15 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Jeruk Purut,  Khasiat Dan Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang Jeruk Purut Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Jeruk Purut atau Citrus × hystrix adalah salah satu jenis jeruk yang berasal dari sub genus Papeda. Tanaman jeruk prut ini memiliki pohon yang perdu dengan ranting berduri, daunnya memiliki bentuk khas yaitu seperti dua helai daun yang tersusun vertikal karena pelekukan tepi yang ekstrem , tebal dan berpermukaan licin agak berlapis malam.Buah jeruk purut biasanya berdiameter < 2cm, bentuknya bulat dengan permukaan kulit buah kasar karena terdapat tonjolan-tonjolan, kulit buahnya tebal.
Jeruk purut memiliki banyak sebutan diantaranya kaffir lime (untuk perdagangan internasional), truc (vietnam), ma kruut (thailand) dan masih banyak lagi.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Upakelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rustaceae
Genus: Citrus
Spesies: C. × hystrix

Selain digunakan untuk bahan tambahan masakan, penghilang amis, dan bahan tambahan wewangian, jeruk purut juga memiliki manfaat lain karena kandungan vitamin c yang tinggi dan beberapa senyawa yang lainnya, diantaranya :

a. Dapat merawat wajah
Jeruk purut dapat digunakan untuk merawat wajah kusam, berminyak dan memiliki noda bekas jerawat. Untuk mengatasi itu, caranya adalah, ambil jeruk purut , kemudian cuci hingga bersih lalu potong, setelah itu tempelkan pada bagian wajah yang akan di bersihkan. Dengan hal seperti itu, selain mengatasi noda bekas jerawat, masalah kulit kusam dan berminyak, dapat juga sebagai penunda penuaan dini.

b. Dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh
Karena kandungan vitamin c yang tinggi, jeruk purut dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit seperti flu. Cara mengkonsumsinya air sari jeruk purut .

c. Dapat membantu mengobati Influeza
Jeruk purut dapat membantu mengatasi atau mengobati influenza yaitu suatu penyakit yang menyerang sistem pernapasan dengan gejala badan terasa lemas dan menggigil serta tidak bersemangat. Cara mengatasinya dengan jeruk nipis adalah jeruk purut di peras diambil sarinya kemudian sari jeruk purut tersebut dicampur dengan air panas ataupun air hangat, aduk lalu tambahkan madu, setelah itu aduk kembali dan minum hingga habis. Kombinasi jeruk purut dan madu sanagt efekif untuk menghilangkan virus penyebab influenza dan juga dapat mempertahankan sistem imun.

d. Dapat mengatasi atau mengobati Batuk
Untuk mengobati batuk biasanya jeruk purut di ambil sarinya kemudian dicampur madu dan air hangat. Setelah itu, di minum. Agar cepat sembuh dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan tersebut sebanyak 2 atau 3 kali sehari secara rutin.

e. Dapat Menjaga dan Merawat Kesehatan Rambut
Jeruk purut ternyata mampu merawat rambut dan juga menghilangkan ketombe. Caranya, jeruk purut diambil sarinya kemudian balurkan pada akar rambut sehingga rambut mendapatkan nutrisi agar tetap sehat selain itu ini juga dapat membuat rambut tidak mudah rontok.

f. Dapat mengatasi kulit kering
Untuk mengatasi kulit kering, bisa dilakukan dengan cara mengoleskan jeruk purut iris pada bagian kulit yang kering setiap sebelum tidur malam secara rutin agar hasilnya maksimal.

g. Dan Lain-Lain

Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Dan Kecantikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa