11 Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan 

Kurma merupakan nama tanaman palma sekaligus buah yang berasal dari genus Phoenix. Pohon kurma dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 15 hingga 25 meter. Buah kurma memiliki bentuk lonjong silinder berukuran panjang sekitar 3 hingga 7 cm dengan diameter sekitar 2cm-3cm. buah kurma memiliki buah muda berwarna merah cerah ke kuning cerah tergatung varietas jenisnya.

Kurma sangat digemari banyak orang untuk konsumsi karena kandungan gizi serta manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah papran kandungan gizi serta manfaat kurma:

Kandungan Gizi Kurma/100 gram
Air 18.27
Energi 251 kkal
Protein 2.81 g
Karbohidrat 66.78 g
Serat 7.1 g
Gula 56.38 g
Total lemak 0.35 g
Lemak jenuh 0.0028 g
Kalsium 35 mg
Zat Besi 0.91 mg
Magnesium 38 mg
Fosfor 55 mg
Kalium 484 mg
Sodium 2 mg
Seng 0.26 mg
Vitamin A 9 IU
Vitamin B1 (tiamin) 0.046 mg
Vitamin B2 (riboflavin) 0.059 mg
Vitamin B3 (niasin) 1.134 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat) 0.525 mg
Vitamin B6 (piridoxin) 0.147 mg
Vitamin B9 (folat) 17 mcg
Vitamin C 0.4 mg
Vitamin E 0.04 mg
Vitamin K 2.4 mcg
Beta karoten 5 mcg
Lutein dan zeaxantin 67 mcg

Karena kandungan tersebut, kurma memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya :

1. Dapat mencegah reumatik
Kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron dalam kurma dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan otot sehingga dapat mencegah terjadinya reumatik. Dengan mengkonsumsi 15 butir buah kurma dapat memenuhi kebutuhan mineral tersebut.

2. Dapat mencegah kanker otak
Kandungan mineral yang cukup tinggi dalam buah kurma, buah kurma dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker otak.

3. Baik Untuk Usus
Kandungan serat dalam buah kurma dapat membantu membersihkan usus dari sisa makanan yang menempel pada dinding usus dan juga serat tersebut dapat berfungsi sebagai probiaotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan.

4. Dapat membantu mengobati demam berdarah
Menurut sebuah studi buah kurma dapat membantu meningkatkan kadar trombosit. Sehingga bah kurma ini baik dikonsumsi untuk pasien yang terserang demam berdarah.

5. Sebagai sumber antioksidan
Buah kurma memiliki anti oksidan yang tinggi, antioksidan tersebut memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab kanker jadi mengkonsumsi buah kurma sangat baik.

6. Dapat menjaga kesehatan jantung
Kandungan kalium dalam kurma yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda karena fungsi kalium tersebut adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Dapat mencegah risiko stroke
Risiko stroke dapat berkurang hingga 40 % jika mengkonsumsi sekitar 400 mg/100 gram  kalium per hari. Dengan mengkonsumsi kurma minimal sebanyak 5 butir kebutuhan kalium tersebut dapat terpenuhi dan pastiya akan memperkecil risiko terkena stroke.

8. Dapat membantu mencegah Anemia
Kandungan kalsium dan juga zat besi pada kurma dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga buah kurma dapat membantu mencegah anemia aatau kekurangan darah.

9. Dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kerja Otak
Kurma dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kerja otak karena adanya kandungan kalium dalam kurma yang tinggi yang dapat membantu melancarkan distribusi oksigen dan memperlancar keseimbangan cairan dalam tubuh.

10. Dapat membentu mencegah Insomnia
Insomnia atau gangguan tidur memang sangat merugikan, keseimbangan tubuh terganggu karena metabolisme tidak teratur. Namun dengan mengkonsumsi buah kurma dapat membantu mengurangi atau mencegah gejala insomnia tersebut karena kandungan vitamin B3 yang ada didalamnya.
11. Dan lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”11 Manfaat Kurma Serta Kandungan Gizi Kurma Yang Menajubkan Bagi Kesehatan¬†“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa