Panduan Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Taiwan Beauty Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Taiwan Beauty Agar Cepat Berbunga – Taiwan Beauty (Cuphea hyssopifolia) merupakan tanaman semak yang berasal dari Amerika. Tanaman bunga Taiwan Beauty ini dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 30-40 cm. Tanaman Taiwan Beauty ini memiliki daun berukuran kecil, bertekstur halus, berwarna hijau mengkilap dan tumbuh disepanjang tangkai tanaman. Bunga taiwan beauty berdiameter sekitar 0,5 cm dengan warna bunga bervariasi yaitu ungu, putih, kuning dan pink. Bunga ini akan terus mekar sepanjang tahun, pada awal berbunga, bunga muncul pada bagian ujung tangkai.

Klasifikasi Taiwan Beauty
Kingdom: Plantae
Sub kingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Lythraceae
Genus: Cuphea
Spesies: Cuphea hyssopifolia

Tanaman bunga taiwan beauty ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanah, pembatas antar tanaman dan juga sebagai topyari. jadi tak heran jika tanaman ini banyak ditanam, selain itu tanaman ini juga mudah beradaptasi dan tahan terhadap serangan hama.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Taiwan Beauty

Syarat Tumbuh Bunga Taiwan Beauty

Tanaman bunga taiwan beauty dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran tinggi, sedang hingga rendah dengan intensitas cahaya penuh atau langsung dan kebutuhan air sedang. Kondisi media tanam tidak boleh terlalu basah mapun terlalu kering.

Persiapan Bibit Bunga Taiwan Beauty

Bunga taiwan beauty dapat dilakukan dengan cara stek batang dan stek akar. Caranya mudah yaitu dengan memotong batangnya lalu menanamnya ke media tanam yang telah disiapkan. Tapi bisa juga dengan memisahkan batangnya dan akarnya, setelah terpisah maka tanam dan rawat hingga tanaman bunga tumbuh baik.

Cara Menanam Bunga Taiwan Beauty

Pertama siapkan media tanam terlebih dahulu berupa tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Lalu aduk dan campur rata kedua bahan media tanam tersebut. Setelah media tanam siap, maka selanjutnya tanam bibit pada media tanam lalu timbun dan berikan sedikit padatkan agar tanaman bisa berdiri kuat dan tidak roboh.

Cara Merawat Bunga Taiwan Beauty

Perawatan taiwan beauty sangat mudah yaitu hanya penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan secara berkala dan seperlunya saja yaitu saat tanaman terlihat akan layu atau cuaca panas saja. Lakukan pemupukan minimal setiap 2 bulan sekali agar kesuburan tanah tetap terjaga.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Taiwan Beauty Agar Cepat Berbunga”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa