Mengenal Jenis Flora Dan Fauna Endemik Pulau Sumatera

Posted on

Mengenal Jenis Flora Dan Fauna Endemik Pulau Sumatra

Dikatakan pada postingan sebelumnya, bahwa flora dan fauna endemik merupakan hewan ataupun tumbuhan yang hidup hanya diwilayah tertentu. Selain sulawasi, pulau kalimantan dan wilayah wilayah lainnya, di pulau sumatra juga memnpunyai beberapa flora dan fauna endemik khas wilayah tersebut.

Keanekaragaman dari flora dan fauna setiap daerah tentu saja berbeda-beda, pastinya disetiap daerah memiliki ciri khusus tersendiri. keanekaragamaan tersebut berkaitan dengan jenis iklim yang berbeda-beda dan memberikan ciri khusus kepada hewan maupun tumbuhan wilayah tinggalnya. Tak terkecuali dengan jenis flora dan fauna endemik pulau sumatra ini,mau tahu jenis jenis flora dan fauna di pulau ini? simak penjelasan selengkapnya pada uraian berikut.

Fauna Endemik Pulau Sumatra

Orangutan Sumatra

orangutansumatra-faunadanflora

Orangutan Sumatra dengan bahasa latin (Pongo abelii) adalah spesies orangutan terlangka. Orangutan sumatra hidup dan endemik di pulau Sumatra, sebuah pulau yang terletak di Indonesia. Ukuran mereka lebih kecil jika dibandingkan dengan spesies orang utan kalimanta. Orangutan sumatr hanya memiliki tinggi sekitar 4,6 kaki dan berat 200 pon, sedang kan untuk betina ukurannya lebih kecil yakni dengan tinggi sekitar 3 kaki dan berat 100 pon.
Orangutan jenis ini lebih menyukai buha-buahan dan juga serangga untuk makanannya. Orangutan sumatra lebih bersosial diabndingkan dengan orangutan kalimanta, mereka akan berkumpul untuk makan sejumlah buah besar dipohon bersama-sama. Tapi untuk jenis orangutan jantan dewasa biasanya menghindari kontak dengan jantan dewasa lainnya.
Survei pada tahun 2004 memperkirakan ada sekitar 7.300 ekor orangutan sumatra. Sungguh termasuk jumlah yang sedikit dengan wilayah pulau sumatra yang sangat luas.

Harimau Sumatra

harimausumatra-faunadanflora

Dalam bahasa latin disebut dengan Panthera tigris sumatrae merupakan spesies harimau asli dari pulau sumatra yang termasuk subspesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Ciri dari harimau ini adalah ukuran tubuhnya terkecil dibandingkan jenis harimau lainnya dengan warna paling gelap di antara semua spesiesnya.
Harimau jantan memiliki panjang tubuh sekitar 92 inci dari kepala sampai ekor dan berat sekitar 140 kg dengan tinggi 60 cm. Sedangkan pada harimau betina memiliki panjang sekitar 78 inci dan berat sekitar 91 kg.Populasi liar harimau sumatera saat ini hanya tersisa 400-500 ekor dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered).

Gajah sumatra

gajahsumatra-faunadanflora

Gajah sumatra merupakan mmalia terbesar di Indonesia, dengan berat mencapai 6 ton dengan tumbuh setinggi 3,5 meter pada bahu. Gajah sumatera adalah subspesies dari gajah asia yang hanya berhabitat dipulau sumatera. Gajah jenis ini berpostur tubuh lebih kecil dibandingkan gajah india. Sebanyak 65% populasinya lenyap akibat ulah manusia dan 30% akibat dibunuh atau diracuni oleh manusia dari 2000-2700 ekor. Populasinya semakin menurun dan terancam punah.

Flora Endemik Pulau Sumatera

Rafllessia

rafflesia-arnoldii-faunadanflora

Padma raksasa dalam bahasa latin rafflesia merupakan tumbuhan parasit yang terkenal karena ukuran bunga yang besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. bunga ini tumbuh dijaringan merambat dan tidak memiliki daun sehingga tumbuhan ini tidak mampu berfotosintetis. Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 dihutan tropis Bengkulu (sumatera) didekat sungai Manna,Lubuk tapi, kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan penemuan tumbuhan ini Bengkulu dikenal oleh dunia dengan sebutan The Land of Rafflessia.

Bunga Bangkai

bungabangkai-faunadanflora

Bunga bangkai atau suweg (dalam bahasa lokal untuk jenis vegetatif) dengan bahasa latin Amorphophallus titanum Becc. Merupakan tumbuhan dari jenis tals-talasan endemik dari sumatra, yang dikenal dengan bunga majemuk terbesar. Dinamakan bunga bangkai karena bunag ini mengeluarkan aroma bau busuk, aroma busuk tersebut sebenarkan digunakan untuk menarik serangga kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.

Cempaka wangi

cempaka-faunadanflora

Dalam bahasa latin disebut dengan Magnolia champaca syn. Michelia champaca adalah pohon hijau abadi besar dengan bunga putih dan kekuningan dengan aroma wangi yang khas. Cemapaka wangi adalah flora identitas Provinsi Aceh, sumatera bagian Utara.

Itulah artikel tentang”Mengenal Jenis Flora Dan Fauna Endemik Pulau Sumatera“. Semoag artikel ini dpat menambah wawasan anda, tentunya tentang dunia flora dan fauna. Tetap jaga kelestarian habitat mereka untuk keberlangsungan hidup mereka di alam.

Leave a Reply