Ketahui Manfaat Serta Bahaya Bagi Kesehatan Jika Mengkonsumsi Durian

Posted on

Manfaat Serta Bahaya Bagi Kesehatan Jika Mengkonsumsi Durian Yang Perlu Anda Ketahui

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Durian mulai dari Kandungan gizi, Manfaatnya bagi kesehatan serta Bahaya Durian bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan secara lengkap berikut ini.

Durian adalah salah satu buah dari tumbuhan tropis wilayah asia tenggara. Durian berasal dari famili Malvaceae. Pohon durian dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 25 meter hingga 50 meter tergantung spesiesnya dan tajuknya renggang dan rindang. Daunnya memiliki bentuk jorong hingga lanset, memiliki pangkal yang lancip atau tumpul dan memiliki ujung lancip melandai, daun berwarna hijau terang pada sisi atas sedangkan sisi bawah tertutup sisik-sisik berwarna perak atau keemasan dengan bulu-bulu bintang.

Buah durian bertipe kapsul dengan bentuk bulat, bulat telur hingga lonjong panjangnya hingga 25 cm dan diameter hingga 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam atau berduri, memiliki warna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan. Buah durian memiliki aroma yang sangat tajam, dan rasanya enak, namun tidak semua orang suka dengan buah durian karena aromanya yang menyengatmenyebabkan mual. Buah Durian memiliki beberapa spesies selain D. zibethinus (durian benar) juga dianggap sebagai durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30 jenis), tapi hanya sembilan di antaranya yang dapat dimakan.

durian

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Durio
Spesies: D. zibethinus

Durian memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga memiliki beberapa manfaat namun juga berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah pemaparan kadungan gizi dan manfaat durian serta bahayanya bagi kesehatan:

Kandungan Gizi Durian/100 gram

energi 615 kJ
air 65 g
karbohidrat 27,09 g
lemak 5,33 g
protein 1,47 g
serat 3,8 g
vitamin B1
vitamin B2
vitamin B6
vitamin C 19,7 mg
kalium 436 mg
kalsium
fosfor

Manfaat Durian Bagi Kesehatan
  • Dapat mencegah dan mengatasi masalah depresi

Buah durian mengandung vitamin B6 yang berfungsi sebagai serotonin yaitu zat yang membantu dalam mencegah dan mengatasi masalah depresi.

  • Dapat membantu mengobati Anemia

Kandungan zat besi, folat, serta tembaga dalam durian yang cukup tinggi membuat durian dapat membantu mengobati anemia.

  • Dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah

Durian mengandung mangan yang baik untuk membantu mengontol kadar gula dalam darah.

  • Dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat pangan yang cukup tinggi dari buah durian membuat durian mampu menjaga organ sistem pencernaan agar tetap bekerja secara optimal.

  • Dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih muda

Kandungan vitamin c pada durian yang berperan sebagai anti oksidan yang mampu membantu dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit dan tentu saja kulit akan tetap sehat dan tampak lebih muda.

  • Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalium, kalsium juga vitamin B dalam buah durian dapat membantu mencukupi segala kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bagi tulang dan gigi untuk membuat tulang dan gigi lebih sehat dan kuat.

Bahaya Durian Bagi Kesehatan
  • Buah Durian memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi, apabila dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat kolesterol diusahakan jangan memakan durian karena seperti yang kita ketahui bahwakadar kolesterol yang tinggi dapat memicu komplikasi penyakit.
  • Buah durian memiliki kandungan alkohol yang tinggi sehingga memiliki efek panas di perut apabila dimakan, Ibu hamil diusahakan jangan memakan buah durian karena dapat membahayakan janin dalam kandungan.
  • Buah durian mengandung tinggi kalori jadi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, jika berlebihan dapat menyebabkan obesitas yang dapat memicu risiko terserang penyakit hipertensi, jantung, diabetes dan penyakit kronis lainnya.
  • Durian mengandung ethanol, ethyl metacrylate, methanol dan senyawa berupa belerang (sulfur) yang notabene membahayakan ginjal dan apabila ginjal sudah bermasalah maka akan membuat ginjal bekerja lebih berat.

Demikian artikel pembahasan tentang”Ketahui Manfaat Serta Bahaya Bagi Kesehatan Jika Mengkonsumsi Durian“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa