Mengenal Tanaman Rosella dan Manfaat Bunga Rossela untuk kesehatan

Posted on

Bunga rosella atau sering juga dikenal dengan bunga asam paya, asam kumbang dan asam susur memiliki nama latin Hisbicus sabdariffa merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Di Indonesia tanaman ini pada mulanya dijadikan sebagai tanaman bunga untuk dijadikan sebagai penghias halaman rumah, namun seiring dengan banyaknya informasi yang didapatkan selanjutnya bunga rosella juga digunakan sebagai minuman hangat di musim dingin dan dan minuman dingin dimusim panas. Sedangkan di negeri asalnya, Afrika, rosella dijadikan sebagai selai atau jeli. Selai itu didapat dari serat yang terkandung dalam kelopak rosella, sementara di Jamaika tanaman rosella dibuat sebagai salad buah yang dimakan mentah.

Kandungan Tanaman Rosella

kelopak rosella

Ternyata tanaman Rosella memiliki banyak sekali manfaat yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Tanaman ini mengandung antosianin, asam protosatekuat, asam askorbat, ekstrak saliks, glikosida cardiac, flavonoid, saponin, alkaloid, sardenoleda, anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, cyanidin-3-O-sambubioside.

Rosella kering mengandung flavonoid gossypetin, hibiscetine dan sabdaretine. Pigmen utama yang sebelumnya dilaporkan sebagai hibiscin telah diidentifikasi sebagai daphniphylline. Sejumlah kecil myrtillin (delphinidin 3-monoglucoside), Chrysanthenin (cyanidin 3-monoglucoside), dan delphinidin juga terdapat pada tanaman ini.

Kandungan protein dan kalsium pada bunga ini juga cukup tinggi sehingga membantu tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka kebutuhan tubuh akan zat besi bisa terpenuhi sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Manfaat Bunga Rosella 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bunga rosella untuk kesehatan.

teh rosella

1. Pengobatan Hipertensi (Darah Tinggi)
Dengan mengkomsumsi ekstrak kelopak rosella yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama sekitar 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captropil 50mg/hari. Untuk pengobatan hipertensi dibutuhkan sekitar 10gram kelopak kering rosella dan penambahan 0,52 liter air. Mampu menurunkan tekanan daran sistolik sebesar 11,2% dan tekana diastolik sebesar 10,7% setelah diberikan terapi teh rosella selama 12 hari.

2. Pengobatan Asam Urat dan Kesehatan Ginjal
Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari.

3. Diet Alami Teh Rosella
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada bunga rosella ini mampu membantu tubuh untuk melepaskan lemak dan kolestrol. Nah, untuk pembaca yang sedang ingin menurunkan berat badan, teh rosella merupakan salah satu solusi sempurna yang dapat anda coba. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengkonsumsi teh bunga rosella pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Hal ini untuk memperkuat metabolisme tubuh, sehingga bisa berdampak positif pada usaha Anda untuk memiliki tubuh ideal.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan zat akatif yang terdapat pada teh bunga rosella berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kekebalan tubuh yang baik akan membantu tubuh dalam mencegah berbagai penyakit dan virus yang dapat menyerang tubuh. Selain mengkomsumsi teh bunga rosella tentu juga diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk membuat sistem kekebalan tubuh meningkat secara bertahap.

5. Sumber Antioksidan
Pada kelopak bunga rosella pula memiliki kandungan senyawa fenolik. Kandungan antioksidan yang terdapat pada bunga rosella 2 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tanaman kumis kucing. Selain memiliki antioksdian yang tinggi bunga rosella pula mengandung senyawa lain seperti antosianin dan gossipetin. Kedua zat tersebut mampu menambah daya tahan tubuh serta mencegah serangan penyakit seperti gejala diapetes, gelaja penyakit jantung dan gelaja kanker.

6. Mencegah Pengeroposan Tulang
Bunga rosella juga mempunyai kandungan seperti kalsium, kalium, vitamin D dan zat besi. Kandungan zat tersebut mampu membantu mencegah pengeroposan tulang.

7. Melancarkan buang air
Bunga rosella memiliki kandungan serat yang tinggi oleh karena itulah dengan mengkomsumsi bunga rosella secara teratur mampu melancarkan buang air.

Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.Com 🙂

Baca artikel terkait :