invertevertebrata

Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya

Posted on

Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya

Pada hari ini kita akan membahas tentang hewan vertebrata dan invertebrata. Berdasarkan klasifikasinya hewan dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu hewan Vertebrata atau yang memiliki tulang belakang dan hewan Invertebrata atau yang tidak memiliki tulang belakang. Lebih jelasnya mari kita simak penjelasan di bawah ini:

  • Hewan Vertebrata (bertulang belakang) adalah golongan hewan yang memiliki tulang belakang, memiliki sistem peredaran darah tertutup, otak berkembang baik,  insang atau paru-paru sebagai alat respirasi, dan memiliki sistem saraf yang kompleks. 

vertebrata
Hewan Vertebrata terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Ikan (Pisces) adalah jenis hewan yang hidup di air, mempunyai alat gerak bernama sirip dan bernapas menggunakan insang serta berkembang biak secara bertelur(ovipar) dan ovovivipar(bertelur-melahirkan).
  2. Amfibi(Amphibia) adalah jenis hewan yang dapat hidup di darat dan air, tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri(berdarah dingin) serta menggunakan paru-paru sebagai alat pernafasannya. Contohnya katak,kadal air,serta salamander.
  3. Reptil(Reptilia) adalah hewan yang tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri(berdarah dingin) yang bergerak dengan cara melata serta tubuhnya ditutupi oleh sisik-sisik,sepeti ular,buaya,dan kadal,dll.
  4. Burung(Aves) adalah jenis hewan vertebrata yang bisa terbang, memiliki bulu yang menutupi bagian tubuhnya serta alat geraknya berupa sayap dan kaki, tetapi ada jenis aves yang tidak  dapat terbang seperti ayam, angsa ,bebek, kalkun, pinguin, dll.
  5. Hewan Menyusui (Mammalia) adalah hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu bagi betinanya yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi anakannya. Hewan mamalia tergolong dalam hewan berdarah panas. Hewan mammalia ada yang hidup di darat dan air. Contoh mammalia antara lain paus, sapi, domba, lumba-lumba, gajah dll.
  • Hewan Invertebrata adalah golongan hewan yang tidak bertulang belakang dan dari segi morfologi, sistem pernafasan, pencernaan serta peredaran darah invertebrata lebih sederhana daripada hewan vertebrata.
    Berikut golongan hewan yang masuk ke dalam kelompok invertebrata:

invertebrata

  1. Porifera adalah filum bagi hewan vertebrata yang hidup di laut dengan bentuk seperti tumbuhan atau tabung berpori yang melekat pada sesuatu di dasar laut dan dapat berpindah secara bebas. hewan ini disebut juga hewan berpori. Bakteri dan plankton adalah sumber makanan bagi porifera. Ada 3 kelas yang termasuk dalam filum porifera ini yaitu kelas corcorea, hexactinelida serta demospangia.
  2. Protozoa adalah filum pada hewan air invertebrata yang hanya bersel satu.ukuran tubuh protozoa sangat kecil yaitu berkisar antara 10-50 μm tetapi ada juga yang 1mm. Kelas pada protozoa ada empat yaitu hewan berbulu cambuk(flagellata),berambut getar(cilliata), berkaki semu(rhizopoda) serta berspora(sporozoa).
  3. Cnidaria adalah filum bagi hewan yang memiliki sel sengat dengan nama knidosit yang digunakan untuk berburu mangsa dan untuk membela diri. dalam cnidaria dibagi menjadi 4 kelas yaitu anthozoa (seperti anemon laut, pena laut, serta koral), scyphozoa (seperti ubur-ubur), cubozoa (seperti ubur-ubur kotak) dan satu lagi kelas hydrozoa.
  4. Platyhelminthes atau cacing pipih adalah filum bagi cacing dengan tubuh pipih serta tidak bersegmen.cacing ini dapat ditemukan di sungai laut danau atau ditubuh organisme lain.ada 3 kelas dalam filum platyhelmyntes yaitu cacing berambut getar(turbellaria) cacing isap (trematoda) dan cacing pita (cestoda)
  5. Nematoda atau cacing gilik adalah filum bagi cacing yang memiliki bentuk gilik pada bagian tengah bulat dan pada bagian ujungnya runcing. Contohnya cacing filaria,tambang,dan askaris
  6. Ctenophora adalah filum hewan yang memiliki lubang kecil seperti pori-pori di hampir seluruh bagian tubuhnya dan pori ini dapat menimbulkan racun yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa atau pemangsanya .
  7. Annelida atau cacing gelang adalah filum bagi cacing yang tubuhnya memiliki segmen-segmen seperti gelang dan sistem organ yang baik dan peredaran darah yang tertutup. Terdapat 3 kelas pada filum ini yaitu polychaeta/berambut banyak, oligochaeta/berambut sedikit atau tidak ada rambut sama sekali dan hirdinea/penghisap darah. Contohnya lintah,cacing tanah,cacing kipas,dan cacing pasir
  8. Mollusca atau hewan bertubuh lunak adalah filum bagi hewan yang memiliki tubuh lunak baik itu tertutup cangkang atau pun tidak.filum ini dibagi menjadi 5 kelas yaitu P (memiliki 2 buah cangkang seperti kerang, tiram dan simping), Gastropoda (Siput baik yang bercangkang ataupun tidak), Cepalophoda (Gurita dan cumi-cumi), Scaphopoda dan Amphineura.
  9. Arthopoda adah filum bagi hewan yang disebut hewan berbuku-buku. Terdapat beberapa kelas pada filum ini yaitu Chelicerata (laba-laba, tungau, kalajengking), Myriapoda (lipan), Krustasea (kepiting, lobster, udang) dan Hexapoda (serangga).

Berikut ini adalah perbedaan yang mencolok antara hewan Vertebrata dan Invertebrata:

  • Vertebrata memiliki tulang punggung dengan sumsum tulang belakang, sedangkan Invertebrata tidak memiliki tulang belakang.
  • Keragaman  di invertebrata sangat tinggi dibandingkan dengan vertebrata.
  • Vertebrata selalu simetri bilateral, sementara Invertebrata bisa menunjukkan simetri bilateral atau simetri radial.
  • Vertebrata biasanya berbadan besar dan bergerak cepat dibandingkan invertebrata.

Demikian pembahasan kita tentang”Klasifikasi Hewan Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa