Lemon

Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi dan Manfaat Lemon

Posted on

Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat  Lemon

Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis jeruk yaitu”Lemon”, untuk penjelasan yang lebih jelas mari simak pembahasan berikut ini.

Jeruk Lemon atau Sitrun atau limun adalah sejenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, memiliki pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 m. Buah ini biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibuat minuman dll.

lemon di pohon  Lemon  minuman jeruk Lemon

Klasifikasi Ilmiah Lemon
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus: Citrus
Spesies: Citrus x limon

Kandungan gizi Lemon/100 gram :

Kalori (kcal) 28
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 138 mg
Jumlah Karbohidrat 9 g
Serat pangan 2,8 g
Gula 2,5 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 22 IU
Vitamin C 53 mg
Kalsium 26 mg
Zat besi 0,6 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 8 mg

Lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa contoh manfaat dari Lemon,diantaranya:
1. Dapat digunakan untuk diet
Lemon bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga lemon bisa digunakan sebagai penurun berat badan yaitu dengan cara mencampurkan lemon yang sudah di buat jus dengan sedikit madu dan air.Lalu minum dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan siang hari.
2. Dapat digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut
lemon dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok akibat ketombe dan kerusakan akar rambut. hal ini dapat dilakukan dengan cara lemon di peras dan ambil airnya lalu usapkan pada rambut sebagai masker kemudian pijat tunggu selama 5 hingga 10 menit lalu bilas.
3. Dapat digunakan untuk merawat kulit
banyak sekali manfaat dari lemon untuk kulit contohnya seperti menghilangkan sel-sel kulit mati pada tubuh dan wajah, hal ini dapat dilakukan dengan cara memotong lemon menjadi beberapa bagian,kemudian oleskan pada bagian tubuh dan wajah secara merata diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bersih.
4. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat
Karena lemon mengandung anti bacterial maka lemon dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. caranya ambil sari atau perasan dari lemon kemudian campur dengan madu beberapa tetes. lalu usapkan pada wajah atau bagian yang berjerawat diamkan kemudian bilas.
5. Dapat digunakan untuk memutihkan gigi
pada sari perasan jeruk lemon mengandung kalsium sehingga dapat digunakan untuk memutihkan gigi caranya campur air perasan lemon dengan sedikit baking soda lalu oleskan pada gig yang menguning lalu diamkan kurang lebih 1 menit kemudian sikat dengan sikat gigi lalu bilas. Jangan lakukan hal ini terlalu sering karena dapat merusak email gigi akibat kandungan asam pada air perasan lemon.
6. Dapat melembapkan bibir kering
Karena kandungan vitamin c pada lemon maka lemon dapat digunakan untuk melembapkan bibir yang kering dengan mengangkat sel-sel mati pada bibir. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoleskan potongan jeruk lemon ke bibir perlahan lalu diamkan sesaat kemudian bilas dengan air.
7. Dapat digunakan untuk sebagai facial foam
Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggosokkan perasan air lemon pada wajah.
8. Dapat melancarkan proses pencernaan
Air lemon hangat sangat efektif untuk mengangkat racun dalam tubuh dan merangsang hati lebih banyak mengeluarkan cairan empedu dengan begitu kotoran yang ada di dalam usus besar segera terdorong keluar.
9. Dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh
Lemon sebenarnya memiliki sifat basa tapi jika pada tubuh manusia cenderung memiliki sifat asam, sehingga mengkonsumsi perasan lemon hangat dapat membuat pH asam di dalam tubuh berkurang.
10. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencampurkan air perasan Lemon dengan madu dan air hangat. perpaduan dari bahan ini mampu menyerap lebih banyak zat besi untuk berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan air perasan lemon hangat juga mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba.

Demikian artikel pembahasan tentang”Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat Lemon“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa