Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses

Jalak Suren (Sturnus contra) adalah salah satu jenis burung jalak yang memiliki ukuran dewasa sekitar 24 cm, jalak ini memiliki sayap yang cukup besar tetapi kemampuan terbangnya hampir sama dengan kupu-kupu. Penyebaran burung jalak suren ini meliputi Pulau Sumatera, Jawa dan Bali.
Burung jalak memiliki beberapa jenis selain jalak suren, untuk tau lebih jelasnya baca selengkapnya di Jenis-Jenis Burung Jalak Beserta Penjelasan Lengkap Dengan Gambar

Kali ini kita akan membahas tentang Cara Beternak Burung Jalak Suren, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Persiapan Kandang Penangkaran Jalak Suren

Kandang yang ideal untuk melakukan ternak jalak suren adalah memiliki ukuran panjang sekitar 2 meter, lebar sekitar 1 meter, dan tingginya sekitar 2,25 meter, kalau dirasa lahan atau tempat yang akan dijadikan tempat beternak tidak memungkinkan bisa buat kandang dengan ukuran 1x1x1 meter. Kandang tersebut bisa dibuat dengan konstruksi :

  • Bagian kanan dan kiri kandang bisa dibuat dinding dengan menggunakan batako atau batu bata dan agar kelembabannya terjaga jangan plester dengan semen. Sedangkan Bagian depan kandang harus terbuka sehingga bisa ditutup menggunakan kawat ram.
  • Bagian atap kandang dibuat separuh terbuka dan separuh tertutup. Untuk bagian terbuka, buatlah atap menggunakan kawat ram dan untuk bagian tertutup buatlah atap dengan menggunakan asbes.
  • Bagian lantai tidak perlu diplester, cukup menggunakan lantai tanah saja. Tujuan penggunaan lantai tanah adalah agar kandang tetap lembab dan kotoran jalak suren cepat terserap.
  • Jangan lupa buatlah tangkringan atau tempat bertengger burung jalak suren menggunakan balok kayu persegi, tempat mandi jalak suren dan jangan lupa pula buatlah sarang untuk jalak suren. Sarang tersebut dapat dibuat menggunakan triplek atau kayu dengan bentuk persegi dan ukurannya sekitar 25x25x35 cm2, setelah sarang jadi, leakkan sarang pada bagian atas kandang.

Memilih Indukan

Calon indukan jantan dan betina jalak suren yang ideal adalah berumur sekitar 1 atau 2 tahun, karena pada umur 1 tau 2 tahun jalak suren sudah siap kawin. Pastikan calon indukan dalam keadaan baik atau tidak cacat dan calon indukan pun sudah jinak atau tidak liar agar mudah dalam proses reproduksinya.

Menjodohkan Calon Indukan

Dalam menjodohkan jalak suren tidak begitu berbeda dengan cara menjodohkan burung kicau yang lain, seperti misalnya burung kenari. Untuk lebih jelasnya baca disini Cara Dan Tips Ternak Atau Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula Agar Sukses

Pemberian Pakan Indukan

Agar mempercepat proses reproduksi indukan, setelah masa penjodohan dan perkawinan, indukan harus diberi pakan yang cukup dan berkualitas. Pakan yang diberikan ada pakan utama dan pakan ekstra, untuk pakan utama biasanya indukan diberikan pakan berupa voer dan untuk pakan ekstra biasanya jalak suren diberi pakan berupa jangkrik, pisang kepok atau ulat hongkong. Setelah seminggu setelah proses perkawinan, indukan betina jalak suren akan bertelur sekitar 4-6 butir telur dan selanjutnya indukan betina akan mengerami telur sekitar 2 bulan 15 hari.

Merawat Anakan Burung Jalak Suren

Setelah sekitar 2 bulan 15 hari masa pengeraman, telur-telur jalak suren tersebut akan menetas. Jangan pisahkan dahulu anakan dengan indukan selama sekitar seminggu atau 1 bulan. Namun jika anakan berumur sekitar 1 minggu, anakan jalak suren bisa diambil dan dirawat sendiri. Anakan jalak suren tersebut kemudian masing-masing di pisahkan dalam sarang buatan berupa besek dengan bagian atas besek ditutp dengan rotan agar anakan jalak suren dapat istirahat. Pemberian pakan anakan jalak suren diberikan dengan cara diloloh. Pelolohan tersebut menggunakan voer yang telah dihaluskan agar mudah dicerna kemudian diberi air hangat sedikit, pelolohan tersebut bisa menggunakan sepet. Pelolohan dilakukan 1 jam sekali, jika sudah agak besar bisa 2 jam sekali dan seterusnya hingga anakan jalak suren bisa makan sendiri. Jika anakan sudah bisa makan sendiri, akanan bisa diberi pakan berupa jangkrik yang sudah dibersihkan kakinya 3 kali sehari 5 ekor jangkrik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.