara membelah diri dengan bakteri. Sedangkan Alga yang berbentuk benang berkembang dengan menjadi fragmen dan setiap fragmen dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh alga biru antara lain, Anabarna, Rivularia, Glorocpsa, dan Osicilatori.

Demikian artikel seputar Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Monera . Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com 🙂


Leave a Reply