Panduan Cara Budidaya Cincau Yang Mudah

Posted on

Panduan Cara Budidaya Cincau Yang Mudah 

Hai Sahabat……..

Kalian Pasti tau cincau kan? Cincau oleh masyarakat dikenal sebagai salah satu bahan pembuat minuman segar dengan tekstur kenyal dan lezat. Tanaman cincau berasal dari daerah Tiongkok dan berasal dari genus Mesona. Terdapat beberapa jenis cincau antara lain Cincau perdu (Melasthoma polyanthum), Cincau rambat(Cylea barbata Miers) dan Cincau Hitam (Melasthima palustris). Kandungan cincau antara lain : Karbohidrat yang menyerap air, Zat lemak, alkaloid siklein, Kardioplegikum, Tentradine, dimetil tetradine, Polifenol, Saponoid dan flavonoida. Maka daripada itu, selain menyegarkan cincau juga memiliki beberapa manfaat antara lain :membantu menyembuhkan demam, dapat sebagai obat radang lambung, oabat tipus, obat tekanan darah tinggi dan masih banyak yang lainnya. Nama lain dari Cincau antara lain Camcauh, tarawalu,kepleng dan juju.

Karena manfaat serta khasiat yang cukup banyak dari Cincau, tidak salahkan jika kita mencoba menanam atau membudidayakan tanaman cincau sendiri baik itu di pekarangan rumah atau pada lahan yang lain baik tanam secara langsung pada lahan atau juga menggunakan pot. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan tentang Cara Budidaya Tanaman Cincau.

Berikut adalah cara Budidaya tanaman cincau :

Pembibitan Tanaman Cincau
Pembibitan tanaman cincau dapat menggunakan cara stek, biji ataupun dengan cara merunduk.

  • Cara Stek

Petama pilihlah batang yang agak tua berwarna kecoklatan agak keras untuk distek. Pada batang yang telah dipilih, sisakan sedikit daunnya. Setelah itu, rendam batang yang akan distek tersebut dalam air kurang lebih 1 minggu hingga keluar rambut-rambut akar pada batang. Kelembaban polybag dijaga hingga beberapa hari kemudian batang stek siap dipindahkan ke media tanam setelah tumbuh daun-daun baru.

  • Menggunakan Biji

Pertama pilihlah biji-biji cincau yang tua dengan warna merah atau hitam kemudian keringkan dengan cara dianginkan. Selanjutnya, siapkan tempat persemaian berupa polybag yang telah diisi campuran tanah dengan pupuk kandang. Kemudian semai biji pada media pesemaian lalu tempatkan persemaian tersebut pada tempat teduh serta terhindar dari hama. Untuk persemaian siap tanam setelah berumur 6 minggu.

  • Cara merunduk

Dengan teknik merunduk ini hal yang perlu dilakukan antara lain siapkan beberapa polybag yang berisi tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Kemudian pilihlah batang yang bisa mendapatkan 4-5 cabang yang sudah tua untuk bibit, lalu tanam cabang yang sudah ada buku-bukunya pada polybag yang telah disiapkan dan lakukan hal yang sama pada ruas cabang yang lain. Setelah 1 hingga 2 bulan potonglah bibit tersebut dan bibit siap di tanam pada lahan tanam.

Penanaman Tanaman Cincau

Sebelum menanam sediakan terlebih dahulu lubang tanam yang kemudian diisi tanah yang telah dicampur pupuk kandang. Setelah itu siapkan tiang panjat bisa menggunakan bambu atau pagar.

Pemeliharaan Tanaman Cincau

Dalam pemeliharaan tanaman cincau yang sangat penting adalah penyiraman pada saat kering karena cincau yang kekurangan air atau berada dalam lahan yang kering akan menghasilkan daun-daun cincau berukuran kecil. Hal lainnya yang perlu dilakukan dalam melakukan pemeliharaan tanaman cincau adalah dengan pemangkasan pada batang yang tua dan mengering hal ini bertujuan agar batang tanaman cincau dapat tumbuh tunas-tunas yang baru.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Budidaya Cincau Yang Mudah¬†“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa