Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik”

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik”¬†– Tanaman Landep atau porcupine flower (Barleria prionnitis) merupakan salah satu jenis tanaman obat keluarga (toga) yang berasal dari India, Sri Lanka dan Afrika Tengah. Tanaman landep ini merupakan tanaman yang tumbuh liar.

Klasifikasi Tumbuhan Landep
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Barleria
Spesies: Barleria prionitis L.

Tanaman landep memiliki beragam manfaat, manfaat tanaman landep yaitu dapat membantu mengobati rematik, encok, sakit perut, cacingan, kurap, perut dan busung, menurunkan demam serta mencegah kerusakan gigi. Sedangkan bunga landep yang berwarna kuning cantik ini bermanfaat sebagai peluruh kencing. Selain itu, daun landep juga bermanfaat untuk menyuburkan dan menjaga kehitaman rambut yaitu dengan cara menumbuk halus daun landep lalu gunakan untuk keramas, diamnkan beberapa menit hingga kering lalu bilas, lakukan hal ini selama 2-3 bulan maka hasilnya akan terlihat.

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Landep

Pembibitan Bunga Landep

Pembibitan bunga landep dapat dilakukan dengan menggunakan biji maupun tunas. Ambil biji yang telah benar-benar tua, lalu jemur hingga kering. Kemudian, simpan beberapa saat dan dapat langsung di tebar ke lahan tanam. Jika sudah memiliki rumpun, tanaman induk dapat diperbanyak dengan menggunakan tunas. Pisahkan tunas yang akan dijadikan bibit dari tanaman induknya.

Penanaman Bunga Landep

Pertama, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran antara tanah gembur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, bibit dapat langsung ditanam ke media tanam. Tebarkan biji benih bunga secara merata lalu tutup kembali fengan tanah tipis saja agar tanaman cepat tumbuh. Jika menggunakan bibit, langsung saja tanam. Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin yaitu pada pagi dan sore hari.

Perawatan Bunga Landep

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga landep yaitu cukup penyiraman dan pemupukan berkala saja. Penyiraman dapat dilakukan 1-2 minggu sekali, penyiraman tersebut dilakukan sepecukupnya saja. Sedangkan pemupukan dapat dilakukan setiap 1,5-2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang/kompos.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik”“, ¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa