25 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Penjelasan Tentang Zaitun, Klasifikasi Ilmiah , Kandungan Serta Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang Zaitun Mulai dari Kandungan hingga Manfaat Minyak Zaitun Atau Olive Oil Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Nah, untuk lebih jelsanya mari simak pembahasan berikut ini.

Zaitun atau Olea europaea adalah tumbuhan yang berasal dari suku Oleaceae, zaitun memiliki pohon yang perdu pendek dan besar dengan tinggi sekitar 8 meter hingga 15 meter, batangnya terpelintir dan keriput, daunnya berwarna hijau keperakan berbentuk lonjong berukuran sekitar 4 cm hingga 10 cm dengan lebar sekitar 1 cm sampai 3 cm. Bunganya berbentuk lonceng berbulu berukuran kecil dengan warna putih. Buahnya berukuran kecil berupa drup atau buah batu dengan ukuran panjang sekitar 1 cm hingga 2.5 cm dan biji berendosperma. Buah zaitun biasanya dimakan mentah atau dijadikan penyegar sesudah diawetkan, Sedangkan buah yang tua di peras untuk menghasilkan minyak yang kemudian akan diekstrak menjadi minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat.

buah-zaitun

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Oleaceae
Genus: Olea
Spesies: O. europaea
Subspesies:
Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)
Olea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan sampai Afrika Timur, Arabia sampai Barat Daya Tiongkok)
Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)
Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)
Olea europaea subsp. maroccana (Maroko)
Olea europaea subsp. laperrinei (Aljazair, Sudan, Niger)

Kandungan Buah Zaitun
Zat besi, tembaga, serat pangan, vitamin E, vitamin A,Serta vitamin lainnya, asam pentatonik, potasium, kalsium, Squalene, asam lemak dan senyawa fitonutrien mulai dari fenol sederhana (tirosol dan hidroksitirosol), terpenes (oleuropein, demetileuropein, eritrodiol, uvaol, asam oleanolat, asam elenoat, ligstroside), flavon (apigenin, luteolin), asam hidroksisinamat (asam kafeat, asam sinamat, asam ferulat, asam koumarat), antosianidin (sianidin, peonidin), flavonol (quercetin, kaempferol), asam hidroksibenzoik (asam galat, asam protokatekat, asam vanilat, asam siringat), asam hidroksifenilasetat (asam homovanilat, asam homveratrat), hingga asam linoleat, alfa linoleat, dan omega 3, Dan lainnya.

Dengan kandungan yang dimiliki oleh buah zaaitun, tidak heran buah zaitun kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan ataupun kecantikan. Berikut adalah manfaat dari Buah Zaitun, baik yang sudah diekstrak menjadi minyak atau juga yang belum.

Manfaat Zaitun
  • Dapat melangsingkan dan memperindah tubuh

Menurut riset dari The British Journal of Nutrition, mengganti minyak jenuh dengan minyak zaitu selama sekitar empat minggu dengan tidak mengubah pola makan, dapat membantu mengurangi berat badan sekitar 2 kg sampai 3 kg karena minyak zaitun mampu memecah sel adiposit yang menyebabkan kelebihan berat badan ataua obesitas.

  • Dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung

Minyak zaitun dapat memperlancar aliran darah, dapat menurunkan tekanan darah, serta dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan atau mempertahankan kolesterol baik, semua itu telah terbukti ilmiah dapat menjaga kesehatan jantung dan dapat mencegah terserang penyakit stroke.

  • Dapat mencegah penyakit kanker

Minyak zaitun mengandunga antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan juga sebagai anti inflamasi mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan asam oleat, asam oleanolat, uavol, dan eritrodiol dalam buah zaitun mampu menghambat perkembangan reseptor pemicu dan juga mampu mengganggu siklus hidup dari sel kanker payudara.

  • Dapat menurunkan kadar gula dalam darah

Karena zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara tidak langsung dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit gula dan kadar gula dalam darah pun dapat turun.

  • Dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh

Karena kandungan antioksidan polifenol pada minyak zaitun. Senyawa polifenol ini mampu melakukan detoksifikasi terhadap molekul yang tidak seimbang sehingga mampu menangkal radikal bebas masuk dalam tubuh.

  • Dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang

Kandungan hidroksitirosol dan oleuroperin dalam zaitun mampu meningkatkan deposisi kalsium dan dapat membantu dalam pertumbuhan tulang sehingga kepadatan tetap terjaga dan pastinya tulang jauh dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  • Dapat mengatasi masalah nyeri sendi

Minyak zaitun yang dapat membantu mendorong proses produksi prostaglandin yaitu zat yang dapat mencegah terjadinya pembengkakan dan nyeri.

  • Dapat mencegah anemia

Kandungan zat besi dan tembaga dalam zaitun dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga otomatis buah zaitun dapat mencegah terjadinya anemia.

  • Dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan

Karena kandungan serat pangan yang sehat dalam buah zaitun dapat melindungi sistem pencernaan dari berbagai masalah.

  • Dapat mengatasi alergi

Kandungan senyawa dalam buah zaitun yang mampu bertindak sebagai anti histamin yang dapat menghambat produksi reseptor H1 atau Histamin saat alergi yang penyebab peradangan.

  • Dapat meredakan peradangan

Kandungan anti oksidan dalam buah zaitun yang bertindak sebagai anti inflamasi dapat meredakan berbagai peradangan yang terjadi dalam tubuh.

  • Dapat menjaga Kesehatan kulit serta menjaga ke elastisitas kulit.
  • Dapat melembabkan kulit yang kering.
  • Dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk dari sinar matahari.
  • Dapat mengatasi masalah kulit berminyak.
  • Dapat menghilangkan flek pada wajah.
  • Dapat membuat rambut lebih berkilau.
  • Dapat membantu mengembangkan dan memanjangkan rambut.
  • Dapat membantu merawat rambut yang rusak.

Demikian artikle pemnbahasan tentang”25 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa