Black-winged Lovebird

Lovebird- Penjelasan, Klasifikasi, Dan Jenisnya

Posted on

Penjelasan, Klasifikasi, Dan Jenis Lovebird

 

Hai sahabat……Kali ini kita akan membahas tentang burung yang romantis yaitu Burung Cinta (Love Bird), lebih jelasnya perhatikan penjelasan dibawah ini.

Burung Cinta atau Lovebird adalah burung beo kecil  yang berasal dari genus Agapornis. Burung ini berukuran kecil dengan ukuran berkisar 13-17 cm dengan 40-60 g beratnya serta memiliki ekor yang pendek dan paruh yang besar. Burung ini memiliki 9 spesies dengan 8 spesies diantaranya berasal dari Afrika dan 1 spesies berasal dari Madagaskar. Burung ini bersifat monogami dengan sifat berpasangan dan akan duduk berdekatan dan saling menyayangi. Burung ini mampu hidup hingga umur 10-15 tahun.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Psittaciformes
Famili: Psittacidae
Upafamili: Psittacinae
Bangsa: Psittaculini
Genus: Agapornis
Selby, 1836

Jenis-jenis Burung Cinta atau Love Bird :

1. Black-Masked Lovebird (Agapornis personata)

Black-Masked Lovebird 2

Black-Masked Lovebird (Agapornis personata) adalah jenis lovebird berasal dari tanzania dan ada juga yang ditemukan di Burundi dan Kenya. Jenis love bird ini banyak ditemukan dengan warna hijau walaupun ada juga yang berwarna biru, memiliki bulu berwarna hitam yang menutupi bagian muka sehingga seperti topeng, memiliki paruh berwarna merah bulu dada berwarna kuning, pada matanya terdapat lingkaran berwarna putih serta ukuran tubuhnya sekitar 15 cm.

2. Fischer’s Lovebird (Agapornis fischeri)

Fischer's Lovebird

Fischer’s Lovebird (Agapornis fischeri) adalah jenis love bird berasal bagian selatan danau Victoria, Tanzania utara. Jenis ini memiliki ukuran badan sekitar 14-15 cm, pada umumnya warna bulu pada jenis ini berwarna hijau, pada bagian bawah, pipi, dahi berwarna lebih kekuningan, dan pada bagian kerongkongan berwarna merah orange,dikepala berwarna hijau pudar, dada dan kerah leher berwarna kuning,ekor berwarna hijau dan biru muda pada bagian atas ekor, warna biru dan hijau pada bagian sayap bawah, kakinya berwarna abu-abu, paruhnya berwarna merah, dan berwarna putih melingkar dibagian mata, serta iris pada mata berwarna coklat.

3. Lilian’s Lovebird/ Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae)

Lilian's Lovebird

Lilian’s Lovebird/ Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae) adalah jenis love bird yang berasal dari Malawi. Dengan ciri-ciri bulu umumnya berwarna hijau, berwarna lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah dan tunggir, pada bagian dahi dan kerongkongan berwarna merah oranye dan menjadi warna merah muda kekuning-kuningan pada bagian mahkota, lorus, pipi dan bagian atas dada, bulu ekor berwarna hijau, lingkar di sekeliling mata berwarna putih, paruh berwarna merah tua , iris berwarna cokelat kemerahan tua, kaki berwarna coklat keabu-abuan.

4. Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigrigenis)

Black-cheeked Lovebird

Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigrigenis) adalah jenis love bird yang berasal dari Zambia dan Zimbabwe. Jenis love bird ini memiliki warna hitam di bagian pipinya dan memiliki warna hijau yang mendominasi pada tubuhnya, di bagian leher dan kepala berwarna coklat, bagian dada berwarna orange, bagian depan kepala berwarna coklat kemerahan, paruhnya berwarna merah, serta memiliki lingkaran putih pada bagian mata.

5. Peach-faced Lovebird (Agapornis roseicollis)

Peach-faced Lovebird

Peach-faced Lovebird (Agapornis roseicollis) adalah jenis love bird yang berasal dari daerah kering di barat daya Afrika seperti Gurun Namibia. Jenis ini umumnya memiliki bulu berwarna hijau, berwarna lebih kuning di tubuh bagian bawah, bulu dahi dan belakang mata berwarna merah. Pipi, lorus, kerongkongan dan bagian atas dada berwarna merah muda. Tunggir berwarna biru terang, di bagian bawah sayap bulu berwarna hijau dengan sedikit warna biru, ekor bagian atas memiliki bulu berwarna hijau, bagian bawah berwarna kebiruan, bagian paruh berwarna kuning gading,  iris mata berwarna cokelat tua serta kaki berwarna abu-abu.

6. Black-winged Lovebird/Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta)

Black-winged Lovebird

Black-winged Lovebird/Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta) adalah spesies love bird yang berasal dari Eritera selatan hingga Ethiopia selatan. Warna bulu pada spesies ini pada umumnya berwarna hijau dengan paruh merah, dan memiliki beberapa helai bulu berwarna hitam pada bagian sayap. Pada burung jantan terdapat warna merah pada bagian depan kepala sedangkan betina keseluruhan berwarna hijau.

7. Red-faced Lovebird (Agapornis pullarius)

Red-faced Lovebird

Red-faced Lovebird (Agapornis pullarius) adalah jenis love bird yang berasal dari daerah Afrika bagian tengah. pada umumnya bulu pada spesies ini berwarna hijau dengan leher daian atas dan kepala berwarna merah.pada burung jantan warna merah di kepala lebih banyak daripada betinanya begitu pula dengan paruhnya, paruh jantan lebih gelap daripada betinanya.

8. Grey-headed Lovebird/Madagascar Lovebird (Agapornis canus)

Grey-headed Lovebird

Grey-headed Lovebird/Madagascar Lovebird (Agapornis canus) adalah jenis love bird yang berasal dari  Madagaskar. Pada umumnya bulu pada jenis ini berwarna hijau dengan warna hijau yang lebih gelap pada bagian punggung, paruh berwarna kelabu muda. Pada jantan warna abu-abu terdapat pada bagian leher hingga kepala.

9. Black-collared Lovebird/Swindern’s Lovebird (Agapornis swindernianus)

Black-collared Lovebird

Black-collared Lovebird/Swindern’s Lovebird (Agapornis swindernianus) adalah jenis love bird yang berasal dari daerah bagian khatulistiwa Afrika. Bulu pada jenis ini pada umumnya berwarna hijau dengan warna coklat di bagian leher dan warna hitam pada leher bagian belakang, serta paruhnya berwarna abu-abu tua hingga hitam.

Demikian pembahasan kita tentang”Lovebird- Penjelasan, Klasifikasi, Dan Jenisnya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa