10 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Yang Menajubkan Berdasarkan Kandungan Gizi Didalamnya

Posted on

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Yang Menajubkan Berdasarkan Kandungan Gizi Didalamnya

Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.) merupakan tanaman sayuran yang berasal dari Mexico Selatan, Amerika Selatan, dan daratan Cina. Selanjutnya, penanaman tanaman ini meluas ke Indonesia, Malaysia, Karibia, Afrika Timur dan Barat. Tanaman buncis termasuk famili Leguminoceae dan merupakan tanaman semusim berbentuk perdu.Ada 2 tipe kacang buncis yaitu tipe tegak dan tipe merambat.

Banyak orang suka mengkonsumsi buncis untuk sayuran karena buncis memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah kandungan gizi dan manfaat buncis bagi kesehatan:

Kandungan Gizi Buncis/100 gram
Kalori (kcal) 30
Jumlah Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 209 mg
Jumlah Karbohidrat 7 g
Serat pangan 3,4 g
Protein 1,8 g
Vitamin A 108 IU
Vitamin C 16,3 mg
Kalsium 37 mg
Zat besi 1 mg
Vitamin B6 0,1 mg
Magnesium 25 mg

Selain kandungan diatas, buncis juga mengandung berbagai zat yang baik juga bagi kesehatan seperti Stigmasterol, sitisterol, pitosterol dan masih banyak yang lainnya. Karena kandungan yang banyak tentu buncis memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya :

1. Dapat membantu mengkontrol kadarglukosa dalam darah
Kandungan protein yang cukup tinggi dalam kacang buncis dan tidak jauh dari kandungan protein dari telur, Apabila dimasak dengan cara yang benar protein dalam buncis dapat diserap dengan baik oleh tubuh sehingga hal ini dapat membantu untuk mengkontrol kadar gula atau glukosa dalam darah.

2. Dapat membantu melancarkan sistem pencernaan
Karena buncis termasuk dalam keluarga kacang-kacangan tentu kadar serat dalam buncis cukup tinggi. Serat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan karena sistem pencernaan yang baik dapat membantu mengurangi kadar kolestrol yang terdapat dalam darah yang berarti akan membuat jantung tetap sehat.

3. Dapat membantu mencegah penuaan dini
Kandungan anti oksidan yang dimiliki buncis dapat membantu anda untuk menangkal radikal bebas sehingga anda akan dapat terlihat lebih awet muda. Dengan begitu konsumsi buncis setiap hari sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

4. Dapat membantu menjaga jantung agar lebih sehat
Karena kandungan asam folat yang terdapat dalam buncis, buncis dapat membantu anda untuk menjaga jantung anda tetap sehat yaitu dengan mengkonsumsinya minimal sebanyak 4 kali seminggu.

5. Dapat membantu mengatasi batu ginjal
Buncis memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan serat tersebut dapat bermanfaat untuk membantu melarutkan batu guinjal dan juga mencegah terbentuknya batu pada ginjal.

6. Dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh
Kandungan mineral yang cukup banyak seperti zat besi, mangan, magnesium, dan juga kalium yang terdapat dalam buncis dapat membantu meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh. Dengan kinerja sistem motabolisme yang baik maka akan membuat kinerja organ tubuh bekerja baik pula.

7. Dapat membantu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin B1, vitamin B6 dan juga Vitamin C dalam kacang buncis dapat membantu meningkatkan sistem imun atau sistem kekebanlan tubuh sehingga dengan sistem imun yang baik maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

8. Mengandung kalori yang cukup rendah
Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebih maka disarankan untuk mengkonsumsi kacang buncis ini karena kacang buncis memiliki kadar kalori yang cukup rendah.

9. Dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah
Buncis mengandung sejumlah vitamin B yang dapat membantu untuk memecah protein, mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, dan juga membantu fungsi saraf serta meningkatkan produksi sel darah merah.

10. Dapat mencegah cacat tabung saraf bayi
Menurut studi kandungan asam folat  dapat membantu mencegah cacat tabung syarat bayi, dan buncs mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga buncis sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu juga dapat membantu melancarkan ASI.

Demikian artikel pembahasan tentang”10 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Yang Menajubkan Berdasarkan Kandungan Gizi Didalamnya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa