Cara Mudah Membuat Bibit Lada atau Merica Perdu Yang Berkualitas Tinggi

Posted on

Cara Mudah Membuat Bibit Lada atau Merica Perdu Yang Berkualitas Tinggi

Lada atau yang sering disebut dengan Merica atau Sahang merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kimia seperti minyak lada, pati dan juga minyak lemak. Pada umumnya lada dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ada dua jenis lada yaitu lada hitam dan lada putih. Lada memiliki sifat agak pahit, pedas, hangat dan antipiretik. Lada memiliki nama latin Piper Albi Linn.

Kini banyak orang yang menanam tanaman lada perdu atau merica perdu yang lebih praktis, lada perdu ini merupakan hasil pengembangan dari lada rambat. Lada perdu yang tidak dapat tumbuh memanjang jadi banyak orang melakukan budidaya tanaman ini, namun bagaimana cara pembibitan tanaman lada perdu ini? berikut ini cara mendapatkan bibit tanaman lada perdu.

Jika anda ingin mendapatkan bibit yang baik, maka perhatikan tips-tips dibawah ini:

  • Bahan setek setidaknya telah berumur sekitar 6 bulan.
  • Setek cabang yang produktif diambil dari pohon induk sulur rambat yag telah berumur lebih dari 2 tahun.
  • Bibit Setek diambil memiliki panjang sekitar 7 ruas dari pucuk.
  • Bibit sehat dan tidak terserang penyakit.
  • Ada beberapa varietas lada unggul, diantaranya lada perdu varietas bulok belantung. varietas tersebut memiliki ciri asebagai berikut :
  • Bentuk pucuk sedang berwarna ungu muda
  • Bentuk daun besar ditengah dan lancip berwarna hijau merata.
  • Batang pipih berwarna hijau muda, memiliki banyak akar, dan akar pelekat sedang
  • Bentuk buah seperti telur tebalik berwarna hijau dan berukuran sedang dengan kulit buah yang tipis.
  • Keadaan tandan lebih melengkung dengan ukuran panjang sekitar 5 hingga 9,5 cm.

Setelah bibit didapatkan, selanjutnya daun pada bibnit setek tersebut dikurangi sebagian guna untuk mengurangi terjadinya penguapan, selanjutnya semprotkan pestisida berupa campuran fungisida dan juga insektisida dapat merek apa saja asalkan dosisnya sesuai anjuran untuk perlindungan bakal calon bibit.

Celupkan ujung batang setek ke dalam larutan zat perangsang akar, lalu tanam bibit tersebut dalam media tanam polybag atau pot yang telah disiapkan sebelumnya dengan kedalaman sekitar 1-2 cm. Media tanam yang digunakan untuk menanam bibit tersebut yaitu campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dan polybag yang digunakan yaitu polybag yang berukuran sekitar 12 x 17 cm.

Bibit yang telah disemai tersebut, dirawat dengan baik dengan melakukan penyiraman secara rutin hingga bibit tersebut berumur sekitar 3 bulan dan siap dipindah tanamkan ke pada lahan tanam dengan jarak 2 m x 2m atau dapat pula dipindahkan ke karung atau pot yang berukuran lebih besar.

Anda perlu mengetahui bahwa lebar perdu ini dapat mencapai 1,5 m atau tergantung pada perawatan yang diberikan dan tingkat kesuburan media tanam yang digunakan. Biasanya setelah 3 bulan tanaman akan mulai berbuah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Membuat Bibit Lada atau Merica Perdu Yang Berkualitas Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa