Mengenal Rafflesia Arnoldii Bunga Langka Indonesia, Sejarah dan Cirinya

Posted on

Mengenal Rafflesia ArnoldiiPadma Raksasa atau Rafflesia Arnoldii Salah satu bunga langka di Indonesia, yang populasinya semakin sedikit dan semakin sulit untuk kita temui karena habitatnya yang semakin menyempit. Bunga Rafflesia arnoldii berdasarkan keputusan Persiden Republik Indonesia Nomor 4 tahun 1993 ditetapkan sebagai bunga langka nasional yang berdampingan dengan Bunga melati yang ditetapkan sebagai puspa bangsa dan Bunga anggrek bulan sebagai puspa pesona Indonesia.

Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan tanaman parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan bunga rafflesia arnoldii merupakan bunga terbesar yang ada di dunia. Selain karena bunganya yang berukuran besar, bunga ini juga dikenal karena memiliki aroma yang berbau busuk. Bunga ini tumbuh di jaringan merambat (liana) Testrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintetis.

rafflesia arnoldii open flower

Bunga ini diberi nama Rafflesia arnoldii tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan hujan tropis Bengkulu (Sumatera) di dekat sungan Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang pemandu yang bernama Dr.Joseph Arnold yang saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Jadi penamaan Rafflesia Arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr.Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan tumbuhan endemik di Pulau Sumatera, terutama dibagian sleatan seperti Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Beberapa lokasi yang sering ditemui tumbuh bunga Rafflesia Arnoldi antara lain di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Seblat (kabupaten Bengkulu Utara), dan Padang Guci Kabupaten Kaur. TNBBS sendiri telah ditetapkan sebagai pusat konservasi tumbuhan ini.

Berdasarkan lembaga konservasi Internasional tidak memasukkannya sebagai salah satu tumbuhan langka yang terancam punah. Pun IUCN Redlist tidak memasukkan bunga Rafflesia Arnoldi dalam status terancam. Bahkan dari sekitar 30-jenis Rafflesia di seluruh dunia, hanya satu spesies saja yang dianggap terancam punah yakni Rafflesia magnifica yang tumbuh di Filipina.

Meskipun demikian, laju deforestasi, kebakaran hutan, serta makin ciutnya luas hutan Sumatera menjadi ancaman serius bagi kelestarian bunga raksasa ini. Apalagi ditambah dengan sikap kurang bertanggung jawab dari sebagian masyarakat yang merusak dan mengambil bunga ini.

rafflesia arnoldii ciri ciri

Bunga Rafflesia Arnoldii memang tanaman yang langka dan sangat sulit ditemukan serta endemik. Keberadaan bunga ini yang seakan bersembunyi selama berbulan-bulan di dalam tubuh inangnya hingga akhirnya tumbuh bungga yang hanya mekar selama seminggu. Karena hal tersebutlah bunga Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai bunga langka Indonesia.

Bunga merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai “tanaman” adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

Klasifikasi Ilmiah

Kerjaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsoda
Ordo : Rafflesiales
Famili : Rafflesiaceae
Genus : Rafflesia
Spesies : R. Arnoldii
Nama Binomial : Rafflesia Arnoldii

Demikian informasi yang diberikan seputar Bunga Rafflesia Arnoldii yang dijadikan sebagai Bunga Langka Indonesia,  Semoga bermanfaat.