Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag Di Rumah

Posted on

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bayam Dalam Polybag Di Rumah

Bayam (Amaranthus) adalah jenis tumbuhan yang ditanam untuk diambil daunnya sebagai sayuran. Tanaman sayur ini berasal dari daerah tropik Amerika tapi sekarang sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini terkenal akan kandungan zat besi yang tinggi.Bayam memiliki batang berair dan agak berkayu, daun bertangkai dengan bentuk bulat telur berwarna hijau, merah atau hijau keputihan.

Ada dua jenis bayam yang sering dibudidaya yaitu bayam cabut (bayam putih atau bayam sekul) yang memiliki batang kemerahan atau keputihan serta memiliki bunga yang tumbuh di ketiak cabang dan bayam tahun (bayam skop) yang memiliki daun lebar berwarna hijau dan bunganya berada di pucuk batang. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam/budidaya bayam, budidaya bayam tidak hanya dapat dilakukan di lahan yang luas namun juga dapat dilakukan di pot atau polybag tanam yang lebih praktis dan cocok bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas. Berikut adalah cara budidaya tanam bayam dalam polybag atau pot dengan mudah:

Langkah-Langkah Cara Menanam Bayam Dalam Polybag atau Pot Tanam, antara lain:

  • Pertama, siapkan dahulu biji benih yang akan dijadikan bibit. Biji benih tersebut dapat anda aperoleh dari tanaman bayam yang sudah tua ataupun anda dapat membelinya di toko pertanian. Ada cara lain selain menggunakan biji benih anda dapat melakukan tanam bayam dengan cara stek batang.
  • Setelah bibit siap, selanjutya siapkan media tanamnya berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos. Sebelum dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, sebaiknya tanah diremas kemudian dihaluskan lalu diayak untuk mendapatkan tanah yang halus.
  • Jika bibit dan media tanam telah disiapkan selanjutnya siapkan tempat tanam berupa polybag atau pot tanam dengan ukuran yang sesuai. Bagian dasar polybag atau pot tanam diberi pecahan genteng untuk penahan tanah agar tidak keluar saat penyiraman. Setelah diberi dasar, masukkan media tanam yang telah disiapkan dsalam polybag atau pot tersebut.
  • Apabila telah siap semua, selanjutnya lakukan penanaman. Jika anda ingin menanam bibit bayam dari stek batang anda dapat menggunakan polybag atau pot yang berukuran sedang. Penanaman dengan batang sangat mudah karena hanya menancapkan batang ke dalam media tanam. Jika anda melakukan penanaman melalui biji benih maka biji benih s=tersbut disemai terlebih dahulu di polybag semai yang berukuran kecil barulah nanti dipindahkan ke polybag yang berukuran lebih besar.
  • Saat bibit sudah mulai tumbuh dan sudah siap dipindah tanamkan, Siapkan polybag tanam yang berukuran lebih besar dan isi polybag tersebut dengan media tanam yang sama dengan saat semai yaitu berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Bibit dipindahkan secara perelahan dan hati-hati jangan sampai akarnya rusak.
  • Jika sudah selesai penanaman, agar rapih polybag yang telah ditanami bayam disusun pada rak tanam, sebenarnya tidak juga tidak apa-apa asalkan ditempatkan pada tempat yang terkena sinar m,atahari secara langsung.
  • Perawatan yang dilakukan pada tanaman bayam yang ditanam dalam polybag tanam cukup mudah. Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari, lakukan juga pengontrolan pertumbuhan tanaman bayam dan juga pastikan bayam tidak terserang hama ataupun penyakit. Bila perlu lakukan pemupukan susulan agar media tanamnya semakin subur.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa