tanaman serealia

Macam-Macam Tanaman Serealia (Biji-Bijian) dan Pemanfaatannya

Posted on

Penjelasan Tentang Tanaman Serealia dan Macamnya Lengkap

Kali ini kita akan membahas semua tentang tanaman serealia atau tanaman biji-bijian dari pengertian, contoh beserta gambarnya.

Serealia atau sering disebut Sereal atau Biji-bijian adalah tanaman yang berasal dari suku rumput-rumputan dan diambil biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Beberapa jenis serealia menjadi bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Anggota dari serealia kebanyakan dari suku padi-padian misalnya padi, gandum, sorgum, jagung, jelai ,haver, gandum durum ,serta gandum hitam adalah beberapa contoh yang masuk kedalam serealia utama. Adapula anggota serealia yang disebut serealia semu seperti bayan biji,kinoa dan buckwheat dan ada juga serealia yang digunakan untuk pakan burung kicau seperti berbagai jenis milet dan jewawut.

Berikut adalah macam-macam tanaman serealia:

1. Padi

serealia padi
Oryza sativa atau yang dikenal dengan Padi adalah salah satu tanaman serealia yang sudah menjadi makanan pokok di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. padi masuk kedalam sku padi-padian (poaceae), padi memiliki akar serabut, batang pendek, bentuk daun sejajar berwarna hijau muda dan hijau tua, bunga tersusun majemuk, tipe buahnya adalah kariopsis yang tidak dapat dibedakan antara biji dan buahnya (bulir) dan bentuk bulirnya lonjong dengan ukuran 3mm-15mm yang tertutup oleh sekam atau palea dan lemma . Tanaman padi adalah tanaman semusim dan hasil pengolahan padi disebut beras yang kemudian dimasak menjadi nasi untuk di konsumsi sebagai sumber karbohidrat.

2.  Jagung

serealia jagung
Zea mays atau Jagung merupakan tanaman serealia yang ditanam guna sebagai pakan ternak untuk bagian daun dan tongkolnya, dibagian bulirnya dibuat minyak dan tepung maizena,dan ada bagian tongkol dan bulir yang telah dibuat tepung digunakan untuk bahan baku industri.jagung kaya akan pentosa.

3. Gandum

serealia gandum
Triticum spp atau Gandum adalah jenis tanaman serealia yang termasuk kedalam suku padi-padian yang mengandung banyak karbohidrat. Biasanya di eropa gandum menjadi makanan pokok. Gandum selain dijadikan makanan pokok juga diproduksi menjadi tepung terigu,pakan ternak,serta ada yang difermentasi untuk menghasilkan alkohol, selain itu juga dapat dijadikan bahan industri. Gandum diklasifikasikan berdasarkan warna, tekstur biji, dan musim tanamnya.berdasarkan warna gandum diklasifikasikan menjadi merah dan putih, berdasarkan tekstur gandum diklasifikasikan menjadi soft, durum, dan hard, sedangkan berdasarkan musim gandum dibagi menjagi spring dan winter. Secara umum gandum dibedakan menjadi durum wheat,soft wheat, dan hard wheat.

4. Jelai

serealia jelai
Hordeum vulgare atau Jelai adalah salah satu jenis tanaman serealia yang berasal dari suku padi-padian yang banyak digunakan untuk pakan ternak, penghasil malt, serta untuk makanan kesehatan.

5. Oats atau Haver

serealia haver
Avena sativa L. atau banyak disebut Haver atau Oats ini adalah salah satu jenis tanaman serealia yang banyak ditemui di daerah sub-tropis dan sedang. Bulir yang dihasikan oleh ots ini banyak dimanfaatkan selain untuk makanan pokok juga sebagai pakan ternak terutama kuda.

6. Sorgum

serealia sorgum
Sorgum spp. atau Sorgum ini adalah salah satu tanaman serealia yang serbaguna yang banyak digunakan sebagai makanan pokok, bahan baku industri, serta pakan ternak. Sorgum menjadi makann pokok di daerah Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Di Indonesia sorgum juga sudah mulai di budidayakan.

7. Fonio

serealia fonio

Fonio adalah jenis serealia yang memiliki bulir kecil dan masuk dalam kelompok milet. dua jenis fonio yang digunakan untuk budidaya yaitu jenis: Digitaria exilis dan D.iburua, kedua jenis ini sebenarnya sama tetapi yang membedakan adalah miletnya. Fonio dapat menjadi tanaman alternatif yang relatif rendah pada daerah kekeringan seperti Afrika Barat.

8. Milet

serealia milet
Milet adalah kelompok dari tanaman serealia yang memiliki bulir berukuran kecil. Tanaman serealia yang dimasukan sebagai milet antara lain: jewawut, milet mutiara, proso dan korakan. sedangkan yang dianggap sebagai milet adalah Echinochloa spp. (Barnyard millet, Japanese millet), Paspalum scrobiculatum (Kodo millet), Panicum sumatrense (Little millet), Brachiaria (Guinea millet, Browntop millet)
Milet menjadi makanan pokok di Asia Selatan dan Afrika sedangkan yang di tempat lain hanya menjadi pakan ternak atau burung peliharaan. Kandungan yang terdapat dalam milet adalah vitamin B dan mineral seperti vitamin B6, niasin, folat,z at besi, kaliun, magnesium, kalsium, serta zinc.

9. Jewawut

serealia jewawut
Setaria italica atau dikenal dengan Jewawut adalah sejenis tanaman serealia yang pernah dijadikan makanan utama oleh masyarakat asia tenggara dan timur sebelum mengenal padi. Jewawut memiliki bulir yang kecil sekitar 3mm dan warnanya beragam ada hitam, ungu, jingga kecoklatan, sampai merah. Tinggi tanaman jewawut dapat mencapai 2 meter. Ada 2 varietas jewawut yaitu yang untuk di konsumsi manusia yaitu S.italica var.italica dan yang untuk pakan burung yaitu S.italica var. moharica

10. Jali

serealia jali
Coix lacryma-jobi L. atau dikenal dengan Jali adalah tanaman serealia dari suku pocaseae yang hidup di daerah tropika dan berasal dari Asia Timur dan Malaya namun kini jali sudah menyebar keseluruh penjuru dunia. Bulir pada jali yang sudah masak terbungkus oleh struktur yang keras dan bentuknya oval berwarna putih. Terdapat 2 varietas yang sering ditanam oleh orang yaitu Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih serta berbentuk oval sering dipakai sebagai manik-manik. Sedangkan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen sering jadikan makanan dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

11. Kinoa

serealia kinoa
Chenopodium quinoa Willd atau Kinoa adalah jenis serealia semu yang sangat ideal untuk dijadikan sumber gizi karena tinggi akan karbohidrat dan protein. Kinoa menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian Pegunungan Andes, Amerika bagian Selatan.

12. Buckwheat

serealia buckwheat
Buckwheat adalah tanaman serealia yang dapat diolah menjadi tepung, dengan nama wheat dibelakang bukanlah menjadikan buckwheat tanaam serealia yang seperti gandum karena nutrisi yang paling menonjol pada tanaman serealia jenis ini adalah proteinnya yang bisa mencapai 13%,karbohidrad 71% serta lemak 8% per 100g.selain itu terdapat vitamin b, zat besi, serta zinc.

13. Tef

serealia tef
Tef adalah tanaman serealia yang digunakan untuk sumber pangan dan pertanian. Tef menjadi makanan pokok di Ethiopia dan Eritrea karena mengandung kalsium dan protein.

14. Zizania

serealia zizania
Wild rice atau Zizania atau juga dalam bahasa indonesia sering disebut padi liar adalah salah satu dari sekian banyak tanaman serealia yang menjadi makanan pokok di Amerika Utara dan China.

Demikian pembahasan kita tetang”Macam-Macam Tanaman Serealia (Biji-Bijian)“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa