4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Purut Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Purut Agar Sukses Bagi Pemula – Jeruk Purut atau Citrus × hystrix adalah salah satu jenis jeruk yang berasal dari sub genus Papeda. Tanaman jeruk prut ini memiliki pohon yang perdu dengan ranting berduri, daunnya memiliki bentuk khas yaitu seperti dua helai daun yang tersusun vertikal karena pelekukan tepi yang ekstrem , tebal dan berpermukaan licin agak berlapis malam.Buah jeruk purut biasanya berdiameter < 2cm, bentuknya bulat dengan permukaan kulit buah kasar karena terdapat tonjolan-tonjolan, kulit buahnya tebal.

Jeruk purut memiliki banyak sebutan diantaranya kaffir lime (untuk perdagangan internasional), truc (vietnam), ma kruut (thailand) dan masih banyak lagi.

Jeruk purut banyak digunakan sebagai bahan tambahan masakan, penghilang amis, dan bahan tambahan wewangian. Dengan berbagai manfaat jeruk purut tersebut, banyak orang yang mencoba peluang bisnis dengan melakukan budidaya jeruk purut ini. Berikut adalah cara budidaya jeruk purut.

Cara Budidaya Jeruk Purut

Persiapan Bibit Jeruk Purut

Perbanyakan bibit jeruk purut dapat dilakukan melalui biji maupun penyambungan tunas pucuk (grafting). Jika melalui biji maka biji disemai terlebih dahulu, namun disarankan menggunakan bibit yang berasal dari bibit penyambungan tunas pucuk. Jika tidak ingin ribet, anda dapat membeli bibit di toko tanaman.

Persiapan Lahan Tanam Jeruk Purut

Lahan yang akan digunakan untuk membudidayakan jeruk purut perlu diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma dan tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar lahan, selain itu perhatikan pula luas lahan yang akan digunakan untuk budidaya dan juga banyaknya bibit jeruk purut yang akan ditanam.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 75 cm x 75 dan kedalaman sekitar 30 cm. Tanah hasil galian tersebut (tanah atas) diletakkan di sebelah kiri. Lalu, lubang diperdalam menjadi 60 cm. Tanah galian tersebut (tanah bawah) ditaruh di sebelah kanan. Jarak tanam yang disarankan yaitu sekitar 1,5 m x 1,5 m. Selanjutnya, ambil pupuk kandang sebanyak 30 kg dan 250 gram NPK per pohon, lalu bagi menjadi dua. Masing-masing pupuk ditaburkan pada tanah galian yang sudah dibuat. Setelah itu, biarkan lubang tanam dalam waktu 2 minggu agar gas beracun dalam tanah hilang. Setelah 2 minggu batulah masukkan tanah galian bawah kedalam lubang tanam lalu disusul dengan tanah galian lubang atas.

Cara Menanam Jeruk Purut

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Gali tempat penanaman seukuran daun cangkul. Lepaskan polybag bibit jeruk purut dengan hati-hati agar lebih mudah siram terlebih dahulu. Masukkan bibit ditengah lubang tanam dengan posisi tegak, lalu timbun dan padatkan kembali tanah disekitar pangkal batang bibit. Jika sudah selesai, beri ajir atau penyanggah berupa kayu atau bilah bambu dibagian kanan dan kiri batang bibit agar tidak mudah roboh jika terkena angin dan hujan.

Cara Merawat Jeruk Purut

Lakukan pemangkasan cabang, ada dua jenis pemangkasan cabang yaitu pemangkasan dasar, yaitu pemangkasan yang dilakukan setelah tinggi tanaman telah mencapai 60 cm lebih. Tujuan dilakukan pemangkasan tersebut yaitu untuk mendapatkan percabangan dan bentuk pohon yang lebih baik dan berproduksi optimal dan memudahkan perawatan kebun. Yang kedua adalah pemotongan batang utama, pemeliharaan tunas, lalu pemilihan dan pemeliharaan cabang utama adalah tahapan pemangkasan dasar. Pemangkasan kedua yaitu pemangkasan pemeliharaan, dilakukan bersamaan atau setelah panen. Tujuannya pemangkasan ini yaitu untuk menjaga kesehatan, kestabilan produksi dan kualitas buah, serta untuk peremajaan dan pembentukan profil pohon.

Selain itu, lakukan pula penjarangan pada pohon jika buah lebat. Ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas buah dan kestabilan pada musim panen berikutnya. Ini berarti, waktu yang ideal untuk proses penjarangan dilakukan pada saat diameter buah mencapai 1-2 cm.

Demikian artikel tentang”4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Purut Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa