Menanam Jeruk Purut Di Pot

Panduan Cara Mudah Menanam Jeruk Purut Di Pot

Posted on

Panduan Cara Mudah Menanam Jeruk Purut Di Pot Jeruk Purut atau Citrus × hystrix adalah salah satu jenis jeruk yang berasal dari sub genus Papeda. Tanaman jeruk prut ini memiliki pohon yang perdu dengan ranting berduri, daunnya memiliki bentuk khas yaitu seperti dua helai daun yang tersusun vertikal karena pelekukan tepi yang ekstrem , tebal dan berpermukaan licin agak berlapis malam.Buah jeruk purut biasanya berdiameter < 2cm, bentuknya bulat dengan permukaan kulit buah kasar karena terdapat tonjolan-tonjolan, kulit buahnya tebal.

Jeruk purut memiliki banyak sebutan diantaranya kaffir lime (untuk perdagangan internasional), truc (vietnam), ma kruut (thailand) dan masih banyak lagi.

Jeruk purut banyak digunakan sebagai  bahan tambahan masakan, penghilang amis, dan bahan tambahan wewangian. Karena kegunaan tersebut orang kini banyak yang menanamnya dipekarangan rumahnya baik dengan menggunakan pot ataupun tidak menggunakan pot. Kali ini kita akan membahas cara menanam jeruk purut dlam pot. Berikut adalah cara menanam jeruk purut dalam pot:

Alat dan Bahan :

  • Biji jeruk purut
  • Gelas air mineral
  • Kapas
  • Pot ukuran besar
  • Tanah
  • Pupuk kompos
  • Pupuk kandang
  • Pasir
  • Air

Langkah-langkah  Menanam Jeruk Purut Dalam Pot:

1. Pembibitan Jeruk Purut
Lakukan penyemaian biji jeruk purut  dalam gelas air mineral yang telah berisi kapas basah. Dalam setiap gelas, anda dapat mengisi hingga 3 biji sekaligus. Letakkan gelas penyemaian ini di pinggir jendela agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Penanaman Bibit Jeruk Purut Dalam Pot
Setelah seminggu, biji-biji tersebut sudah mulai berkecambah. Bibit tersebut kemudian dapat anda pindah tanamkan ke dalam pot yang sudah berisi media tanam.
Media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman jeruk purut adalah tanah gembur dan agak berpasir serta mengandung cukup air. Media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:2:1.

3. Perawatan Tanaman Jeruk Purut
Pada awal penanaman, pot diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup. Lakukan penyiraman secara teratur agar media tanam tidak menjadi kering. Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang, pemupukan tersebut dilakukan minimal dua minggu sekali.

Setelah tanaman telah mencapai ketinggian sekitar 60 cm, maka dilakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan dengan memotong bagian ranting yang tumbuh kurang normal dan terkena penyakit.

Selain itu, jika tanaman sudah berbunga usahakan pot di letakkan pada tempat yang  tidak terkena angin cukup kencang. Karena angin akan menyebabkan bunga tanaman beterbangan atau rontok dan akhirnya akan menggagalkan tumbuhnya buah.

Setelah tanaman sudah mulai berbuah dengan diameter 1 cm, dilakukan penjarangan agar pertumbuhan buah bisa lebih banyak. Penjarangan dilakukan pada ranting yang tidak memiliki bakal buah.

4. Pemanenan  Jeruk Purut
Buah yang telah berukuran besar sebaiknya segera dipetik agar tidak membusuk yang disebabkan oleh hama dan penyakit.

Agar tanaman jeruk purut tetap tumbuh normal, setelah pemanenan dilakukan, Lakukan peremejaan kembali padatumbuhan jeruk purut dengan cara melakukan pemangkasan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Mudah Menanam Jeruk Purut Di Pot“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa