Adenium Multiflorum

Adenium – Klasifikasi dan Jenis Bunga Adenium

Posted on

 Klasifikasi dan Jenis- Jenis Dari Bunga Adenium  Beserta Penjelasan Lengkap

Hai sahabat…. Kali ini kita akan membahas tentang Bunga  Adenium. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan dibawah ini.

 Adenium adalah jenis bunga yang berasal dari Asia Barat dan Afrika.  Nama Adenium diberikan karena Adenium ditemukan di Aden yang merupakan ibukota Yaman. Adenium memiliki banyak warna bunga sesuai varietas masing-masing dengan bentuk seperti terompet dengan memiliki 5 kelopak dan memiliki bentuk daun yang bervariasi ada yang lonjong, kecil, ada yang berbulu dan ada yang tanpa bulu dan ada yang runcing dan ada yang tidak.
Bunga Adenium memiliki morfologi yang hampir sama dengan bunga kamboja hanya beda genus saja.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Gentianales
Famili : Apocynaceae
Genus: Adenium

Berikut Jenis-Jenis Bunga Adenium:

1. Adenium Windmill
Adenium Windmill
Adenium jenis ini mempunyai daun agak panjang meruncing dengan warna hijau tua berbulu serta memiliki kelopak bunga berwarna merah muda dengan semburat putih di bagian tengah petal.

2. Adenium Obesum
Adenium Obesum
Adenium ini berasal dari Afrika Selatan dengan memiliki banyak cabang, memiliki batang besar dan memiliki bunga berbentuk seperti bintang dengan warna bervariasi dari merah muda hingga merah tua dengan semburat berwarna putih di bagian petal serta memiliki warna daun yang bervariasi dari hijau hingga keabuan dan jika kondisi lahan tidak memungkinkan maka adenium ini akan menggugurkan daunnya.

3. Adenium Swazicum

Adenium Swazicum
Adenium jenis ini mampu mencapai tinggi sekitar 2 meter. Adenium jenis ini batang yang lentur serta tidak memiliki bongkol, memiliki warna daun hijau muda hingga keabuan dengan terdapat bulu-bulu halus di dibagian bawah serta lapisan lilin di bagian atas daun, memiliki bentuk bunga seperti bulat/bintang dengan warna bervariasi ada yang berwarna merah hingga keungguan dan ada juga yang berwarna putih

4. Adenium Multiflorum

Adenium Multiflorum
Adenium  jenis ini berhabitat asli di Afrika selatan tepatnya di daerah Mozambik. Bunga jenis ini memiliki bunga berwarna putih dengan bagian pinggir berwarna merah hingga merah tua dengan diameter berkisar 6-7 cm, memiliki bonggol yang tidak membesar, tapi mempunyai batang dan akar yang membesar, serta memiliki daun berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna putih.

5. Adenium Waterfall

Adenium Waterfall
Adenium jenis ini memiliki daun dengan bentuk agak bulat berbulu serta bunga berwarna merah tua bercak putih.

6. Adenium Boehmianum

Adenium Boehmianum
Adenium jenis ini berasal dari Namibia dan Angola. Bunga ini memiliki percabangan banyak dengan tinggi yang dapat mencapai 3 meter, memiliki bunga berwarna merah muda hingga ungu berukuran sekitar 5 cm, memiliki daun  yang besar, lebar berbulu, serta memiliki bonggol yang indah.

7. Adenium White Knight

Adenium White Knight
Adenium jenis ini memiliki daun berwarna hijau tua tidak berbulu dengan bunga berwarna putih bersih.

8. Adenium Arabicum

Adenium Arabicum
Adenium jenis ini memiliki Batang gemuk dan besar dengan diameter bonggol mencapai 1 meter tinggi tanaman bisa mencapai 4-5 meter. Bercabang banyak dengan bentuk cendrung menyemak. bunga arabicum berwarna merah muda dan polos.

9. Adenium Oleifolium

Adenium Oleifolium
Adenium jenis ini memiliki percabangan yang banyak dan bonggol ukuran cukup besar, memiliki daun berwarna abu-abu kebiruan sempit dan memanjang ,memiliki bunga berwarna pink dengan petal berwarna kekuningan serta ukuran bunganya sekitar 3 cm .

10. Adenium Somalense var. Somalense

Adenium Somalense var. Somalense

Adenium jenis ini memiliki bentuk daun sempit meruncing dengan warna daun hijau tua berpadu putih, memiliki bunga berbentuk bintang dengan petal berwarna putih atau pink, corongnya berwarna kuning atau putih dengan garis berwarna merah, ukuran kecil dengan diameter sekitar 5 cm. Jenis ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan relatif cepat tumbuh.

11. Adenium Somalense var. Crispum

Adenium Somalense var. Crispum

Adenium ini berasal dari Somalia. Adenium jenis ini memiliki percabangan yang merunduk dan lemah, memiliki bonggol berukuran besar yang tumbuh di dalam tanah, memiliki Daun berwarna hijau tua, sempit meruncing, dan bergelombang dengan tulang daun berwarna putih, memiliki bunga dengan warna dasar pink salem dan putih atau merah darah dengan hiasan berupa semburat merah atau pink berukuran 2-5 cm. Jika bunganya tumbuh serempak bunga ini akan memiliki tampilan yang menarik . Tapi disayangkan, adenium ini memiliki pertumbuhan yang lambat dan kerdil.

12. Adenium Socotranum

Adenium Socotranum

Adenium jenis ini memiliki batang berwarna coklat dan memiliki kanopi menyempit, memiliki daun berwarna merah kekuningan dengan panjang 12 cm dan lebar 4 cm . Bentuk tulang daun menonjol berwarna kuning, serta memiliki bunga dengan ukuran besar berdiameter 10 hingga 13 cm.

Demikian artikel pembahasan tentang”Adenium – Klasifikasi dan Jenis Bunga Adenium“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa