20 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Kandungan Serta Khasiat Dan Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang kandungan serta manfaat serai atau sereh bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Serai atau Sereh merupakan tumbuhan yang masuk dalam suku rumput-rumputan, tanaman ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur sebagai pengharum makanan. Serai mengandung minyak atsiri dan juga sitronela yang ampuh sebagai pengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Genus: Cymbopogon
Spesies: C. citratus

Kandungan serai antara lain minyak atsiri yag terdiri dari sitronelol, sitrat, kamfen, a-pinen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, dipenten, n-desialdehida, geranilformat, bornilasetat, metil heptanenon, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-bergamoten, beta-kariofilen, beta-elemen, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain yang terdapat pada serai adalah geranial, geranil butirat, metileugenol, eugenol dan lomonen.

Dengan begitu banyak kandungan senyawa, selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, dan untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya, serai atau sereh memiliki manfaat dan khasiat lain. Berikut adalah manfaat dan khasiat lain serai atau sereh :

Dapat sebagai anti kanker
Serai atau Sereh memiliki kandungan citral yang merupakan zat anti kanker yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh tapi tetap menjaga sel jaringan yang sehat dalam tubuh.
Dapat membantu mengatasi Anemia
Kandungan zat besi pada serai, memiliki peran penting untuk mensintesis hemoglobin ( protein sel darah yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Serai artau sereh ini dapat membantu mengatasi segala anemia terutama yang diakibatkan karena kekurangan zat besi.
Dapat bertindak sebagai minyak angin
Kandungan minyak atsiri pada daun serai dapat membantu melakukan tindakan balsamic pada masalah sistem pernapasan. Daun serai secara umum dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin sama halnya dengan khasiat temulawak yang menghangatkan.
Dapat mengatasi penyakit diabetes
Serai yang sudah diolah menjadi teh ternyata dapat bertindak sebagai detoksifikasi atau pembersih pankreas sehingga pankreas bisa meningkatkan fungsi hingga bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.
Dapat membantu membersihkan infeksi jamur dan bakteri
Kandungan senyawa yang bersifat antiseptik pada serai atau sereh ini, jika serai ini dibuat teh lalu diminum dapat membantu menghilangkan mikroorganisme jahat dalam tubuh, serta menghilangkan jamur, bakteri, ragi dan juga dapat membersihkan darah.
Dapat sebagai anti septik dan anti inflamasi
Serai yang mengandung senyawa yang bersifat anti septik dan anti inflamasi, jika serai di olah menjadi jus lalu di minum dapat menjadi obat herbal untuk mengatasi penyakit asam urat, radang saluran kemih dan juga arthritis.
Dapat bertindak sebagai Detoksifikasi
Anti oksidan, anti septik dan efek diuretik dari serai dapat dijadikan herbal yang sangatlah penting untuk dimasukan pada diet ketika detoksifikasi. Proses tersebut sangat membantu membersihkan serta memurnikan hati, ginjal, saluran kemih, pankreas dan meningkatkan sirkulasi darah.
Dapat meningkatkan kinerja sistem syaraf
Kandungan magnesium, fosfor dan folat pada serai sangatlah membantu meningkatkan fungsi sisem syaraf serta membantu dalam perkembangan sistem syaraf. Sehingga dapat meningkatkan memori, konsentrasi serta kemampuan otak untuk memproses informasi yang diterima.
Dapat mengobati infeksi
Kandungan anti mikroba dan anti bakteri pada serai ternyata ampuh membantu mengobati masalah infeksi pada luka, usus, lambung, saluran kemih, kulit serta dapat membantu menyembuhkan penyakit typus, keracunan makanan dan juga dapat meredakan bau badan.
Baik dikonsumsi Wanita
Serai baik dikonsumsi wanita karena serai dapat membantu mengurangi rasa nyeri haid dan juga dapat meredakan rasa mual.
Dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan
Serai sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan karena dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sakit perut, masuk angin, dan mengurangi gas dari usus.
Dapat sebagai analgesik
Serai dapat meringankan segala jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan nyeri dan rasa sakit seperti nyeri otot, nyeri sendi, skit gigi dan lainnya.
Dapat sebagai diuretik
Serai berkhasiat sebagai diuretik, anti rematik dan juga pereda kejang, salah satunya adalah mengatasi gejala batuk. Berikut adalah resep untuk mengatasi gejala batuk : Rebus sekitar 5 gr akar serai yang telah dicucu dengan segelas air sekitar 15 menit lalu minum secara rutin 2 x sekali pada pagi dan sore hari seperdua gelas.
Dapat memperindah kulit
Serai yang sudah dalam bentuk kosmetik mampu mengatasi masalah kulit seperti menghilangkan jerawat, dan juga sebagai penyegar kulit.

Demikian artikel pembahasan tentang”20 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami beerikutnya. Sampai jumpa