mollusca

Klasifikasi dan Ciri-Ciri Mollusca Beserta Contoh

Posted on

Klasifikasi dan Ciri-Ciri Mollusca Beserta Contoh Lengkapnya

 

Hai sahabat….kali ini kita akan membahas tentang Mollusca ,mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui apa itu mollusca dan bagi yang belum mengetahui jangan khawatir mari kita lihat penjelasan dibawah ini.

Mollusca adalah filum dari hewan invertebrata yang memiliki tubuh lunak yang dilindungi oleh cangkang ataupun tidak. Siput merupakan salah satu Mollusca yang termasuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Superphylum: Lophotrochozoa
Phylum: Mollusca
Linnaeus, 1758

Ciri-ciri mollusca antara lain:

  • Hewan multiselular ( memiliki banyak sel) yang tidak mempunyai tulang belakang.
  • Habitatnya di air maupun darat.
  • Merupakan hewan triploblastik selomata (tidak memiliki rongga diantara saluran pencernaan dan dinding tubuh).
  • Struktur tubuhnya simetri bilateral.
  • Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.
  • Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf.
  • Organ ekskresi berupa nefridia.
  • Memiliki radula (lidah bergigi) yang berfungsi untuk melumatkan makanan
  • Hidup secara heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri)

Mollusca terdiri dari tiga bagian utama yaitu:

  • Kaki
    Kaki merupakan perpanjangan/penjuluran dari bagian Ventral tubuh yang berotot. Kaki berfungsi untuk bergerak. Pada sebagian mollusca kaki telah termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
  • Massa Viseral
    Massa viseral adalah bagian tubuh yang lunak dari mollusca. Di dalam massa viseral terdapat organ-organ seperti organ pencernaan, ekskresi, dan reproduksi. Massa viseral dilindungi oleh mantel.
  • Mantel
    Mantel adalah jaringan tebal yang melindungi massa viseral. Mantel membentuk suatu rongga yang disebut rongga mantel. Di dalam rongga mantel berisi cairan. Cairan tersebut adalah tempat lubang insang, lubang ekskresi dan anus.

Berdasarkan bentuk, kedudukan kaki, cangkang, mantel, dan sistem syarafnya, Filum Mollusa terbagi menjadi lima kelas, diantaranya:

1. Polyplacophora adalah kelas pada filum mollusca yang memiliki bentuk tubuh bulat teluh,simetris bilateral serta pipih,mulutnya terletak di kepala atau anterior sehingga tidak dapat berkembang dengan baik serta anus terletak di bagian posterior. Hewan pada kelas ii tidak memiliki mata dan tentakel,kakinya pipih dan memiliki radula.contohnya: Chiton sp.                                         chiton

1.1 chiton sp.

anatomi chiton1.2 struktur anatomi tubuh chiton sp.

2. Scaphopoda adalah kelas pada filum mollusca yang hidup di air laut serta pantai berlumpur dengan cangkang tajam. Contohnya: Dentalium vulgare

dentalium vulgare

3. Gastropoda adalah kelas pada filum mollusca yang meliputi semua jenis siput ataupun siput telanjang(tidak bercangkang) dengan berbagai macam ukuran dari kecil sampai besar. Hewan di kelas ini berjalan menggunakan perutnya.

siput

1.1 contoh gastropoda :Siput

anatomi mollusca

1.2 stuktur anatomi tubuh mollusca gastropoda

4. Pelecypoda adalah kelas pada filum mollusca yang meliputi semua jenis kerang-kerangan mulai dari kerang, kupang, remis, kijing ,lokan, simpin, kima serta tiram. Beberapa jenis tiram dapat menghasilkan mutiara. Selain dagingnya yang mengandung banyak protein untuk dimakan, cangkangnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis kerajinan tangan, bekal kubur bahkan pada zaman dahulu digunakan untuk alat pembayaran.

kerang

1.1 contoh Pelecypoda : kerang

struktur anatomi tubuh pelecypoda

1.2  struktur anatomi tubuh Pelecypoda

5. Cephalopoda adalah kelas dari filum mollusca yang didalamnya mencangkup cumi-cumi, gurita,dan sotong. Hewan di kelas ini memiliki tentakel disekitar kepalanya yang digunakan layaknya tungkai (kaki dan lengan) yang berfungsi sebagai alat gerak mereka.

contoh cephalopoda

1.1 contoh cephalopoda : cumi-cumi

anatomi cephalopoda

1.2 anatomi cumi-cumi

Demikian penjelasan kami tentang”Klasifikasi dan Ciri-Ciri Mollusca Beserta Contoh“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa