Panduan Lengkap Cara Beternak Dan Memelihara Burung Beo Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Beternak Dan Memelihara Burung Beo Agar Sukses Bagi Pemula – Beo, mamiang, atau tiong emas (Gracula) adalah salah satu jenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya). Wilayah persebaran alami burung beo yaitu mulai dari Sri Lanka, India, Himalaya, ke timur hingga Filipina, jawa hingga kepulauan sunda kecil. Burung beo dapat ditemukan di dataran rendah hingga dataran tinggi lebih dari 2000 m.

Klasifikasi Ilmiah Beo
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Sturnidae
Genus: Gracula

Ada berbagai jenis burung beo, diantaranya Beo Biasa (Gracula religiosa); Beo Enggano (Gracula enganensis); Beo Nias (Gracula robusta); Beo Sri Lanka (Gracula ptilogenys); dan lain sebagainya.

Karena keunikannya yaitu kemampuan untu  menirukan bahasa manusia mulai berbicara; tertawa bahkan bernyanyi, burung beo banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan populer.

Cara Beternak Dan Memelihara Burung Beo

Persiapan Kandang Burung Beo

Kandang burung beo yang perlu disiapkan yaitu kandang berukuran 2x2x1 meter. Sebisa mungkin, kandang menyerupai habitat aslinya.

Dalam kandang diberi ranting-ranting kecil pepohonan, tanaman dan lain sebagainya. Selain itu, dalam kandang diberi kolam untuk mandi dan bermain beo.

Jika terjadi perkawinan, maka burung beo membutuhkan sarang untuk menempatkan telur. Untuk itu, dalam kandang diberi sarang berupa kotak glodok berukuran 30 x 50 x30 cm yang berisi pinus kering, rumput kering dan ranting.

Pemilihan Indukan Burung Beo

Pastikan indukan beo sehat dan tidak cacat fisik, memiliki bulu yang bersih dan mengkilap, lincah, senang berkicau dan senang makan. Selain itu, pastikan juga burung beo berumur sekitar 11-12 bulan.

Setelah dipilih selanjutnya jodohkan burung beo, caranya jantan dan betina ditempatkan ke sarang berbeda lalu dekatkan setiap hari agar mereka saling menyukai. Jika sudah dekat, masukkan ke duanya dalam satu sangkar.

Cara Merawat dan Memelihara Burung Beo

Merawat burung beo tidak mudah, namun lakukan perawatan berupa pemenuhan asupan nutrisi dan vitamin burung bero. Beri pakan berupa telur rebus setiap hari dan berikan pakan berupa jangkrik dan ulat hongkong pada pagi dan sore hari. Sebagai pakan urama, beo dapatr diberi voer dan pakan selingan berupa buah-buahan seperti pisang, tomat dan lain sebagainya.

Bersihkan sangkar burung beo secara teratur, bersihkan kandang dari kotoran, bulu rontok, atau sisa-sisa makanan. Selain itu jaga kebersihan peralatan dalam kandang. ganti air dalam kandang setiap hari dan sediakan mainan.

Masa Menetas dan Mengerami Burung Beo

Dalam sekali perkawinan, beo dapat menghasilkan 2-4 telur. Burung beo akan bergantian mengerami telur selama 14 hari. Beri pakan dedaunan segar agar mengurangi munculnya parasit.

Jika sudah menetas, tunggu 2 minggu terlebih dahulu baru pisahkan anakan dari induknya dan di tempatkan di kandang baru. Anakan beo kemudian dirawat dengan baik hingga tumbuh besar dan dapat berbicara

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Beternak Dan Memelihara Burung Beo Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa