24 Manfaat Apel Untuk Kanker Dan Untuk Kesehatan

Posted on

Kandungan Gizi Apel Dan Manfaat Apel Bagi Kesehatan 

Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas manfaat dai buah Apel atau Malus domestica. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini.

Apel atau Malus domestica adalah salah satu  jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel memiliki buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah. Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.

manfaat-buah-apel-bagi-kesehatan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Maloideae atau Spiraeoideae
Bangsa: Maleae
Genus: Malus
Spesies: M. domestica

Kandungan Gizi Apel/ 100 g

Kalori (kcal) 52
Jumlah Lemak 0,2 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 107 mg
Jumlah Karbohidrat 14 g
Serat pangan 2,4 g
Gula 10 g
Protein 0,3 g
Vitamin A 54 IU
Vitamin C 4,6 mg
Kalsium 6 mg
Zat besi 0,1 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 5 mg

Selain kaya akan zat gizi, apel juga kaya manfaat dan khasiat. Berikut ini adalah manfaat/khasiat dari buah apel.

Manfaat Apel
  • Dapat membantu kinerja usus halus
    Usus halus sangatlah berperan penting dalam sistem pencernaan manusia dan apabila kita mengkonsumsi buah apel secara teratur dapat mencegah konstipasi (kondisi dimana sulit untuk BAB secara teratur, tidak bisa tuntas, atau tidak bisa sama sekali BAB )dan gangguan pencernaan lainnya yang terjadi pada usus.
  • Dapat mengurangi risiko gangguan saluran pernapasan
    Apabila kita mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan risiko terkena penyakit pernapasan. Selain itu,ibu hamil jika rutin dalam mengkonsumsi apel juga mampu secara efektif menekan terjadinya gangguan pernapasan pada anak atu janin dalam kandungan.
  • Dapat menyehatkan rongga mulut dan gigi
    Ternyata mengkonsumsi buah apel dengan langsung mengunyahnya maka akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Juga kandungan zat tanin pada apel dapat membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.
  • Dapat memberikan perlindungan terhadap tulang
    Kandungan flavonoid (phloridzin) pada apel sangat  bermanfaat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita setelah monopouse (berhenti menstruasi).  Selain itu, kandungan Boron pada apel juga dapat memperkuat tulang agar tidak mudah keropos serta mencegah terjadinya reumatik.
  • Dapat mengkontrol kandungan gula dalam darah
    Kandungan Galacturonic acid pada apel berfungsi untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat diabetes.
  • Dapat mencegah dan mengobati kanker
    Senyawa triterpenoids yang terdapat  pada kulit apel ternyata diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker usus besar, gejala kanker payudara, dan penyakit lever. Selain itu, pada buah apel juga memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.
  • Dapat menjaga kesehatan otak
    Apel juga berfungsi menjaga kesehatan otak kita karena apel mampu untuk melindungi sel-sel neuron sehingga dapat mencegah terjadinya stres oksidatif dan mampu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.
  • Dapat mencegah penyakit parkinson
    Karena apel  merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang cukup tinggi, apeldapat mencegah terserang penyakit parkinson atau penyakit yang terjadi karena degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak tengah.
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
    Serat larut yang terdapat pada apel ternyata mampu mengikat lemak yang ada dalam usus. Sehingga, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Dapat menyehatkan jantung
  • Dapat mencegah batu empedu
  • Dapat membantu mengatasi diare dan sembelit
  • Dapat membantu detoksifikasi Hati
    Kandungan antioksidan dalam apel mampu membantu dalam mendetoksifikasi hati dari berbagai zat racun yang terdapat dalam tubuh.
  • Dapat mencegah katarak
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun
    Senyawa antioksidan quercetin yang terdapat dalam apel  dapat membantu meningkatkan serta memperkuat sistem imun, terutama ketika pikiran sedang stres.
  • Dapat mencegah serta meringankan wasir atau ambeien
  • Dapat membantu mengobati penyakit Asma
    Kandungan fitokimia dan polifenol dalam apel dapat membantu tubuh memulihkan asma. Dengan meminum jus apel secara teratur dapat menurunkan risiko terkena asma dan masalah pernapasan lain.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan
    Karena apel mengandung serat dan  kalori rendah dapat menunda lapar sehingga berpotensi membakar lemak yang ada dalam tubuh sehingga dapat membantu mengurangi berat badan.
  • Dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan kantung mata
  • Dapat mengatasi kulit berminyak, berjerawat dan kendur
  • Dapat melindungi atau menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat

Demikian artikel pembahasan tentang”24 Manfaat Apel Untuk Kanker Dan Untuk Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa