Panduan Cara Budidaya Mengkudu Mudah Dan Praktis

Posted on

Panduan Cara Budidaya Mengkudu Mudah Dan Praktis

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Buah Mengkudu. Nah, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Mengkudu atau dalam bahasa latin Morinda citrifolia adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan masuk dalam famili Rubiaceae. Pohon mengkudu memiliki ketinggian sekitar 3 hingga 8 meter dengan batangnya bengkok berwarna cokelat abu atau cokelat kuning,berakar tunggang dan tajuknya berwarna hijau. Daun pada mengkudu memiliki ukuran yang besar, tebal, dan berbentuk jorong lanset. Bunga mengkudu memiliki tipe bongkol bulat dengan warna putih beraroma harum. Buah mengkudu terbagi dalam sekat bersegi banyak berbintik dan berkutil, dengan daging buah berwarna putih.

cara-budidaya-mengkudu

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Gentianales
Famili: Rubiaceae
Genus: Morinda
Spesies: M. citrifolia

Mengkudu mengandung Protein, vitamin, dan mineral (Selenium),xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll. Oleh karena itu, mengkudu memiliki manfaat antara lain: Dapat meredakan sakit kepala, Dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), Dapat membantu melancarkan pencernaan, Dapat sebagai anti inflamasi, Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau Sistem imun, Dapat sebagai anti bakteri, Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Dapat mencegah kanker, dan lain sebagainya.

Karena begitu banyak manfaat dari mengkudu tersebut, banyak orang yang mencoba meraih keuntungan dengan cara membudidayakan mengkudu. Berikut adalah cara budidaya mengkudu :

Syarat Tumbuh

Mengkudu Dapat tumbuh pada dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1500 meter, suhu 22°C hingga 30°C, mendapat sinar matahari yang cukup, dan tanah yang baik untuk menanam mengkudu adalah tanah dengan pH yang pas, seperti banyak mengandung humus serta aerasi dan drainasenya baik.

  • Persiapan Bibit

Pembibitan mengkudu dapat dilakukan dengan cara vegetatif dan cara generatif, cara vegetatif dapat dilakukan dengan cara stek cabang atau batang dan cara generatif menggunakan biji buah mengkudu.

  • Persiapan Lahan

Lahan Yang akan ditanami mengkudu, dibuat lubang dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm dengan jarak antar lubang sekitar 3 meter x 4 meter atau 4 meter x 4 meter dan pada tanah yang lebih subur atau tanah miring dapat di perlebar jaraknya.

  • Penanaman

Mengkudu dapat ditanam dengan cara tumpang sari atau cara sela.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaan terhadap tanaman mengkudu sama halnya dengan perawatan terhadap budidaya tanaman lainnya. Pengairan dilakukan secara rutin jangan sampai tanah pada lahan budidaya kering, Penyiangan dilakukan 1x dalam sebulan tergantung dengan intensitas gulma yang ada, bersamaan dengan penyiangan lakukan pula penggemburan tanah, Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk anorganik maupun organik, untuk pembentukan pohon dilakukan dengan melakukan pemangkasan pada cabang atau ranting yang tidak sehat dan terlalu rimbun, Dan hal yang perlu dilakukan adalah lakukan proteksi terhadap tanaman dari serangan hama dan penyakit.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Budidaya Mengkudu Mudah Dan Praktis“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa