Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan

Posted on

Manfaat Tanaman Daun Dewa Atau Sambung Nyawa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan

Daun Dewa (Gynura divaricata) merupakan salah satu jenis tanaman yang dimana daunnya banyak dimanfaatkan untuk obat atau sebut saja tanaman herbal. Tanaman daun dewa masuk dalam keluarga Compositae. Nama lain dari tanaman daun dewa adalah sambung nyawa, ngokilo, dan San qi cao. Tanaman daun dewa merupakan tumbuhan tegak dengan ketinggian sekitar 30 cm – 40 cm. Daun pada tanaman daun dewa memiliki ukuran panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm, memiliki tangkai, bentuk daunnya bulat lonjong berdaging berujung lancip, memiliki bulu halus serta bertoreh pada bagian tepi serta memiliki warna hijau keunguan. Daun dewa memiliki bunga majemuk berkelopak hijau berbentuk cawan dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum, Bunga ini tumbuh pada bagian ujung batang.

Kandungan zat pada daun dewa antara lain: saponin, minyak astiri, flavonoid, tannin, vanilat, polifenol, asam klorogenat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, alkaloid, triterpenoid, sterol dan vitamin K. Zat-zat tersebut memiliki sifat kimia seperti: Antikoagulan, Diuretik, Anti-toxic, Anti-kolesterol, Anti-piretik, Hipotensif, Hipoglikemin, Anti-inflamasi, Analgesik, Antihyperlipidemia, Anti bakteri, dan Sitostatik.

Dari kandungan serta sifat yang dimiliki zat pada daun dewa, daun dewa memiliki manfaat/khasiat yang baik untuk tubuh diantaranya:

1. Dapat membantu mengobati Stroke
Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat rusaknya jaringan pada otak. Daun dewa dapat membantu mengobati gangguan kesehatan tersebut dengan cara memanfaatkan bagian umbi tanaman dan daunnya. Untuk pemanfaatan umbi bisa dilakukan dengan cara menumbuk umbi daun dewa dengan beberapa butir biji ginko dan sedikit madu, lalu tumbukan tersebut dimasukan dalam kapsul, selanjutnya di konsumsi secara rutin hingga 1-2 bulan. Untuk pemanfaatan daun bisa dilakukan dengan cara merebus daun kemudian air rebusan diminum secara teratur yaitu 2 x sehari.

2. Dapat mengobati Hipertensi atau Tekanan darah tinggi
Daun dewa memiliki kandungan yang bersifat hipotesif yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa adaya efek samping. Caranya: Rebuslah sekitar 7 hingga 10 lembar daun dewa kemudian air rebusan diminum setiap 2 kali sehari setelah makan atau juga bisa gunakan daun dewa tersebut untuk lalapan.

3. Dapat membantu mengobati diabetes
Diabetes atau kencing manis dapat terjadi karena adanya kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah. Daun dewa memiliki kandungan yang bersifat hipoglikemik yang terbukti mampu untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah, Caranya: Rebuslah daun dewa kemudian minum air rebusan minimal sekali sehari.

4. Dapat mengobati reumatik
Untuk mengobati reumatik dengan menggunakan daun dewa caranya yaitu dengan meminum secara rutin ramuan dari rebusan daun dewa dengan jahe merah dan akar sawi langit.

5. Dapat membantu mengobati sakit jantung
Untuk menurunkan risiko sakit jantung secara alami anda bisa memanfaatkan tanaman daun dewa. Caranya: Tumbuk umbi tanaman daun dewa kemudian seduh menggunakan air, lalu minum ramuan tersebut setiap sore.

6. Dapat membantu mengobati luka
Tumbukan umbi daun dewa dengan sedikit gula merah dapat membantu mengobati luka bakar maupun luka akibat goresan. Selain memanfaatkan umbi untuk mengobati luka bakar atau goresan, anda dapat memanfaatkan daunnya untuk mengobati luka memar dengan cara membalurkan tumbukan daun dewa dengan daun jarak pada bagian yang mengalami luka memar.

7. Dapat membantu mengobati Kanker
Daun dewa memiliki sifat sitotastik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh untuk itu konsumsilah ramuan atau hasil rebusan daun tanaman daun dewa dengan temu ireng dan jombang secara rutin.

8. Dapat memnbantu mengobati pendarahan atau pembengkakan Payudara
Caranya: konsumsilah air rebusan dari daun tanaman daun dewa sebanyak sekali sehari 1/2 gelas.

9. Dapat membantu mengobati kutil
Kutil atau papilloma adalah sejenis tumor jinak pada kulit akibat adanya penebalan yang berlebih dari lapisan kulit luar. Cra alami mengobatinya yaitu dengan menumpuk beberapa lembar daun dari tanaman daun dewa lalu ditempelkan pada bagian yang terkena kutil dengan di plester, atau bisa juga daun di potong dahulu baru di tempel pada kutil dan diplester.

10. Dapat mengobati gigitan binatang buas
Caranya: Tumbuk beberapa umbi tanman daun dewa lalu terapkan pada bagian yang terkena gigitan dan perban.

11. Dapat membantu mengobati kejang pada anak
Caranya tumbuk batang tanaman daun dewa kemudian campurkan dengan sedikit arak lalu minumkan pada anak yang mengalami kejang.

12. Dapat membantu mengobati demam berdarah
Caranya: minumlah rebusan daun tanaman daun dewa secara rutin yaitu 2 x sehari.

13. Dapat membantu mengobati keseleo atau terkilir
Selain dengan memijit, mengobati keseleo dapat dilakukan dengan cara meminum ramuan dari rebusan daun tanaman daun dewa, temu lawak dan temu hitam sebanyak 2 x sehari.

14. Dapat membantu mengobati Wasir atau ambeien
Caranya: Rebuslah saun tanaman daundewa dengan daging tanaman lidah buaya dan sedikit madu, lalu minum. Atau juga bisa dengan cara meremas daun tanaman daun dewa hingga mengeluarkan getah lalu masukkan kedalam anus.

15. Dapat menghilangkan flek hitam pada wajah
Caranya: remaslah daun tanaman daun dewa lalu ambl getahnya dan oleskan pada bagian wajah yang ada flek hitam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa