16 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Yang Sangat Menakjubkan

Posted on

Kandungan Serta Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Yang Sangat Menakjubkan

Bayam atau Amaranthus merupakan jenis tumbuhan yang ditanam untuk diambil daunnya sebagai sayuran. Tanaman sayur ini berasal dari daerah tropik Amerika tapi sekarang sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini terkenal akan kandungan zat besi yang tinggi.Bayam memiliki batang berair dan agak berkayu, daun bertangkai dengan bentuk bulat telur berwarna hijau, merah atau hijau keputihan.

Kandungan Gizi Bayam/100 g
Kalori (kcal) 371
Jumlah Lemak 7 g
Lemak jenuh 1,5 g
Lemak tak jenuh ganda 2,8 g
Lemak tak jenuh tunggal 1,7 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 4 mg
Kalium 508 mg
Jumlah Karbohidrat 65 g
Serat pangan 7 g
Gula 1,7 g
Protein 14 g
Vitamin A 2 IU
Vitamin C 4,2 mg
Kalsium 159 mg
Zat besi 7,6 mg
Vitamin B6 0,6 mg
Magnesium 248 mg
Dan berbagai senyawa lainnya

Karena kandungan tersebut, bayam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, berikut adalah manfaat dari bayam:

1. Dapat menyehatkan mata
Kandungan vitamin A pada bayam yang cukup tinggi sehingga bayam dapat menutrisi serta menyehatkan mata.

2. Dapat menyehatkan Jantung
Bayam mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk jantung, mengkonsumsinya dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

3. Dapat melawan Sel kanker
Karena kandungan Vitamin A, Vitamin C, serat, asam folat, dan 13 flavonoid yang ada pada bayam, membuat bayam dapat memerangi sel penyebab kanker. Menurut penelitian bayam dapat mnurnkan risiko terserang penyakit kanker hingga 34%.

4. Dapat Sebagai anti inflamasi
Bayam mengandung dua anti inflamasi epoxyxanthophylls yaitu neoxanthin dan violaxanthin yang berperan penting dalam regulasi peradangan. Dan juga kandungan sifat alkalinitas yang tinggi pada bayam, bayam baik dkonsumsi oleh penderita penyakit inflamasi.

5. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi
Kandungan kalium yang kaya serta kandungan sodium yang rendah sangatlah bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan Folat pada bayam yang cukup tinggi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hiprtensi dan juga melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mempertahankan kelancaran sistem peredaran darah.

6. Dapat mencegah diabetes
Dengan mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu menstabilkan gula darah dan mencegah fluktuasi yang terlalu banyak sehingga dapat mencegah diabetes. Selain itu, kandungan magnesium pada bayam dapat mencegah terjadinya komplikasi setelah diabetes.

7. Dapat mengobati pendarahan pada gusi
Gusi berdarah dapat disebabkan karena kekurangan vitamin c dan juga karena asupan gula yang terlalu banyak, untuk mengobatinya anda dapat membuat jus campuran dari bayam dan wortel.

8. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun
Dalam secangkir bayam mengandung lebih dari 337% dari angka kecukupan gizi vitamin A yang melindungi serta memperkuat saluran pernapasan,membran mukosa, saluran kemih dan usus yang merupakan komponen penting dari sel darah putih yang akan membantu melawan infeksi.

9. Dapat menyehatkan kulit
Kandungan vitamin A yang tinggi dapat membuat kulit lebih sehat dan mengatur retensi kelembaban yang tepat pada epidermis sehingga dapat memerangi jerawat, keriput, psoriasis, dan keratinisasi.

10. Baik untuk Pertumbuhan
Kandungan zat besi dan mineral pada bayam sangat baik bagi pertumbuhan anak anak dan remaja, dan baik juga bagi wanita yang sedang mentruasi.

11. Dapat mencegah anemia
Kandungan zat besi pada bayam, dapat mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah atau anemia dan juga dapat meregenerasi sel darah merah .

12. Dapat mengurangi risiko terserang kardiovaskuler
Kandungan inositol dan kolin pada bayam dapat bermanfaat mencegah pengerasan pembuluh darah. Serta kandungan folat pada bayam dapat mengurangi homosistein asam amino pada darah, karena kandungan homosistein yang tinggi dapat menyebabkan risiko terserang penyakit jantung.

13. Dapat menyehatkan sisitem pencernaan
Karena kandungan serta yang tinggi pada bayam sangatlah efektif untuk menyehatkan organ sistem pencernaan.

14. Dapat menutrisi tulang dan sendi
Kandungan kalsium pada bayam dapat menguatkan tulang serta meminimalisir terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

15. Dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan memori daya ingat.
Dengan mengkonsumsi bayam ternyata dapat menjaga kesehatan otak dan juga meningkatkan memori daya ingat.

16. Dapat membantu menurunkan berat badan
Karena bayam mengandung lebih dari 20% serat maka sangat baik dikonsumsi untuk diet menurunkan berat badan karena hal ini dapat mengurangi nafsu makan serta melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Demikian artikel pembahasan tentang”16 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Yang Sangat Menakjubkan“, semoga bermanfaat dan jangn lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa