Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Dan Tips Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Ikan Bawal. Nah, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Ikan Bawal adalah salah satu jenis ikan air tawar yang masuk dalam famili Bramidae. Ikan bawal ada yang berasal dari Hawaii dan beberapa berasal dari beberapa daerah di indonesia.

ikan-bawal

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Upaordo: Percoidei
Superfamili: Percoidea
Famili: Bramidae
Genera :
Brama
Eumegistus
Pteraclis
Pterycombus
Taractes
Taractichthys
Xenobrama

Ikan bawal banyak digemari orang untuk konsumsi, sehingga membudidayakan ikan ini untuk menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Membudidayakan ikan bawal tidak begitu sulit, budidaya ikan bawal dapat dilakukan dengan berbagai metode, kolam untuk budidaya pun bisa menggunakan kolam tanah, terpal atau pun kandang. Kunci agar sukses dalam budidaya ikan bawal adalah memperhatikan setingan kolam untuk budidaya, perbanyak informasi tentang budidaya ikan ini, dan yang terpenting jangan pikirkan hasil yang besar dulu tanpa mempertimbangkan resiko yang akan terjadi nantinya.

Cara Budidaya Ikan Bawal :

  • Persiapan Kolam

budidaya-ikan-bawal-kolam-tanah budidaya-ikan-bawal-kolam-terpal
Kolam yang akan digunakan untuk budidaya dibuat sesuai dengan ukuran tanah atau lahan yang ada, biasanya ukuran umum kolam budidaya ikan ini adalah 5 meter x 10 meter x 2 meter. Setelah kolam jadi, keringkan kolam terlebih dahulu sebelum di isi dengan air, kemudian tabur garam grasak agar jamur atau mikroorganisme lain mati. Gemburkan tanah terlebih dahulu sebelum diisi dengan air (bila menggunakan kolam tanah). Beri pupuk kandang yang telah di fermentasi dengan gula cair dan ragi tape dan dijemur selama 2 hari lalu letakkan dalam karung yang telah dilubangi pada bagian dasar kolam. Dan untuk mengatur tingkat keasaman dalam tanah juga dilakukan pemupukan dengan dolomit atau pupuk kapur dan urea.

  • Pengisian Air

Setelah semua urusan kolam sudah selesai, selanjutnya isi kolam dengan air tingginya sekitar 50 hingga 70 cm atau disesuaikan dengan tinggi kolam. Apabila air dalam kolam mengalami penurunan karena terserap tanah (kolam tanah) isi lagi. Setelah itu, diamkan air dalam kolam selama sekitar 15 hari dengan tujuan menghidupkan kutu air dan fitoplankton dalam air yang akan jadi makanan alami ikan nantinya.

  • Penebaran Benih

benih-ikan-bawal

Penebaran benih baik dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Jangan langsung masukan benih ikan ke dalam kolam karena dapat membuat ikan stres dan rentan mati hal itu juga karena ikan belum menyesuaikan diri dengan lingkungan atau kondisi air. Sebaiknya sebelum ditebar ikan dimasukan dalam bak atau ember berisi air kolam selama sekitar 30 menit agar dapat menyesuaikan diri, setelah itu masukan benih yang sudah beradaptasi ke dalam kolam secara perlahan.

  • Pemberian Pakan

Ikan bawal budidaya biasanya diberi pakan berupa pelet dengan dosis yang diberikan disesuaikan dengan umur ikan. Agar ikan cepat tumbuh besar, pemberian pakan ikan dilakukan sebanyak 4 kali yaitu pada pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari, pemberian pakan pada malam hari lebih banyak karena periode waktu malam lebih lama hingga pemberian pakan berikutnya.

  • Perawatan Ikan

Ikan agar tetap sehat diberi vitamin seminggu sekali dan itu dilakukan selama budidaya tersebut berlangsung.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa