Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula – Tanaman mirten atau tanaman dengan nama ilmiah Malphigia Caccigera merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang berasal dari Hindia Belanda dan populer sebagai tanaman bonsai. Tanaman mirten ini memiliki karekateristik , berbatang tidak begitu besar tapi keras, memiliki ranting berukuran kecil, menjulur dan memanjang. Daun tanaman mirten ini tumbuh padat, rimbun, berukuran kecil bergelombang dengan bentuk umumnya bergerigi berwarna hijau tua dan hijau muda. Tanaman mirten ini memiliki bunga berukuran kecil berwarna putih dengan corak kuning disalah satu bagian. Tanaman mirten ini juga memiliki buah yang muncul pada usia tertentu, buah mirten berwarna merah dengan kuncup di bagian ujungnya.

Tanaman dengan nama lain kelingkit taiwan ini selain dijadikan tanaman bonsai juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias pagar. Tanaman mirten dapat tumbuh dengan subur disegala jenis tanah pada daerah dengan ketinggian sekitar 800 m dpl.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Mirten

Persiapan Bibit Tanaman Mirten

Perbanyakan bibit tanaman mirten dapat dilakukan dengan cara penanaman melalui biji atau dengan cara stek. Jika melalui biji, maka biji dapat disemaiterlebih dahulu pada media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1. Semaikan hingga biji tumbuh menjadi bibit setinggi 10-15 cm baru dipindahkan ke media tanam sebenarnya. Pembibitan dari biji memiliki tanaman bonsai.

Cara Menanam Tanaman Mirten

Pertama, buatlah media tanam dengan komposisi sama dengan media semai yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbadingan 1:1. Jika media tanam sudah siap, maka tanam bibit dengan arah dan posisi yang diinginkan, namun akar harus tertutup seluruhnya. Buatkan gundukan untuk menutup akar bagian pangkal batang atas. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan air secukupnya agar tanaman tidak layu karena kekeringan.

Cara Merawat Tanaman Mirten

Perawatan tanaman mirten dapat dimulai dari penyiraman sekaligus pemupukan dengan menggunakan pupuk cair setiap satu minggu hingga dua minggu sekali secukupnya saja. Bentuk tanaman sesuai keinginan dengan menggunakan kawat lunak agar tidak merusak kulit batang. Lepaskan kawat dan sisihkan gundukan tanah untuk membuat tanaman bonsai yang cantik dengan akar dan arah batang yang unik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Mirten Untuk Tanaman Bonsai Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa