99 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Serta Kandungan Di Dalamnya

Posted on

 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Serta Kandungan Di Dalamnya

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang Kandungan dan Manfaat dari Kunyit. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Kunyit (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) adalah salah satu tanaman rimpang berwarna kuning asli dari wilayah Asia Tenggara yang merupakan anggota dari kelompok Zingiberaceae.

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiosperms
(tidak termasuk): Monocots
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae
Genus: Curcuma
Spesies: C. longa

Selain sebagai bahan pewarna alami makanan ternyata kunyit banyak mengandung banyak khasiat. Berikut adalah pemaparan kandungan serta manfaat kunyit bagi Kesehatan:

Kandungan zat kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit adalah sebagai berikut :
a. zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
b. Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
c. Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar
d. Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth

Manfaat Kunyit
  • Dapat memperlancar ASI
    Caranya: Kunyit dihaluskan, kemudian dibalurkan di sekitar payudara. Lakukan ini sebanyak 2 x sehari sampai air susunya lancar.
  • Dapat Melancarkan Haid
    Untuk melancarkan Haid atau menstruasi, wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi kunyit. Caranya: Haluskan 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun sirih gading, kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Lalu disaring kemudian minum (dianjurkan sehari segelas)
  • Dapat membantu mengobati diabetes militus (kencing manis)
    Caranya rebus 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok garam dengan 1 liter air hingga mendidih. Kemudian saring dan dinginkan. Setelah itu minum ( 2x seminggu).
  • Dapat membantu menambah darah( mengobati hipotensi/ darah rendah)
    Caranya parut beberapa rimpang kunyit campur dengan gula dan air matang secukupnya, lalu saring dan tambah sedikit garam. Kemudian minum.
  • Dapat membantu mengobati disentri
    Caranya: rebus 1 hingga 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya dengan 2 gelas air hingga air tersisa 1 gelas saja.Kemudian minum secara rutin hingga sembuh.
  • Dapat mencegah Kanker
    Kandungan kurkumin sebagai anti oksidan dalam kunyit ternyata dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas,juga dapat menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker.
  • Dapat mencegah Alzheimer
    Kandungan zat anti inflamasi dan anti oksidan pada kunyit yang cukup tinggi , jika kita mengkonsumsi kunyit maka dapat mencegah kita terkena penyakit Alzheimer.
  • Dapat membantu mengobati Tifus.
  • Dapat mencegah Anemia
    Karena kunyit banyak mengandung zat besi yang merupakan komponen penting pembentukan sel darah merah, mengkonsumsi kunyit dapat mencegah anemia.
  • Dapat mengurangi risiko terkena diabetes
    Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi resistansi insulin sehingga dapat memperkecil risiko terkena diabetes
  • Dapat mengatasi gatal dan penyakit kulit.
  • Dapat membantu menyembuhkan luka
    Karena kunyit mengandung senyawa anti septik dan anti bakteri, kandungan tersebut sangat baik menjadi disinfektan untuk luka biasa maupun luka bakar.
  • Dapat melancarkan sisitem pencernaan
    Karena kandungan kurkumin, kunyit mampu membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala kembung.
  • Dapat mencegah dan mengobati panas dalam
    Caranya : Parut kunyit kemudian sisihkan. iris gula aren secukupnya,kemudian campur parutan kunyit dan irisan gula aren dengan air panas. aduk hingga terlihat mengental kemudian saring dan minum.
  • Dapat mencegah keputihan
    Caranya : rebus 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren yang sudah dibersihkan dengan air hingga mendisdih selanjutnya saring dan minum.
  • Dapat membantu mengatasi usus buntu
    Caranya Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan gula aren atau kelapa dan juga garam secukupnya, lalu seduh dengan 1 gelas air panas, kemudian saring. Minum setiap pagi setelah makan secara teratur.
  • Dapat membantu mengobati cacar air atau cangkrang (Waterproken)
    Caranya : tumbuk hingga halus 2 rimpang kunyit dan 1 genggam daun eceng, lalu oleskan pada bagian yang terkena cacar air.
  • Dapat mengobati sakit Amandel
    Caranya: Kunyit diparut, jeruk nipis di peras untuk diambil airnya, kemudian parutan kunyit dan perasan jeruk nipis dicampur dengan 2 sendok madu dan 1/2 gelas air hangat, kemudian aduk sampai merata lalu saring dan minum secara rutin 2 hari sekali.
  • Dapat membantu mengobati Berak lendir
    Caranya: rebus 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring minum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
  • Dapat membantu mengobati Morbili atau Campak
    Caranya: 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle dihaluskan kemudian dioleskan ke seluruh badan sebagai bedak
  • Dan Lain-Lain

Demikian artikel pembahasan tentang”99 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Serta Kandungan Di Dalamnya“, semoga bermanfaar dan jangan lupa ikuti potingan kami berikutnya. Sampai jumpa