Langkah Cepat dan Mudah Membuat Bonsai Beringin

Posted on

Salah satu jenis tanaman yang bagus untuk dijadikan bonai adalah pohon beringin. Pohon beringin memiliki bentuk yang bagus sehingga jika dijadikan bonsai akan menjadi tamapk lebih indah. Pohon beringin juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah tumbuh dan memiliki umur yang panjang. Untuk menanamnya kita jug adapat menggunakan teknik stek dan beringin mampu tumbuh dengan bagus.

Pohon beringin termasuk dalam kategori tanaman bonsai yang memiliki banyak penggemar terutama di Indonesia. Karena memiliki banyak penggemar tidak heran jika satu pohon bonsai jenis beringin memiliki harga yang cukup mahal. Harga satu tanaman bonsai beringin bisa mencapai harga hingga jutaan rupiah. Karena harganya yang tidak murah, sebagian orang lebih memilih untuk membuat sendiri bonsai beringin sesuai yan merek inginkan.

Untuk memudahkan anda dalam mencari informasi seputar cara menanam dan cara perawatan pada tanaman bonsai, kali ini FaunadanFlora akan membagikan informasi mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan. Simak penjelasan berikut.

Tahap Persiapan

bonsai beringin

Persiapan yang perlu anda lakukan umumnya tidak berbeda dengan tahap persiapan membuat bonsai-bonsai lainnya. Persiapan awal yang anda lakukan yaitu menyiapkan bonggol yang sudah cukup besar dan dapat membentuk pola sesuai yang anda inginkan. Setelah bonggol beringin siap, tahap selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam untuk bonsai beringin. Jangan lupa untuk menyiapkan kawat stainlees berukuran 3 mm dan gunting tanaman, kedua alat tersebut berfungsi untuk perawatan bonsai beringin.

Tahap Penanaman

tanam beringin

Setelah dirasa persiapan yang dilakukan siap, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan penanaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Kita dapat menanam pohon beringin pada media tanam yang padat dan memiliki unsur hara yang rendah. Ini dimaksudkan agar pohon beringin ini mudah untuk dibentuk.
  • Gunakan kawat stainless yang berdiameter kurang lebih tiga milimeter yang berfungsi untuk membentuk dahan sesuai pola tertentu. Untuk pemasangan kawatnya, anda bisa melilitkan secara melingkar dari pangkal dahan menuju kearah uung dahan. Namun anda harus penuh kehati-hatian agar tidak patah.
  • Kemudian lakukanlah pemupukan agar tetap terjaga kesehatan bonsai.
  • Lakukanlah pemangkasan secara berkala pada daun-daun pohon beringin agar dapat membuat pohon bonsai menjadi cantik.

Tahap Perawatan

perawatan bonsai

Setelah selesai melakukan tahap penanaman, kini saatnya anda mengetahui cara perawatan yang dilakukan untuk bonsai beringin. Antara lain:

  • Lakukanlah penyiraman setiap hari, anda bisa menggunakan air yang bersih dan juga tidak berbau.
  • Untuk pemupukan kita bisa menggunakan pupuk organik, pupuk tersebut bisa kita campurkan langsung kedalam air.
  • Penyiangan dapat anda lakukan setiap ada tanaman liar yang tumbuh dalam media tanam. Anda bisa memberikan lumut pada permukaan media tanam untuk mencegah adanya gulma.
  • Kemudian pemangkasan. Untuk pemangkasan bonsai disesuaikan dengan selera anda.
  • Pelilitan kawat. Untuk dapat membentuk kesan luka pada batang ataupun pohon kita bisa menggunakan kawat untuk memilih batang bonsai.
  • Pembukaan kawat. Anda bisa melakukannya setelah kawat tampak tenggelam kedalam batang.
    Setelah itu anda bisa melakukan penggantian potnya. Anda bisa melakukan penggantian pot jika akarnya sudah keluar dari lubang-lubang pot

Bonsai beringin merupakan salah satu tanaman primadona untuk pecinta tanaman Bonsai. Sekian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂