Cara Menanam Lada atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam/ Budidaya Lada Perdu atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah

Lada atau yang sering disebut dengan Merica atau Sahang merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kimia seperti minyak lada, pati dan juga minyak lemak. Pada umumnya lada dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ada dua jenis lada yaitu lada hitam dan lada putih. Lada memiliki sifat agak pahit, pedas, hangat dan antipiretik. Lada memiliki nama latin Piper Albi Linn.

Rasa lada hampir sama dengan cabai dan juga harganya makin tinggi, disamping itu lada juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh, untuk itu banyak orang yang mulai membudidayakan lada untuk meningkatkan nilai ekonomi, walaupun sebenarnya lada telah dibudidaya sejak jaman dahulu. Namun bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas anda dapat melakukan penanaman lada atau merica ini pada pot dipekarangan rumah anda, lada yang ditanam dalan pot ini dikenal dengan lada perdu. Berikut adalah tahap budidaya lada atau Merica dalam Pot:

a. Keunggulan Lada Perdu

  • Budidaya Lada perdu tidak memerlukan lahan yang luas, pekarangan yang digunakan untuk tanam tanaman hias tidak menghasilkan namun kini jika ditanam merica dapat menambah penghasilan.
  • Lada Perdu merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun dengan 2 kali panen besar.
  • Dalam setiap pot dapat menghasilkan 200 gram-300 gram merica bahkan jika telah mencapai usia 3 tahun dapat menghasilkan sekitar 500 gram merica/pot.

b. Pembibitan Lada Perdu
Bibit lada dapat diperoleh dari setek cabang primer dan sekunder atau menggunakan cabang primer dengan setek bertapak atau menyertakan sulur panjang. Namun dirasa terlalu ribet, anda dapat membeli bibit di toko tanaman. Jika, sudah didapatkan, selanjutnya bibnit setek tersebut di semai pada polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk Tricokompos dan pasir dengan perbandingan 7 : 3 : 1. Setelah bibit tersebut disemai pada polybag , tutup, dengan plastik yang dapat dimasuki sinar matahari dengan intensitas cahaya sekitar 60%-70%. Apabila mungkin, beri jaring untuk melindungi biji lada dari hama. Penyemaian tersebut dilakukan hingga bibit berumur 3 hingga 4 bulan atau hingga bibit memiliki akar yang baik dan kuat untuk selanjutnya dipindahkan ke media tanam yang baru.

c.Penanaman Lada Perdu
Siapkan pot atau polybag tanam berukuran 60 cm x 40 cm dan kemudian diisi dengan media tanam berupa tanah, pupuk kandang, pupuk trichokompos, kompos dan tricoderma dan diamkan selama 2 minggu. Setelah itu, lakukan penanaman.

Agar tanaman lada perdu tumbuh optimal, lakukan penanaman secara rutin setiap tahun dengan menggunakan pupuk kandang dan beri pupuk Trichokompos 4 kali setahun.

d. Perawatan tanaman lada perdu
Selain diberi pupuk lakukan pula perawatan lainnya seperti berikut ini :

  • Melindungi tanaman lada perdu dari jamur
    Cabang yang rimbun membuat tanaman lada perdu mudah terserang penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh jamur P.capsici karena tingkat kelembaban udara disekitar tanaman lada perdu cukup tinggi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, buatlah tiang penyangga seperti bentuk para-para.
  • Pengendalian hama dan penyakit.
    Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan memanfaatkan agensi hayati maupun biopestisida,
    penyakit busuk pangkal batang dapat dikendalikabn dengan memanfaatkan jamur Tricoderma, penyakit kuning dapat dikendalikan dengan memanfaatkan baktero Pasteuria penetrans, hama walang sangit dapat dikendalikanb dengan memanfaatkan jamur Beuveria bassiana.

    Untuk pengendalian lain yaitu menggunakan biopestisida, anda dapat membuatnya dengan ekstrak biji bengkuang, tepung cengkeh dan juga ekstrak akar tuba.

e. Pemanenan Lada Perdu
Lada perdu sudah dapat dipanen setelah berumur 12 bulan atau satu tahun setelah tanam. Namun akan lebih baik jika saat umur tersebut bunga dan buah yang tumbuh dibuang terlebih dahulu agar pertumbuhan tanaman tersebut akan lebiuh baik nantinya dan merica yang dihasilkan akan lebih banyak.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Lada atau Merica Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa