Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Musang King Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Musang King Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Durian Musang King adalah salah satu jenis varietas durian baru. Durian musang king ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki daging tebal berwarna kuning dan daging buah durian ini berbentuk daging kering, memiliki biji kecil, tekstur lembut dan aroma yang kuat dan rasanya kombinasi dari rasa manis dan agak sedikit pahit. Harga durian musang king ini tergolong cukup tinggi sehingga banyak orang yang tergiur untuk membudidayakannya. Berikut cara budidaya durian musang king:

Cara Menanam Budidaya Durian Musang King

Syarat Tumbuh Durian Musang King

Durian musang king dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 400-1000 meter di atas permukaan laut. Tapi disarankan menanam tanaman durian ini di daerah dengan ketinggian 400-600 mdpl untuk hasil yang lebih banyak dan maksimal.

Selain itu lahan tanam dipilih yang memiliki jenis tanah subur, lembab, gembur, memiliki kedalaman air tanah yang tidak lebih dari 1 m dan penuh dengan nutrisi serta lahan tanam memiliki tingkat curah hujan yang tinggi.

Persiapan Lahan Tanam Durian Musang King

Pertama, bersihkan lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam durian musang king ini dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cmx 50 cm. Kemudian diamkan lubang tanam selama sekitar 2-3 hari agar lubang tanam terkena sinar matahari dan bakteri serta racun dalam tanahnya hilang.

Persiapan Bibit Durian Musang King

Bibit durian musang king dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit. Pilihlah bibit yang sehat, telah cukup umur, memiliki batang yang cukup besar dengan tinggi sekitar 15 cm (jangan terlalu jangkung).

Cara Menanam Durian Musang King

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag semai pada bibit dengan hati-hati agar tidak merusak media da perakarannya. Setelah itu, masukkan bibit ke lubang tanam yang telah disiapkan lalu timbun kembali dan sedikit padatkan agar bibit tidak mudah roboh terkena angin ataupun air hujan.

Perawatan Tanaman Durian Musang King

Lakukan penyiraman secara teratur. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman agar nutrisi yang dibutuhkan pohon durian musang king tidak berebut dengan gulma tersebut.

Selain itu, agar nutrisi pertumbuhan yang diperlukan oleh tanaman durian musang king terpenuhi, maka lakukan pemupukan secara rutin dengan menggunakan pupuk kandang yang telah difermentasi, pupuk kompos atau pupuk NPK. Selain itu, bisa juha disemprotkan pupuk gandasil D setiap seminggu sekali atau 10 hari sekali.

Masa Panen Durian Musang King

Pemanenan durian musang king dapat dilakukan setelah pohin berumur 4-5 tahun setelah tanam.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Musang King Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa