Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lemon Fish Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lemon Fish Dengan Mudah Bagi PemulaIkan lemon fish adalah salah satu jenis ikan hias yang tergolong ikan kecil namun laris dipasaran karena memiliki warna yang indah yaitu warna kuning yang khas seperti buah melon. Ikan lemon ini berasal dari Afrika, namun ikan ini sudah ramai di pasaran Indonesia.

Dengan warna yang cerah, ikan ini cocok dipelihara di aquascape. Sehingga ikan ini banyak dicari oleh para pecinta aquascape. Hal tersebut, banyak dijadikan sebagai peluang usaha dengan cara membudidayakan ikan lemon fish ini. Budidaya ikan lemon fish ini tidak begitu, berikut ini cara budidaya ikan lemon:

Cara Budidaya Ikan Lemon Fish

Pemilihan Induk Ikan Lemon

Pemilihan induk sangatlah penting karena akan menentukan hasilnya nanti. Pilihlah indukan yang berkualitas agar nantinya hasilnya juga berkualitas. Ciri-ciri ikan lemon berkualitas, salah satunya yaitu ikan lemon sudah berumur kurang lebih sekitar 7 bulan. Tapi sebelumnya, anda harus bisa membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon betina. Berikut cara membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon bertina.

Ciri-Ciri Ikan Lemon Jantan

  • Memiliki warna kuning yang lebih cerah
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang
  • Memiliki warna hitam pada sirip atas dan sirip bawah
  • Memiliki sirip perut yang lebih panjang
  • Memiliki ukuran kepala lebih besar

Ciri-Ciri Ikan Lemon Betina

  • Memiliki warna kuning yang lebih kusam
  • Memiliki sirip atas dan sirip bawah berwarna kuning
  • Memiliki ukuran kepala ikan lemon lebih kecil dibanding ikan jantan
  • Memiliki sirip perut lebih pendek dibandingkan ikan lemon jantan

Persiapan Pemijahan Ikan Lemon

Siapkan dahulu tempat pemijahan baik itu berupa kolam ataupun akuarium. Jika menggunakan akuarium pastikan akuarium memenuhi persyaratan seperti memiliki ukuran panjang sekitar 100 cm dan tinggi serta lenbar sekitar 40 cm agar nantinya ikan lemon leluasa saat pemijahan.

Dalam tempat pemijahan, perlu diberi gua-gua dari parallon atau yang lainnya. Selain itu, perhatikan pula oksigen, pH air, suhu air, serta sirkulasi air dengan memberikan filter dan aerator agar keadaan air dalam tempat pemijahan tetap jernih.

Jika sudah siap, indukan di masukkan dalam akuarium dan dirawat dengan baik yaitu dengan memberikan pakan yang berguna untuk merangsang dan meningkatkan pertumbuhan sel telur seperti jentik nyamuk atau tubifex.

Proses Pemijahan Ikan Lemon

Pemijahan ikan ini ditandai dengan proses kejar-kejaran antara ikan jantan dan ikan betina dan nantinya akan ada telur bertebaran di dasar akuarium. Ikan lemon akan menghasilkan benih ikan sebanyak 100 benih dan telur akan menetas setelah kurang lebih 4 hari.

Jika benih sudah menetas menjadi larva, indukan tidak perlu dipisahkan dengan burayak karena ikan ini tidak bersifat kanibal. Jika burayak sudah agak besar barulah pisahkan anakan tersebut dengan indukannya untuk proses pembesaran.

Pembesaran Ikan Lemon

Burayak diberi pakan berupa kutu air, infusoria atau pakan lain yang berukuran kecil. Jika dudah berukuran lebih besar, barulah pisahkan burayak-burayak tersebut menjadi beberapa bagian agar tidak ada kepadatan pupulasi.

Apabila anda ingin menjual ikan untuk pembibitan, maka ikan lemon dapat dipanen setelah berumur 1 bulan dan apabila anda ingin menjual dengan berukuran besar maka anda dapat memanen ikan lemon setelah berumur sekitar 4 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lemon Fish Dengan Mudah Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa