Klasifikasi , Ciri-Ciri Kingdom Protista dan Cara Perkembangbiakannya

Posted on

Kingdom Protista – Kata protista berasal dari bahasa yunani yaitu protos (pertama). Menurut ahli protista adalah organisme eukariotik yang pertama yang terbentuk dari evolusi prganisme prokariotik. Protista merupakan kingdom yang terdiri satu sel atau banyak sel dan memiliki membran inti (organisme eukariot) serta bersel tunggal. Protista dikelompokkan menjadi tiga bagian,yaitu Protista yang menyerupai hewan (Protozoa), protista menyerupai tumbuhan(ganggang) dan protista menyerupai jamur. Protista dapat dijumpai dimana saja dan hampir semua jenisnya hidup di air karena protista tidak memiliki pelindung yang dapat menjaga tubuhnya dari kekeringan.

Ciri -ciri kingdom Protista

Kelompok protista memiliki tubuh yang tersusun keatas satu sel. Sedangkan protista multiseluler merupakan bentuk koloni dari sel-sel protista, belum membentuk suatu jaringan seperti yang ditemukan pada kelompok algae makroskop. Memiliki tipe sel eukaryotik, yang ditandai dengan adanya membran inti yang memisahkan materi genetik dengan sitoplasma. Habitat protista pada umumnya dapat ditemukan pada perairan tawar dan asin atau daerah lembab. Namun ada juga protista yang hidup dalam organisme lain sebagai parasit atau simbiosis.

Cara Hidup Protista

Berdasarkan cara makannya protista dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu
a. Fotoautotrof adalah kelompok protista fotosintetik yang mampu membuat makannya dari senyawa anorganik dengan bantuan cahaya. Oleh karena itu, organisme ini disebut protista mirip tumbuhan (alga).
b. Heterotrof adalah protista yang mendapatkan makannya dari organisme lain dengan cara memangsa atau mengadakan simbiosis atau parasitisme. Kelompok ini adalah protista mirip hewan (protozoa).
c. Saprofit adalah protista yang memiliki peranan sebagai pengurai (dekomposer) karena dapat mencerna sisa organisme dengan enzim yang dikeluarkan kelingkungan. Kemudian sari – sari makannya akan diabsorp ke dalam tubuh. Kelompok protista ini disebut mirip jamur.

Cara Perkembangbiakan Protista

Cara reproduksi pada protista ada dua macam, yaitu Seksual dan Aseksual. Reproduksi seksual dilakukan dengan cara konjugasi atau singami. Reproduksi ini pada umumnya dilakukan ketik protista berada dilingkungan yang berbahaya. Sedangkan reproduksi Aseksual merupakan reproduksi yang umum dilakukan oleh kelompok potista. Jenis reproduksi yang sering dilakukan ialah dengan membelah diri atau melalui pembelahan mitosis untuk menghasilkan individu baru.

Klasifikasi Protista

Protista dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu protista yang meneyrupai hewan (Protozoa), protista menyerupai tumbuhan(ganggang) dan protista menyerupai jamur.

1. protista yang menyerupai hewan (Protozoa)

Protista menyerupai hewan atau disebut dengan Protozoa merupakan organisme bersel sat yang berukuran mikroskopis. Cara perkembangbiakkan melalui seksual dan asseksual. Kelompok Protozoa merupakan kelompokprotista yang memiliki sifat seperti hewan yaitu heterotrof dan dapat bergerak. Berdasarkan alat gerak yan dimilikinya filum protozoa digolongkan menjadi empat kelas, yaitu RhizopodA (kaki semu) , Ciliata (bulu getar),Flagellata (bulu cambuk) , sporozoa (tidak memiliki alat gerak khusus) .

protista mirip hewan

2. protista mirip tumbuhan (Algae)

Merupakan kelompok protista fotosintetik. Tubuhnya tersusun atas satu sel atau berkoloni membentuk tubuh multi seluler. Algae memiliki klorofil seperti pada tumbuhan. Kelompok algae digolongkan menjadi empat kelas berdasarkan pigmen dominan yang dimilikinya, yaitu : Cholophyta (alga hijau), Chrysophyta (alga emas), Phaeophyta (alga coklat), Rhodophyta (alga merah).

protista miriptumbuhan

3. Protista mirip jamur

Protista kelompok ini memiliki dua jenis, yaitu jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota), mereka adalah bukan jamur sejati. Protista jenis ini merupakan protista yang pada masa hidupnya memiliki bentuk seperti jamur sejati yang membentuk sporangia atau filamen yang menyerupai hifa. Jamur lendir berwarna kuning dan jamur air berwarna putih. Spesies ini memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa sedangkan pada jamur sejati dilindungi oleh dinding sel dari zat kitin. Fungsi dari kelompok ini adalah sebagi pengurai dalam ekosistem.

protista mirip jamur

Demikian artikel seputar Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Protista . Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com


Leave a Reply