Mentok Rimba Jenis Burung Mirip Mentok Terlangka di Dunia

Posted on

Mentok Rimba Jenis Burung Mirip Mentok Terlangka di Dunia

Sudah bukan hal asing lagi untuk masyarakat Indonesia jika mendengar nama hewan yang satu ini. Hewan tersebut adalah Mentok. Namun kali ini faunadanflora.com bukan membahas mengenai mentok yang sudah sering kita lihat. Kali ini kita akan membahas mengenai mentok rimba. Pernahkan kalian melihat salah satu jenis unggas tersebut? Mentok rimba memiliki nama latin Asarcornis scutulata merupakan jenis burung dari keluarga bebek atau dari suku Anatidae. Mentok rimba merupakan jenis itik hutan dengan ukuran besar sekitar 66 – 81 cm yang daay kita jumpai di hutan rawa.

mentok rimba langka

Dalam bahasa inggris spesies ini dikenal sebagai White-winged Wood Duck. Sedangkan di Indonesia mentok rimba dikenal dengan beberapa nama seperti Serati, Mentok Hutan, Bebek Hutan atau Angsa Hutan.

Mentok Rimba (Asarcornis scutulata) memiliki bentuk yang hampir mirip dengan spesies bebek atau mentok peliharaan (Cairina Moschata) . Karena hal tersebut pada awalnya mentok rimba dimasukkan dalam marga Cairina karena kemiripananya. Namun berdaasarkan hasil analisis gen serta pola sebaran mentok rimba secara biogeografis, menemukan bahwa jenis ini bukan kerabat dekat mentok. Menurut Bird Conservation Oficer Burung Indonesia.

Karena itulah pada tahun 2014, mentok rimba resmi ditempatkan dalam marga baru yang merupakan satu-satunya jenis dari marga ini, yaitu marga Asarconis.

Jika diukur dari paruh hingga ujung ekor, mentok rimba memiliki panjang tubuh sekitar 75 cm. Mentok rimba pada umumnya berwarna gelap atau kehitaman, dengan sisi bawah bagian sayap berwarna putih. Kepala dan leher berwarna putih yang disertai bintik kehitaman. Memiliki kaki dan paruh berwarna kekuningan atau jingga kusam.

Mentok rimba menghuni hutan-hutan rawa dengan kolam dangkal. Selain itu mentok rimba juga senang tinggal di lahan yang basah (air). Jenis unggas ini termasuk dalam hewan crepuscular, yaitu hewan yang cenderung aktif saat fajar dan senja. Mentok rimba adalah hewan omnivora, mereka memangsa aneka macam tumbuhan air seperti hydrilla, memangsa siput, ikan kecil, cacing, serangga, laba-laba air dan hewan air lainnya yang berukuran kecil.

white winged wood

Sama seperti populasi burung maleo, Populasi mentok rimba juga masuk dalam kategori Endangeres (EN / Genting) yang berarti terancam dari kepunahan. Salah satu sebab terbesar yang mengancam burung ini ini dari kepunahan karena hilangnya habitat yang terdapat di hutan-hutan Indonesia yang menjadi tempat tinggal mereka.

Pada masa lalu, Mentok Rimba hidup tersebar luas mulai dari India timur laut, Bangladesh, Asia Tenggara, Sumatra hingga Jawa. Pada tahun 2002 populasinya di seluruh dunia tinggal lagi 800 ekor; dengan sekitar 200 ekor menyebar di Laos, Thailand, Vietnam dan Kamboja, sekitar 2000 ekor di Sumatra, terutama di Taman Nasional Way Kambas, dan 450 ekor di India, Bangladesh dan Myanmar.

Di Indonesia, semula kita dapat menjumpai mentok rimba di Sumatera dan Jawa. Namun diduga populasi mentok rimba di Jawa telah punah. Sementara itu, di Sumatera dan daratan Asia wilayah sebarannya kini terfragmentasi karena makin berkurangnya lahan basah yang dekat hutan dataran rendah. Habitat yang terfragmentasi ini membuat burung yang biasa bersarang di lubang pohon ini rentan terhadap kepunahan.

Faktor lain penyebab hampir punahnya mentok rimba yaitu maraknya perburuan telur dan anakan mentok rimba secara liar untuk dijadikan makanan maupun peliharaan. Populasinya semakin tahun semakin menurun dan diperkirakan hanya tinggal kurang dari 1.000 ekor di seluruh dunia.

Di Sumatera diperkirakan hanya tinggal tersisa sekitar 150 ekor saja. Salah satu habitatnya yang masih tersisa di Sumatera yaitu pesisir timur lahan basah Sumatera, termasuk di Taman Way Kambas, di Kabupaten Lampung Timur. Provinsi Lampung.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Genus: Cairina
Spesies: C. scutulata
Nama binomial : Cairina scutulata

Sekian informasi yang diberikan,semoga bermanfaat.

Baca Artikel Terkait :