Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula РPepino (Solanum muricatum) atau dikenal dengan pepino adalah spesies semak hijau asli Amerika Selatan dan ditanam untuk diambil buahnya.  Buah yang dikenal ampuh mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, wasir, diabetes dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis pepino diantaranya pepino putih dan pepino ungu. Rasa buah pepino unik yaitu perpaduan antara ketimun, ubi dan melon.

Klasifikasi ilmiah Buah Pepino
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: S. muricatum

Buah pepino ini kebanyakan ditanam di dataran tinggi, meskipun juga dapat ditanam didataran rendah. Tanaman pepino tidak tinggi sehingga dapat ditanam di dalam pot, namun tanaman pepino tidak berumur panjang yaitu sekitar 1 (satu) tahun.

Buah pepino memiliki banyak manfaat, adapun manfaat buah pepino, diantaranya yaitu:

Pepino tinggi vitamin C, sehingga bermanfaat untuk mengobati sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Vitamin C juga berfungi sebagai antioksidan untuk memperlambat proses penuaan (aging), menurunkan risiko penyakit jantung, dan kerusakan otak. Vitamin C ini juga sangat dibutuhkan untuk memproduksi kolagen yang penting bagi pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Pepino mengandung betakaroten, terutama pepino ungu sangat berguna dalam proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme. Selain itu, pepino juga dikenal sebagai antioksidan pencegah kanker.

Karena tinggi serat, pepino dipercaya dapat mencegah sembelit, wasir, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol.

Cara Budidaya Buah Pepino

Pembibitan Buah Pepino

Pembibitan tanaman pepino dapat dilakukan dengan cara vegetatif. Hal ini dilakukan karena kemampuan germinasi biji pepino sangat buruk, sehingga sering tidak bisa tumbuh dengan baik, bahkan gagal tumbuh sama sekali. Dengan cara vegetatif, tunas yang sudah ada calon akarnya dipisah dalam polybag dan diperlakukan khusus. Setelah disemai, tunas tersebut akan tumbuh dalam waktu 2 hingga 3 minggu.

Perawatan Buah Pepino

Perawatan tanaman buah pepino cenderung mudah karena tidak terlalu banyak memerlukan air. Setelah tanaman berumur 1 bulan, tanaman akan mulai berbunga.

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Buah Pepino

Hama yang sering menyerang tanaman buah pepino yaitu ulat dan belalang pemakan daun. Pengendalian hama tersebut dilekukan dengan memberikan pestisida organik. Sedangkan, pengendalian gulma dan penyakit dapat dilakukan dengan penggunaan plastik mulsa.

Masa Panen Buah Pepino

Pemanenan buah pepino dapat dilakukan setelah tanaman berumur 3 atau 4 bulan. Ada 2 (dua) jenis buah pepino yaitu berwarna putih bersih dan berwarna ungu, buah yang matang baunya harum seperti melon. Namun sayangnya, usia tanaman buah pepino tak bertahan lama kerena Setelah mencapai 1 tahun, harus diganti dengan bibit baru.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa