Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen – Kubis, Kol, atau Kobis merupakan sejenis sayuran daun yang masuk dalam kelompok kultivar Brassica oleracea (Brassica oleracea var. capitata, var. tuba, var. sabauda atau var. acephala). Terdapat 3 macam warna kubis yaitu hijau sangat pucat sehingga disebut forma alba (putih), kubis dengan warna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra).

Kubis segar mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, beberapa vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E. Selain itu juga mengandung berbagai mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, besi dan juga natrium.

Cara Menanam dan Merawat Kubis Dalam Pot/Polybag

Persiapan dan Penyemaian Bibit Kubis

Sebelum ditanam ke dalam pot/polybag, benih kubis perlu dilakukan penyemaian. Siapkan tray atau polybag berukuran kecil sekitar10 x 10 atau 10 x 12 atau 10 x 15 sebagai tempat penyemaian. Media semai yang digunakan yaitu campuran tanah dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1: 1, aduk merata lalu masukan ke dalam baki atau polybag. Selanjutnya, letakkan pada tempat yang teduh agar tidak terkena hujan tapi masih terkena sinar matahari.

Selanjutnya, bibit disemai dalam baki atau polibag yang telah berisi media tanam, lalu tutup kembali dengan media tanam tersebut sedalam setengah sentimeter.

Lakukan penyiraman secara teratur yaitu setiap dua hari sekali apabila musim cukup baik namun apabila musim kemarau lakukan sebanyak 1-2 kali sehari, setelah 4-6 minggu setelah tanam atau sudah tumbuh sekitar 5-6 lembar daun, bibit dapat dipindahkan kedalam pot atau polybag.

Cara Menanam Kol/Kubis Dalam Pot

Beberapa hari sebelum tanam, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan kompos kemudian masukkan dalam pot atau polybag tanam yang akan digunakan lalu diamkan beberapa hari.

Jika sudah, lakukan penanaman segera. Ambil bibit di tempat semai, lalu tanam dalam media tanam pada pot atau polybag yang telah disiapkan sedalam leher akar.

Berikan mulsa berupa dedaunan kering atau plastik, lalu letakkan pot atau polybag tanam tersebut pada tempat terbuka.

Cara Merawat Kubis/Kol Dalam Pot

Apabila tanaman masih kecil, penyiraman dapat dilakukan setiap 1-2 hari sekali, namun jika sudah tumbuh besar maka penyiraman dapat dilakukan setiap 1-2 kali sehari.

Selain penyiraman, lakukan pula pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan pada minggu ke 3 atu 4 setelah tanam apabila pemupukan tersebut menggunakan pupuk kimia,berikan pupuk kompos atau pupuk kandang. Jika menggunakan pupuk NPK maka pemupukan dapat dilakukan pada minggu ke 2,4 dan 8 setelah tanam. Pemupukan ini dilakukan dengan membuat lubang disekitar tanaman lalu pupuk diletakkan pada lubang tersebut dan ditimbun kembali.

Pemanenan Kubis/Kol

Pemenenan kubis atau kol ini dapat dilakukan setelah lima bulan setelah tanam, atau jika tanaman sudaj bulat, padat dan keras.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa